Mengenal Apa itu Landing Page Beserta Jenis, dan Contohnya.

landing page
Table of Contents

Website merupakan salah satu jenis media pemasaran digital yang cukup efektif saat ini. Banyak sekali berbagai bidang bisnis yang memanfaatkan media tersebut untuk meningkatkan omset penghasilan dengan memperluas jaringan dari target pasar. Salah satu istilah yang sering anda dengan saat ini adalah landing page untuk mendukung kampanye sebuah bisnis.

Bagi anda yang masih belum familiar dengan istilah tersebut, maka pada kesempatan kali ini kita akan membahas beberapa hal menarik seputar landing page. Topik yang akan kita bahas meliputi definisi, jenis, fungsi, contoh, dan cara kerjanya.

Apa itu Landing Page

Pengertian landing page adalah halaman pada sebuah website yang dibuat secara khusus untuk tujuan pemasaran (marketing) sebuah produk atau jasa. Jika kita berbicara terkait dengan pemasaran, maka halaman ini berfokus untuk dapat mengarahkan pengunjung agar mengakses website yang telah ditentukan oleh admin melalui hasil pencarian secara berbayar (paid search).

Jika diartikan dalam bahasa Indonesia, maka landing page merupakan website yang mendarat. Berarti, dengan adanya halaman ini dikhususkan untuk membangun strategi marketing dan mengarahkan pengguna atau user untuk berinteraksi dan melakukan sebuah transaksi di dalamnya.

Fungsi dari Landing Page

Fungsi dari adanya landing page sendiri ada dua, yang pertama adalah mampu mempercepat proses transaksi. Dimana, user tidak perlu untuk terlalu banyak menekan elemen atau button pada suatu situs yang dapat mempengaruhi tingkat kenyamanan dan pengalaman pengguna yang kurang baik.

Fungsi yang kedua, digunakan untuk meningkatkan leads atau mengumpulkan data dari pengunjung yang potensial. Leads disini harus selalu diperhatikan dan tetap dijaga dari segi bisnis sendiri. Sehingga, diharapkan mampu melakukan transaksi pembelian kembali di kemudian hari.

Perbedaan Landing Page dengan Homepage

Anda mungkin juga akan mulai memikirkan, apakah homepage (beranda) sama dengan sebuah landing page? Berikut merupakan beberapa perbedaan dan karakteristik dari kedua istilah tersebut.

1. Ciri Utama Landing Page

Terdapat beberapa karakteristik khusus dari landing page, yaitu:

  • Merupakan halaman situs yang dibuat khusus untuk mendukung tujuan tertentu.
  • Berfokus untuk mengarahkan pengunjung secara lebih spesifik untuk melakukan proses transaksi dan pemasaran bisnis.
  • Mengarahkan customer atau pelanggan untuk menekan tombol atau button CTA (Call To Action) yang berbentuk elemen seperti formulir, subscription, newsletter, penggunaan jasa, dan lain sebagainya.

2. Ciri Utama Homepage (Beranda)

Berikut merupakan beberapa ciri khusus dari tampilan beranda, diantaranya sebagai berikut:

  • Menjadi halaman utama atau umum yang digunakan sebagai pengenalan informasi website.
  • Pada dasarnya merupakan tampilan utama suatu situs web.
  • Terdapat beberapa tombol atau link navigasi untuk menuju situs halaman lainnya.

Jenis – Jenis Landing Page

Terdapat setidaknya dua jenis dari landing page, dimana keduanya mempunyai objective dan target capaian yang berbeda.

1. Click Through

Pertama adalah click through yang bertujuan untuk dapat mempengaruhi pengunjung situs agar mengklik halaman yang lain juga. Jenis yang satu ini biasanya banyak digunakan untuk pengembangan website e-commerce untuk membantu dalam proses pemasaran produk lebih luas dan terintegrasi.

Contoh yang lebih konkret adalah dengan adanya sebuah iklan yang biasanya akan diarahkan pada button checkout agar konsumen segera melakukan transaksi secepatnya. Sehingga, hal ini dapat mempengaruhi tingkat konversi yang dihasilkan dari segi bisnis suatu perusahaan atau organisasi.

2. Lead Generation

Kedua adalah lead generation, merupakan halaman web yang bertujuan agar pengunjung website langsung menekan tombol CTA tanpa perlu untuk berpindah menuju halaman yang lainnya. 

Fungsi dari penggunaan jenis ini adalah untuk mendapatkan leads sebanyak – banyaknya. Sehingga, perbedaan mendasar terletak pada sisi tampilan dan fungsionalitasnya. Dimana, lead generation lebih dibuat secara singkat, padat, dan jelas.

Beberapa Contoh Landing Page

Banyak sekali contoh halaman landing di internet, salah satu perusahaan besar yang menerapkan strategi ini adalah AirBnB, MailChimp, Shopee, Traveloka, dan masih banyak lagi contoh yang lainnya.

Tentunya untuk dapat memaksimalkan peran dari sebuah laman, anda perlu menggunakan bantuan beberapa tools tambahan untuk memudahkan proses optimasi.

Diantaranya adalah dengan menggunakan Google Analytics, Google Search Console, MailChimp, Plugin WP Form, dan masih banyak lagi yang lainnya. Perhatikan juga beberapa metrik khusus untuk menilai kampanye bisnis anda berjalan dengan baik atau tidak. 

Metrik yang perlu anda perhatikan adalah bounce rate, session duration, total click, impression, dan CTR (Click Through Rate). Semua hal tersebut sangat berpengaruh pada tingkat konversi dan revenue yang dapat diperoleh bagi bisnis perusahaan dalam jangka waktu yang telah ditentukan sebelumnya.

Cara Membuat Landing Page untuk Pemula

Kami akan membagikan beberapa tips mudah untuk dapat membuat landing page yang mudah dan optimal. Sebelum membahas lebih jauh, kami merekomendasikan untuk membuat sebuah website, khususnya landing page dengan menggunakan bantuan CMS WordPress. 

Dengan menggunakan bantuan WordPress atau CMS yang lain, anda tidak perlu untuk belajar bahasa pemrograman lebih dalam dan proses maintenance menjadi lebih mudah dan terstruktur. WordPress sangat cocok untuk dibuat dalam bentuk landing page, web portal, company profile, dan kebutuhan yang lainnya.

  • Hal pertama yang anda lakukan adalah menyusun konsep dan melakukan riset pasar, serta kompetitor bisnis anda.
  • Setelah itu, anda dapat membuat sebuah ilustrasi dan menentukan headline yang cocok untuk landing page anda.
  • Mulai proses pembuatan halaman situs anda dengan tetap memperhatikan UI (User Interface) dan UX (User Experience) -nya.
  • Gunakan teknik copywriting yang tepat untuk dapat mengarahkan user agar menggunakan produk atau jasa anda.
  • Langkah terakhir, pastikan anda juga menyematkan elemen seperti CTA atau form untuk memudahkan pengunjung untuk berinteraksi dan menyelesaikan proses transaksi.

Dalam membuatnya, perlu diperhatikan hal-hal berikut yang membantu untuk mengoptimalkan laman promosi pada perusahaan.

1. CTA (Call to Action)

Membuat halaman landing perlu diperhatikan untuk penggunaan CTA, strategi yang dibentuk untuk menghasilkan konversi dari pengunjung. Komponen yang ada biasanya berupa hubungi kami, konsultasikan dengan kami, lihat semua produk, lihat semua review, subscribe sekarang ataupun semacamnya.

Dalam hal ini memunculkan aksi maupun tanggapan dari pelanggan. Jika menginginkan konversi dari pengunjung yang lebih maka bisa menambahkan CTA dalam membuat sebuah situs.

2. Desain

Tampilan yang diberikan bersifat menarik untuk pengunjung, dan menyesuaikan dengan produk atau layanan yang ditawarkan. Komponen yang ada bisa memuat foto, video, infografis, maps, komik, maupun maps. Membuat halaman landing juga penting untuk memperhatikan desain warna yang digunakan. Antara tampilan yang digunakan dengan produk yang ditawarkan bisa selaras.

3. SEO

Membuat landing page juga sangat penting untuk memperhatikan konsep SEO (Search Engine Marketing) dalam sebuah website. Tag judul yang digunakan juga harus sesuai dengan konten yang akan ditampilkan. Kemudian, kata kunci yang ada juga harus bersifat optimal jangan berlebihan dan terlalu sedikit digunakan. Selain itu juga, alamat url yang yang digunakan juga bisa mempengaruhi optimalisasi dalam halaman tersebut.

Kesimpulan

Landing page adalah halaman khusus dari website yang dirancang untuk dapat membantu proses bisnis perusahaan dan meningkatkan penjualan produk atau jasa. Anda dapat memanfaatkan salah satu atau kedua jenis landing page sekaligus dengan tetap menyesuaikan kebutuhan bisnis anda. Lakukan riset dan susun roadmap bisnis anda secara jelas sebelum anda benar –  benar memilih untuk membuat sebuah landing page.

Sekawan Studio membuka layanan jasa desain website, jasa pembuatan website, maintenance  website dan SEO untuk membantu memasarkan bisnis anda dan meningkatkan ranking situs anda agar mencapai SERP Google.

Bagikan:

Tampilkan lebih banyak rekomendasi topik.

Dapatkan informasi dan notifikasi update artikel terbaru dari kami, untuk menambah pengetahuan seputar dunia teknologi.

Anda mungkin juga menyukai.

Mulai Proyek!

Tentukan paket pilihan sesuai dengan bisnis Anda.

Informasi Personal

Jl. Maninjau Raya No. 44, Sawojajar, Kec. Kedungkandang, Kota Malang, Jawa Timur 65139

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.

Hubungi Kami.

Jl. Maninjau Raya No. 44, Sawojajar, Kec. Kedungkandang, Kota Malang, Jawa Timur 65139

Ingin bergabung dengan program kami?

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.