Paid Traffic: Pengertian dan Bedanya dengan Organic Traffic

Paid Traffic adalah trafik atau kunjungan website berbayar karena traffic ini akan didapatkan ketika telah membayar sebuah iklan yang disediakan oleh pihak kedua. Platform yang paling umum digunakan adalah Google Ads.
Paid traffic pada sebuah website untuk mendukung bisnis
Daftar Isi

Sebuah website dikatakan hidup apabila memiliki pengunjung atau visitor yang dapat mengakses website tersebut. Namun, untuk mendapatkan pengunjung website tidaklah mudah. Traffic inilah yang menjadi hal penting dalam membangun sebuah website.

Paid traffic merupakan salah cara yang dapat digunakan untuk menunjang traffic pada sebuah website. Paid traffic artinya salah satu teknik yang dinilai efektif untuk mendapatkan pengunjung dan pelanggan sebuah website.

Jadi, apa pengertian paid traffic tersebut? Kenali lebih dekat Jenis traffic ini dan berbagai kekurangan dan kelebihannya.  

Apa itu Paid Traffic?

Paid Traffic adalah trafik atau kunjungan website berbayar karena traffic ini akan didapatkan ketika telah membayar sebuah iklan yang disediakan oleh pihak kedua.

Strategi yang umum digunakan adalah SEM atau Search Engine Marketing. Dengan membayar sejumlah biaya, website akan mendapatkan trafik yang tinggi.

Kunjungan dalam traffic adalah ketika audiens melihat sebuah iklan pada mesin pencarian atau media sosial. Lalu, audiens tersebut membuka URL Link yang terdapat pada iklan tersebut.

Paid traffic merupakan salah satu jenis dari traffic. Jenis traffic lainnya adalah direct traffic, referral traffic, social traffic, dan organic traffic.

Dengan membayar biaya kepada pihak kedua, hal tersebut akan mendatangkan traffic pada website yang dimaksud. Pihak kedua yang dimaksud adalah media sosial, mesin pencarian atau search engine, dan juga influencer.

Paid Traffic Menggunakan Facebook Ads
Ilustrasi Facebook Ads (Austin Distel/Unsplash)

SEO Paid Traffic

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization. SEO merupakan teknik yang digunakan untuk optimasi suatu website dengan tujuan memberikan kemudahan untuk menemukan halaman pertama pada mesin pencarian dengan keyword yang telah ditentukan oleh pengguna.

Lalu, apa target dari menggunakan SEO paid traffic? Target menggunakan SEO paid traffic adalah untuk mendapatkan banyak manfaat. Berikut adalah manfaat dari penggunaan SEO paid traffic.

1. Alat Pemasaran Pokok

Penggunaan SEO paid traffic akan memberikan alat kinerja yang dapat digunakan secara langsung dalam rencana pemasaran.

2. Analisis Kinerja

Adanya alat pemasaran tersebut, dapat digunakan untuk menganalisis kinerja dan performa dalam merespons iklan.

3. Pengelolaan Biaya

Penggunaan teknik ini dapat digunakan untuk mengontrol biaya yang digunakan dalam pemasaran.

4. Kontrol Situs Web 

Adanya SEO paid traffic ini membuat pemilik website dapat mengatur traffic atau lalu lintas pada suatu website.

Berikut adalah beberapa cara untuk menentukan target SEO paid traffic.

  1. Cari tahu lokasi pasar dan keyword utama yang dipasang dengan target audiens.
  2. Pastikan target adalah orang tepat untuk melakukan pembelian.
  3. Strategi dibutuhkan dalam proses SEO paid traffic.
  4. Analisis struktur pencarian ketika seseorang membeli produk atau jasa.

Sumber Paid Traffic

Sumber paid traffic adalah dari mana saja traffic ini berasal. Berikut adalah beberapa sumber dari traffic berbayar.

1. Paid Search

Paid search ini menggunakan media mesin pencarian atau search engine. Paid search adalah sebuah layanan periklanan berbayar yang menggunakan search engine. Contoh dari paid search adalah Google Ads.

2. Display Ads

Display ads merupakan iklan berbentuk video atau gambar yang ditampilkan dalam website. Iklan ini digunakan untuk membangun brand awareness karena dapat menjangkau audiens secara luas. 

3. Social Media Ads

Sesuai namanya, iklan ini dilakukan di media sosial. Tujuan dari penggunaan iklan ini adalah brand awareness, engagement, video views, dan conversion. Saat ini, media sosial yang dapat digunakan adalah Facebook, TikTok, dan Instagram.

Jenis-Jenis Media Sosial Yang Dapat Digunakan Untuk Paid Traffic
Ilustrasi Media Sosial (Adem Ay/Unsplash)

4. Sponsored Content

Salah satu tujuan menggunakan sponsored content adalah untuk mendapatkan backlink. Backlink didapat dari website lain yang menawarkan kerja sama pembuatan konten berbayar. 

5. Influencer

Istilah influencer saat ini sedang naik daun. Influencer mendapatkan penghasilan dari endorsement atau mempromosikan produk pada suatu bisnis. 

Manfaat Paid Traffic

Berikut adalah beberapa manfaat atau kegunaan paid traffic bagi website.

1. Meningkatkan Traffic dengan Cepat

Dengan menggunakan traffic yang berbayar, sebuah website akan mendapatkan traffic yang cukup besar dalam waktu yang relatif singkat. Penyedia traffic akan mendorong sebuah website ke audiens dengan demografi yang telah ditarget.

2. Mendapatkan Konversi

Paid Traffic Pada Internet
Traffic (Unsplash)

Paid traffic membuat sebuah website mendapatkan jumlah konversi. Hal ini diakibatkan pengguna dapat mengatur target audiens pada paid channel, seperti Google Ads dan Meta Ads. 

3. Menargetkan Trending Keyword

Trending keyword dapat ditargetkan ketika menjalankan iklan berbayar, contohnya pada Google Ads. Google akan menampilkan iklan pada sebuah website di bagian teratas hasil pencarian. Dengan begitu, tingginya pencarian trending keyword dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan traffic.

Paid Traffic Vs Organic Traffic

Pada pembahasan di atas, telah disebutkan mengenai jenis-jenis dari traffic. Jenis dari traffic, yaitu organic traffic dan paid traffic. Lalu apa perbedaan dari keduanya? Apakah memiliki fungsi yang berbeda? Perbedaan mengenai keduanya akan dijabarkan melalui tabel di bawah.

FaktorPaid TrafficOrganic Traffic
PengertianPaid traffic adalah traffic untuk membawa sebuah traffic pada website meningkat dengan membayarkan kepada pihak lain.Organic traffic adalah jenis traffic yang muncul secara organik atau alami tanpa perlu membayar pada pihak lain untuk meningkatkan traffic sebuah website.
PenggunaanKetika memiliki sebuah tujuan tertentu contohnya saat mengumpulkan database untuk melakukan data mining.Ketika baru memulai bisnis yang resource-nya terbatas.
DurasiHasil dapat dilihat secara langsungStrategi jangka panjang dan membutuhkan waktu bulanan hingga tahunan
BiayaPembayaran dilakukan ketika pengunjung mengeklik iklan atau Cost per Click (CPC)Gratis
Kelebihan– Menjangkau pelanggan dengan lebih cepat
– Keuntungan yang melebihi ekspektasi
– Penggunaan biaya yang relatif murah bahkan gratis
– Pengembang menjadi lebih kreatif
Kekurangan– Biaya yang relatif mahal dan membutuhkan banyak uang
– Melalui tahapan testing  
– Hasil yang tidak instan dan cenderung lama
Traffic yang diperoleh kadang tidak sesuai harapan
Konten– Formulir pembelian
– Laman untuk Checkout
– Demo produk
Landing pages produk
– Artikel blog
Landing pages
– Video
– Infografis
SumberStrategist
– Writer
– Web Developer
– Graphic Artist
– Manager
Campaign Manager
Copywriter

Paid traffic artinya suatu teknik yang digunakan untuk mendatangkan trafik pada sebuah website melalui iklan yang berbayar dan merupakan bagian dari SEM atau Search Engine Marketing.

Platform yang sering digunakan adalah Google Ads dan Facebook Ads. Tentunya teknik ini sangat bermanfaat untuk mengembangkan bisnis.

Bagi kalian yang ingin mengembangkan bisnis ke jangkauan yang lebih luas, Sekawan Studio hadir menyediakan jasa optimasi website untuk mewujudkan ranking situs website yang meningkat. Selain itu, Sekawan Studio juga menyediakan jasa SEO profesional yang dapat menjangkau target pasar potensial.

Bagikan:

Tampilkan lebih Banyak Rekomendasi Topik.

Dapatkan informasi dan notifikasi update artikel terbaru dari kami, untuk menambah pengetahuan seputar dunia teknologi.

Mulai Proyek!

Tentukan paket pilihan sesuai dengan bisnis Anda.

Informasi Personal

Cluster Coding Factory, KEK Singhasari, Jl. Raya Klampok, RT.04/RW.04, Pasrepan, Klampok, Kec. Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65153

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.

Mari wujudkan idemu.

Cluster Coding Factory, KEK Singhasari, Jl. Raya Klampok, RT.04/RW.04, Pasrepan, Klampok, Kec. Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65153

Raih keuntungan bersama kami!

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.