Apa itu Omni Channel Marketing? Pengertian Hingga Manfaatnya..

Omni channel marketing merujuk pada sebuah metode menggunakan berbagai macam channel untuk mendukung kehadiran online maupun offline dari bisnis atau merek milik anda. Dengan kata lain, langkah marketing ini dapat juga disebut sebagai strategi marketing lintas channel, di mana anda mengikutsertakan berbagai macam channel untuk mendukung anda.
Omnichannel
Table of Contents

Kira-kira apa yang pertama kali muncul di pikiran anda jika mendengar omni channel marketing? Atau anda belum sama sekali familiar dengan istilah satu ini? Sebagai pembukaan, kami akan berikan sedikit petunjuk terkait dengan apa itu omni channel marketing sebelum membahasnya lebih mendalam. Kata yang menjadi petunjuk adalah “lintas”. Bagaimana? Apakah anda sudah dapat bayangan seperti apa omni channel marketing itu? Jika belum, mari kita simak penjabaran tentang marketing satu ini!

Apa itu Omni Channel Marketing?

Seperti petunjuk yang sudah kami berikan di awal, omni channel marketing merujuk pada sebuah metode menggunakan berbagai macam channel untuk mendukung kehadiran online maupun offline dari bisnis atau merek milik anda. Dengan kata lain, langkah marketing ini dapat juga disebut sebagai strategi marketing lintas channel, di mana anda mengikutsertakan berbagai macam channel untuk mendukung anda.

1. Omni Channel Marketing: Online

Saat ini, tidak jarang anda menemui platform yang dapat memudahkan pembelian secara online. Keberagaman platform ini tentu memiliki kaitan erat dengan preferensi para pelanggan untuk memilih platform tersebut. Selain itu, masa transisi akan pembelian secara offline dan online pun terjadi. Tidak sedikit para pelanggan yang memilih untuk melakukan pembelian via online. Belum lagi, para pelanggan terkadang ingin menjajal beragam platform untuk mengetahui keuntungan yang ditawarkan oleh masing-masing dari platform yang ada.

Anda, sebagai pelaku bisnis, harus siap dengan tantangan itu. Sebagai contoh, katakanlah banyak pelanggan anda menggunakan platform A untuk kegiatan pembelian. Namun, tidak sedikit dari mereka memilih melakukan pembelian pada platform B. Jika kehadiran online anda hanya tersedia pada satu platform saja, tidak menutup kemungkinan anda akan kehilangan pelanggan anda yang lebih memilih untuk menggunakan pilihan platform lain.

Dengan pendekatan ini, anda dapat dengan leluasa menjangkau pelanggan anda tanpa ada halangan perbedaan platform. Strategi ini termasuk ampuh dalam memperluas jangkauan bisnis anda guna meraih lebih banyak pelanggan. Mengapa demikian? Sebab omni channel berfokus pada kebutuhan pengguna, di mana anda harus fleksibel agar dapat menyesuaikan dengan baik dan memberi kesan serta pengalaman positif bagi mereka.

2. Omni Channel Marketing: Offline

Selain kehadiran online yang mengandalkan beragam platform atau saluran, kehadiran offline juga perlu untuk diperhatikan. Sama halnya dengan perumpamaan yang kami jabarkan sebelumnya, dalam hal kehadiran offline, anda harus pastikan bahwa toko anda terjangkau oleh pelanggan lokal.

Katakanlah anda memiliki cabang di daerah A, namun tidak di daerah B. Ditambah lagi jarak antara kedua daerah bisa dibilang cukup jauh. Tentu saja hal tersebut akan merepotkan bagi pelanggan lokal pada daerah B, bukan? Sebab toko anda sedikit sulit untuk dijangkau karena jaraknya yang tidak dekat dengan daerah mereka. Mereka akan berpikir berulang kali untuk mengunjungi anda jika mereka hanya butuh membeli satu item saja. Belum lagi, banyak cabang kompetitor di daerah mereka. Tidak jarang juga mereka akan memilih beralih ke kompetitor sebab lebih mudah dijangkau.

Tidak terbatas pada sekadar melebarkan sayap pada kehadiran online dan offline saja, hal-hal lain yang berkenaan dengan kegiatan bisnis anda juga harus diperhatikan dengan tepat dan cermat. Mengapa demikian? Tentu saja karena secara langsung anda berhubungan dengan pelanggan. Kira-kira, apakah mereka hanya membutuhkan produk atau layanan yang bisnis anda tawarkan? Tidak, bukan? Bagaimana jika pelayanan yang disuguhkan kepada mereka kurang maksimal? Bagaimana jika anda menerima complain terkait dengan kecepatan pengiriman produk yang mereka pesan? Masih ada beberapa poin dan aspek penting dalam hal memperluas jangkauan anda, bukan?

Omni Channel Marketing dan ROI, Apa Hubungannya?

Tahukah anda bahwa omni channel marketing dapat membantu anda dalam meningkatkan ROI pada bisnis? Pada dasarnya, omni channel terfokus pada bagaimana anda menciptakan pengalaman terbaik yang pernah pelanggan anda rasakan saat menjelajahi brand bisnis anda atau berinteraksi dengannya. Tidak hanya itu saja, rupanya strategi tersebut juga dapat membantu anda dalam meningkatkan ROI perusahaan. Bagaimanakah caranya? Berikut kami telah rangkumkan poin krusial untuk meningkatkan ROI melalui omni channel marketing.

  1. Sampaikan pesan dengan konsisten
  2. Tingkatkan pengalaman yang konsisten
  3. Perhatikan kelanjutan atau kesinambungan dalam komunikasi pada seluruh channel
  4. Personalisasi adalah kunci
  5. Lakukan pemasaran berbasis data

Omni Channel vs Multi Channel

Lalu, apa sebenarnya perbedaan antara omni channel dan multi channel marketing? Sekilas, keduanya memang terlihat serupa, sama-sama melibatkan beberapa channel guna mendukung jalannya kegiatan bisnis dan strategi marketing. Namun, jika dilihat lebih dekat lagi, terdapat beberapa perbedaan signifikan di antara keduanya. Apa saja perbedaan tersebut? Mari kita simak bersama-sama.

  1. Mempunyai fokus yang berbeda. Omni channel berfokus pada perhitungan terhadap pengalaman pelanggan pada setiap channel yang dapat mereka jangkau serta menciptakan kesan pengalaman terbaik di setiap platformnya. Sedangkan multi channel berfokus pada channel yang digunakan. Bagaimana kegiatan transaksi berlangsung di sana dan lain sebagainya.

  2. Keduanya memiliki tujuan yang berbeda. Omni channel bertujuan untuk menjangkau pelanggan secara lebih luas baik online maupun offline. Tidak hanya itu saja, omni channel juga memiliki tujuan untuk memastikan bahwa sistem integrasi terhadap pengalaman pelanggan dapat berjalan dengan baik dan memberikan kesan positif.

    Bisa dikatakan bahwa omni channel merupakan sebuah pendekatan yang berfokus pada pelanggan itu sendiri. Lain halnya dengan multi channel yang lebih sederhana. Memastikan bahwa seluruh konten terkait produk maupun promosinya dapat tersebar secara merata pada tiap-tiap saluran. Fokus multi channel adalah brand itu sendiri serta menjangkau lebih banyak channel.

Apa Saja Poin Krusial dalam Omni Channel Marketing?

Setelah mengetahui perbedaan antara omni dan multi channel marketing, kini kita akan beranjak menuju pembahasan yang tidak kalah pentingnya. Kembali mengenali strategi marketing ini lebih dalam dengan mengetahui apa apa saja yang jadi poin krusial dalam praktik penerapan strategi marketing satu ini.

Tidak jarang ahli menyebutkan bahwa omni channel marketing merupakan langkah tepat untuk bisnis anda, tidak peduli besar atau kecil ukurannya. Ketersediaan dari marketing jeni ini kini semakin meluas. Banyak pelaku bisnis yang melihat perkembangan dari keuntungan marketing jenis ini. Lantas, apa saja yang harus anda perhatikan dalam omni channel marketing? Mari ketahui bersama.

  1. Libatkan keseluruhan tim anda dalam penyusunan strategi omni channel marketing
  2. Lakukan analisis terhadap data dari para pelanggan
  3. Lakukan pemeriksaan terhadap pengalaman pelanggan saat menggunakan produk atau layanan dari bisnis anda
  4. Kumpulkan timbal balik yang diberikan oleh pelanggan
  5. Lakukan penargetan terhadap pesan yang ingin anda sampaikan dengan tepat
  6. Lakukan pengujian dan pengukuran secara berulang
Baca juga :
Memahami Brand Trust dan Cara Menerapkannya
Mengenal ROI, Perhitungan Persentase Peluang Laba atas Investasi

Manfaat yang Bisa Anda Dapatkan

Mungkin sub pembahasan ini menjadi salah satu topik yang anda tunggu tunggu sejak awal. Ya, pembahasan tentang apa sebenarnya manfaat yang ditawarkan oleh omni channel marketing terhadap bisnis anda. Berikut kami sajikan beberapa poin manfaat dari marketing jenis ini.

  1. Tingkat engagement lebih tinggi
  2. Angka pembelian lebih tinggi
  3. Tingkat pembelanjaan lebih tinggi
  4. Loyalitas pelanggan lebih tinggi

Coba anda perhitungkan apa apa saja yang dapat anda kembangkan dari keempat poin sederhana tersebut jika anda mengelolanya dengan baik dan benar. Tidak hanya mendapatkan keempatnya, anda juga akan mendapatkan manfaat-manfaat lainnya pada bisnis anda.

Kesimpulan

Omni channel marketing mungkin bisa menjadi salah satu pilihan dalam melakukan kegiatan bisnis dan membuat strategi marketing. Dengan mengandalkan banyaknya saluran serta berfokus pada pengalaman para pelanggan, jika anda mengolahnya dengan baik, anda tidak akan kesulitan dalam meraih lebih banyak pelanggan serta mendapatkan lebih banyak feedback positif dari mereka. Jika anda memilih omni channel marketing untuk diterapkan pada bisnis anda, perhatikan beberapa poin yang mungkin saja masih belum anda maksimalkan. Agar ke depannya keuntungan dan manfaat dari omni channel marketing dapat anda rasakan secara maksimal.

Sekawan Studio menyediakan paket jasa pembuatan website profesional dan UMKM untuk membantu meningkatkan visibilitas situs di Google.

Bagikan:

Tampilkan lebih banyak rekomendasi topik.

Dapatkan informasi dan notifikasi update artikel terbaru dari kami, untuk menambah pengetahuan seputar dunia teknologi.

Anda mungkin juga menyukai.

Mulai Proyek!

Tentukan paket pilihan sesuai dengan bisnis Anda.

Informasi Personal

Jl. Maninjau Raya No. 44, Sawojajar, Kec. Kedungkandang, Kota Malang, Jawa Timur 65139

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.

Hubungi Kami.

Jl. Maninjau Raya No. 44, Sawojajar, Kec. Kedungkandang, Kota Malang, Jawa Timur 65139

Ingin bergabung dengan program kami?

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.