Kenali Pengertian OSPF, Jenis, Cara Kerja, dan Contoh

OSPF adalah salah satu protokol yang membantu menemukan jalur rute terbaik antara router sumber dan tujuan.
ospf
Daftar Isi

Router menghubungkan jaringan menggunakan Internet Protocol (IP), dan OSPF (Open Shortest Path First) adalah protokol router yang digunakan untuk menemukan jalur terbaik untuk paket saat mereka melewati sekumpulan jaringan yang terhubung.

OSPF ditunjuk oleh Internet Engineering Task Force ( IETF ) sebagai salah satu dari beberapa Interior Gateway Protocol (IGPs) — yaitu, protokol yang ditujukan untuk lalu lintas yang bergerak di dalam jaringan sistem otonom yang lebih besar seperti jaringan perusahaan tunggal, yang pada gilirannya dapat menjadi terdiri dari banyak jaringan area lokal terpisah yang dihubungkan melalui router.

Pengertian OSPF

Open Shortest Path First (OSPF) adalah salah satu Interior Gateway Protocol (IGP), yang membantu menemukan jalur perutean terbaik antara router sumber dan tujuan menggunakan algoritma shortest path first (SPF) miliknya sendiri. Ini adalah protokol perutean Link-state yang digunakan untuk mendistribusikan informasi perutean tentang paket data dalam Sistem Otonom yang besar.

Protokol perutean OSPF sebagian besar telah menggantikan Protokol Informasi Perutean (RIP) yang lebih lama di jaringan perusahaan. Menggunakan OSPF, sebuah router yang mempelajari perubahan ke tabel routing (ketika dikonfigurasi ulang oleh staf jaringan, misalnya) atau mendeteksi perubahan dalam jaringan segera multicast informasi ke semua host OSPF lain di jaringan sehingga mereka semua akan memiliki informasi tabel routing yang sama. 

Tidak seperti RIP, yang mengharuskan router untuk mengirim seluruh tabel perutean ke tetangga setiap 30 detik, OSPF hanya mengirim bagian yang telah berubah dan hanya jika telah terjadi perubahan. Ketika rute berubah — terkadang karena kegagalan peralatan — waktu yang dibutuhkan router OSPF untuk menemukan jalur baru antara titik akhir tanpa loop (yang disebut “terbuka”) dan yang meminimalkan panjang jalur disebut waktu konvergensi .

Bagaimana Cara Kerja OSPF?

OSPF adalah protokol link state yang dianggap sebagai protokol paling terkenal di antara keluarga Interior Gateway Protocol (IGP), dikembangkan pada pertengahan 1980-an oleh kelompok kerja OSPF dari IETF.

Ketika dikonfigurasi, OSPF akan mendengarkan tetangga dan mengumpulkan semua data status tautan yang tersedia untuk membangun peta topologi dari semua jalur yang tersedia di jaringannya dan kemudian menyimpan informasi dalam basis data topologinya, yang juga dikenal sebagai Basis Data Link-State ( LSDB ).

Menggunakan informasi dari database topologinya. Dari informasi yang dikumpulkan, ia akan menghitung jalur terpendek terbaik ke setiap subnet/jaringan yang dapat dijangkau menggunakan algoritma yang disebut Jalur Terpendek Pertama ( SFP ) yang dikembangkan oleh ilmuwan komputer Edsger W. Dijkstra pada tahun 1956. OSPF kemudian akan membangun tiga tabel untuk menyimpan Informasi berikut:

  • Tabel Tetangga: Berisi semua tetangga OSPF yang ditemukan dengan siapa informasi perutean akan dipertukarkan
  • Tabel Topologi: Berisi seluruh peta jalan jaringan dengan semua router OSPF yang tersedia dan jalur terbaik dan alternatif yang dihitung.
  • Tabel Perutean: Berisi jalur kerja terbaik saat ini yang akan digunakan untuk meneruskan lalu lintas data antar tetangga

Baca juga :
Mengenal Rack Server, Solusi Efisiensi Peralatan Maintenance Anda
Lebih Aman Pakai Proxy atau VPN?
Ketahui Load Balancing, Proses Pembagian Beban Traffic Pada Server

Jenis-Jenis OSPF Packet

Router OSPF menghasilkan paket informasi yang ditukar dengan router tetangga. Paket-paket ini dirancang untuk beberapa tujuan seperti membentuk hubungan tetangga antara router, menghitung biaya dan jalur terbaik untuk rute tertentu dan banyak lagi.

1. Link State Advertisement (LSA)

Sarana utama komunikasi antara router OSPF, itu adalah paket yang membawa semua informasi mendasar tentang topologi dan dibanjiri antar area untuk melakukan fungsi yang berbeda, ada 11 jenis paket LSA yang akan dicakup dengan baik kedalaman artikel OSPF mendatang di sini di Firewall.cx

2. Link State DataBase (LSDB)

Paket LSDB berisi semua informasi status tautan yang diperbarui yang dipertukarkan di antara jaringan, dan semua router dalam area yang sama memiliki LSDB yang identik , dan ketika dua router membentuk kedekatan tetangga baru, mereka menyinkronkan LSDB mereka agar sepenuhnya berdekatan .

3. Link State Request (LSR)

Setelah ketetanggaan tetangga terbentuk dan LSDB dipertukarkan, router tetangga dapat menemukan informasi LSDB yang hilang, mereka kemudian mengirim paket permintaan untuk mengklaim bagian yang hilang, tetangga menerima paket ini dan merespons dengan LSU .

4. Link State Update (LSU)

Sebuah paket respon mengirimkan bagian tertentu dari informasi LSDB yang diminta oleh tetangga OSPF melalui paket LSR .

5. Link State Acknowledgment (LSAcK)

Router yang mengirim paket LSR mengkonfirmasi menerima LSU dari tetangga dengan mengirimkan paket konfirmasi yang mengakui menerima LSU yang diminta 

Kategori Area Kerja OSPF

1. Area Boarder Routers (ABR)

Router yang terletak di perbatasan setiap Area terhubung ke lebih dari satu area OSPF, disebut ABR Router. Router ABR bertanggung jawab untuk meringkas alamat IP dari setiap area dan menekan pembaruan di antara area untuk mencegah penahanan kesalahan.

Ospf
Kenali Pengertian Ospf, Jenis, Cara Kerja, Dan Contoh

2. Autonomous System Boundary Router (ASBR)

Sebuah ASBR adalah sebuah router yang memiliki interface yang terhubung ke satu atau lebih area OSPF, sama seperti ABR , namun perbedaan dengan ASBR adalah bahwa hal itu juga menghubungkan ke sistem routing lain seperti BGP , EIGRP , Internet dan lain-lain. Sebuah ASBR router biasanya mengiklankan rute dari sistem routing lain ke daerah OSPF mana ia berasal.

3. Designated Router (DR)

Sebuah Designated Router dipilih oleh router pada segmen multi-akses (misalnya Local Area Network), berdasarkan prioritas (Router ID, prioritas). The DR Melakukan router fungsi khusus seperti menghasilkan Link State Advertisements ( LSAs ) dan bertukar informasi dengan semua router lain di yang sama di Area . Setiap router di Area yang sama akan membuat kedekatan dengan DR dan BDR (dianalisis di bawah).

DR mengirimkan pembaruan ke semua router Area menggunakan alamat Multicast 224.0.0.5 . Semua router OSPF kecuali DR menggunakan alamat Multicast 224.0.0.6 untuk mengirim paket Link State Update ( LSU ) dan Link State Advertisements ( LSA ) ke DR .

4. Backup Designated Router (BDR)

BDR adalah router yang menjadi DR harus yang ada DR gagal. BDR memiliki prioritas tertinggi kedua (DR memiliki prioritas tertinggi) dalam jaringan OSPF. Ketika BDR menjadi DR , dilakukan pemilihan baru untuk mencari BDR baru .

Contoh OPSF Secara Implementasi

  • Microsoft Windows NT 4.0 Server, Windows 2000 Server dan Windows Server 2003 semuanya memiliki OSPF v2 di Layanan Perutean dan Akses Jarak Jauh. Microsoft Menghapus dukungan dengan Windows Server 2008 dan versi yang lebih baru dari Sistem Operasi Server oleh perusahaan.
  • Sistem Operasi OpenBSD memiliki implementasi protokol OpenBGPD yang memiliki implementasi OpenOSPFD.
  • BIRD mengimplementasikan OSPFv2 dan OSPFv3 keduanya.
  • GNU Zebra adalah suite perutean GPL yang mendukung OSPF untuk sistem Mirip Unix.
  • Modul Multi-Protocol Routing di Netware memiliki dukungan untuk OSPF

Kesimpulan

Open Shortest Path First, sebagai protokol routing, memiliki tempat penting dalam infrastruktur internet. Menemukan jalur terpendek dengan mudah dan cepat membantu mengurangi beban jaringan yang tidak perlu, dan kemampuan untuk menemukan jalur lain jika terjadi kesalahan pada jalur yang optimal membantu meningkatkan stabilitas jaringan

Sekawan Studio membuka jasa desain website, jasa pembuatan website, dan jasa maintenance website untuk membantu proses optimasi kecepatan situs Anda di search engine Google.

Bagikan:

Tampilkan lebih Banyak Rekomendasi Topik.

Dapatkan informasi dan notifikasi update artikel terbaru dari kami, untuk menambah pengetahuan seputar dunia teknologi.

Mulai Proyek!

Tentukan paket pilihan sesuai dengan bisnis Anda.

Informasi Personal

Cluster Coding Factory, KEK Singhasari, Jl. Raya Klampok, RT.04/RW.04, Pasrepan, Klampok, Kec. Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65153

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.

Mari wujudkan idemu.

Cluster Coding Factory, KEK Singhasari, Jl. Raya Klampok, RT.04/RW.04, Pasrepan, Klampok, Kec. Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65153

Raih keuntungan bersama kami!

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.