Serba-Serbi PayPal, Solusi Untuk Transaksi Virtual Anda.

PayPal telah membuka banyak pintu bagi 360 juta pengguna di lebih dari 200 negara. Sejak tahun 1998, mereka turut memfasilitasi para pebisnis untuk meluaskan pasarnya hingga tingkat internasional. Oleh karena itu, teknologi ini memiliki prospek yang sangat menjanjikan di masa depan.
cara menggunakan paypal
Table of Contents

Apakah Anda gemar berbelanja di e-commerce atau media sosial? Jika iya, pasti Anda sudah menyadari bahwa proses pembayaran kini semakin berkembang ke arah digital. Salah satu platform yang paling populer di kalangan peminat marketplace global adalah PayPal.

Metode pembayaran ini dapat terhubung dengan rekening Anda secara online, apapun jenis banknya. Setelahnya Anda dapat melakukan pembelian, mentransfer serta menerima uang, mengelola dana milik Anda, dan lain sebagainya.

Untuk lebih jelasnya, dalam artikel ini kami akan membahas segala sesuatu tentang PayPal dan bagaimana cara menggunakannya. Yuk, simak tulisan berikut ini!

Apa Itu PayPal?

PayPal adalah sistem pembayaran online yang memungkinkan suatu akun untuk mengirim dan menerima uang. Anda dapat mencantumkan rekening bank, kartu kredit, ataupun kartu debit. Anda tinggal pilih saja ingin menggunakan kartu atau akun yang mana ketika proses pembayaran.

Pada awal sejarahnya, PayPal sempat berakuisisi dengan salah satu e-commerce besar yang bernama eBay. Namun, mereka berpisah pada tahun 2015 dan terus berjalan sebagai perusahaan independen sejak saat itu.

Meskipun dapat digunakan sebagai kebutuhan personal, layanan ini juga bisa ditujukan untuk bisnis, mulai dari toko kecil hingga perusahaan besar. Hanya dengan mengatur akun PayPal berkategori bisnis, Anda dapat menerima pembayaran kartu dari klien atau pelanggan Anda secara mudah.

Tidak hanya terbatas untuk melakukan pembayaran, PayPal juga memungkinkan Anda untuk mengirim dan menerima uang dari pihak lain. Berapapun nominal yang diterima oleh akun Anda, dapat juga digunakan untuk melakukan pembayaran. Kemudian ia akan menyesuaikan dengan saldo rekening bank Anda.

Sebagian besar layanan di PayPal adalah gratis. Anda tidak perlu membayar biaya apapun untuk melakukan transfer ke teman atau keluarga Anda. 

Namun, Anda mungkin dikenakan sedikit biaya transaksi jika transfer Anda melibatkan konversi mata uang. Terdapat pula biaya tambahan jika Anda menerima pembayaran ke akun Anda dari platform bisnis online lainnya.

Apakah PayPal Aman?

PayPal telah menerapkan langkah-langkah keamanan yang ketat untuk melindungi penggunanya sebagai pembeli. Misalnya, jika barang yang Anda beli melalui PayPal tidak sampai atau tampak berbeda dari deskripsi penjual, mereka akan memastikan Anda mendapatkan pengembalian dana penuh. Tentunya ini sangat bermanfaat, terutama bagi pembeli di platform yang tidak menawarkan jaminan.

Layanan ini juga menawarkan lapisan keamanan ekstra dengan menghilangkan keharusan bagi Anda untuk memasukkan detail bank dan nomor CVV setiap kali Anda melakukan pembelian. Yang perlu Anda lakukan adalah memasukkan ID login dan kata sandi PayPal Anda (atau ponsel dan PIN) dan melakukan pembayaran.

Dengan demikian, mereka dapat menyembunyikan informasi keuangan personal dan bisnis sepenuhnya.

Baca Juga: 
Menjadikan Video Marketing untuk Menarik Audiens
Terapkan Brand Storytelling, Ciptakan Cerita Tentang Merek
Simak 4 Fitur CRM yang Penting untuk Pemasar Bisnis Kecil

Kelebihan PayPal

Layanan ini tentu memiliki segudang kelebihan di balik ketenarannya. Inilah yang menjadi pertimbangan para pengguna untuk memilih PayPal. Berikut rangkumannya:

1. Mendunia

PayPal sudah tersedia di 202 negara. Sehingga. ia dapat diakses di seluruh dunia. Pengguna dapat menarik dana dalam 56 mata uang dan dapat menyimpan saldo dalam 25 mata uang.

Ini akan memudahkan bisnis online untuk menawarkan barang dan jasa mereka di tingkat internasional, sehingga mereka bisa berkembang secara lebih jauh pula.

2. Minim Biaya

Layanan ini tergolong gratis. Setelah membuat akun, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya keanggotaan tahunan. Pembeli dapat menggunakan PayPal untuk melakukan pembayaran saat berbelanja online tanpa harus membayar sepeser pun kepada perusahaan.

3. Banyak Diskon

Tidak hanya gratis, platform ini juga menawarkan diskon bagi Anda yang ingin berbelanja menggunakan PayPal di pengecer tertentu seperti HP, Nike, dan lainnya.

Untuk mendapatkan keuntungan dari diskon, pengguna hanya perlu menyalin kode promo dari halaman belanja dan menempelkannya di situs merchant saat proses pembayaran

4. Mobile-Friendly

Anda tidak perlu khawatir akan kesulitan mengakses layanan ini karena sudah terdapat aplikasi mobile yang tersedia di Android dan iPhone. Penggunaannya juga aman karena mengharuskan adanya PIN unik.

Anda juga bisa menggunakan fitur Bump Pay jika ingin melakukan transfer secara praktis. Dengan demikian, Anda tinggal saling menyenggol perangkat pihak lain ketika bertemu.

Cara Daftar PayPal

Kami sudah memberikan gambaran mengenai PayPal dan keunggulannya dari layanan lain. Sekarang, saatnya Anda mencoba untuk menggunakannya dengan melakukan registrasi! Simak langkah-langkahnya berikut ini:

1. Ajukan Akun Baru

Kunjungi website resmi mereka pada browser Anda. Lalu, klik Sign Up pada tampilan pojok kanan atas. Anda nantinya akan dialihkan pada halaman baru. Di sini, terdapat pilihan antara kebutuhan personal atau bisnis.

Jika Anda hanya menggunakan PayPal untuk berbelanja atau mentransfer uang, maka pilihlah Personal. Sebaliknya, jika Anda menerima pembayaran dari konsumen atau klien, pilihlah Business.

2. Isi Data Pengguna

Selanjutnya, Anda harus mengisi detail akun dasar Anda. Cantumkan alamat email, kata sandi (dan salinan), dan negara asal Anda pada kolom yang tersedia. Pastikan untuk mengisi detail pribadi seperti kartu kredit atau kartu debit untuk menghubungkan rekening Anda dengan akun yang dibuat.

3. Mencantumkan Kartu Kredit

Ini akan memungkinkan proses pembelian secara otomatis dibebankan ke kartu kredit Anda. PayPal akan menganggap bahwa alamat penagihan untuk kartu kredit Anda sama dengan alamat pribadi yang Anda berikan pada langkah sebelumnya.

Jika tidak, klik Edit dan berikan alamat jalan, alamat unit (opsional), kode surat, kota, dan negara bagian/provinsi/wilayah yang benar. Setelah Anda semua informasi sudah terisi, klik Link CardJika Anda tidak memiliki kartu kredit, atau tidak ingin menambahkannya sebagai opsi pembayaran, maka klik I’d Rather Link My Bank Account First.

4. Mencantumkan Rekening

Pilih apa bank yang menaungi rekening Anda. Atau, jika Anda tidak ingin menautkan rekening bank Anda ke PayPal (setidaknya tidak untuk saat ini), klik I’ll Link My Bank Account Later. Tombol tersebut akan muncul setelahnya untuk mengonfirmasi. 

4. Verifikasi Alamat Email

Buka alamat email Anda dan masuk. Temukan email dari PayPal Service dan klik untuk membukanya. Dari sana, cukup klik tombol berwarna biru yang ada di body email. Untuk menyelesaikan konfirmasi alamat email, Anda harus memasukkan kata sandi akun Anda.

Klik di kotak berlabel Password dan ketik kata sandi yang Anda pilih untuk melindungi akun PayPal Anda. Lalu,  klik Confirm My Email Address. Selamat! Kini akun Anda sudah bisa digunakan.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, PayPal adalah layanan yang fantastis untuk personal dan bisnis, mulai dari kecil hingga menengah. Ini adalah layanan populer yang terpercaya di dunia dengan fitur one-touch-checkout.

Sudahkah Anda menggunakan layanan ini untuk keperluan sehari-hari? Ataukah terdapat platform lain yang lebih menjanjikan dibanding PayPal? Tulis pendapat Anda di komentar dan mari kita berdiskusi!

Sekawan Studio menyediakan jasa pembuatan dan maintenance website untuk optimalisasi bisnis Anda. Jika Anda tertarik, silakan hubungi kontak resmi pada laman kami.

Bagikan:

Tampilkan lebih banyak rekomendasi topik.

Dapatkan informasi dan notifikasi update artikel terbaru dari kami, untuk menambah pengetahuan seputar dunia teknologi.

Anda mungkin juga menyukai.

Mulai Proyek!

Tentukan paket pilihan sesuai dengan bisnis Anda.

Informasi Personal

Jl. Maninjau Raya No. 44, Sawojajar, Kec. Kedungkandang, Kota Malang, Jawa Timur 65139

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.

Hubungi Kami.

Jl. Maninjau Raya No. 44, Sawojajar, Kec. Kedungkandang, Kota Malang, Jawa Timur 65139

Ingin bergabung dengan program kami?

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.