Natural Language Processing Penunjang Upaya SEO.

Natural language processing adalah kecerdasan buatan yang mengganggungkan teknologi machine learning dan deep learning. Dapat menggerakan komputer untuk melakukan penerjemahan suatu teks dari satu bahasa lainnya.
NLP dalam upaya SEO
Table of Contents

Pernahkah Anda mendengar istilah Natural Language Processing atau NLP? Teknologi berupa program komputer satu ini telah banyak digunakan di banyak aspek untuk memudahkan proses bisnis. Kecerdasan buatan ini menggabungkan teknologi machine learning dan deep learning dalam programnya.

Lantas, apa sajakah yang disuguhkan oleh teknologi NLP? Apa saja keuntungan yang dapat Anda rasakan saat mengaplikasikannya pada proses bisnis Anda khususnya SEO? Mari sama-sama kita pelajari lebih lanjut mengenai Natural Language Processing satu ini!

Mengenal Natural Language Processing

NLP atau natural language processing merujuk pada suatu cabang kecerdasan buatan yang memiliki kaitan erat dengan kemampuan komputer dalam memahami teks maupun ucapan manusia. Selain memahami, teknologi ini juga dapat membantu komputer Anda dalam menginterpretasikan bahasa manusia.

NLP mengkombinasikan dari linguistik komputasi yang merupakan permodelan bahasa manusia dengan model statistik. NLP juga melibatkan perpaduan dari machine learning serta deep learning. Teknologi satu ini sangat memungkinkan algoritma melakukan proses terhadap bahasa manusia dalam bentuk teks maupun suara guna memahami maknanya.

Selain itu, NLP juga dapat menggerakkan komputer untuk melakukan penerjemahan suatu teks dari satu bahasa ke bahasa lainnya. NLP juga dapat menanggapi perintah lisan maupun meringkas suatu teks yang jumlahnya besar dengan cepat.

Dalam aspek bisnis, teknologi ini dapat membantu bisnis Anda untuk meningkatkan produktivitas para karyawan, melakukan penyederhanaan terhadap proses bisnis, dan lain sebagainya.

Tidak hanya berguna pada bidang kebahasaan atau linguistik, NLP juga dapat berguna pada bidang kesehatan, pengoptimasian mesin pencari, maupun kegiatan atau proses bisnis. Program perpaduan dari kecerdasan buatan, bahasa manusia, serta komputer satu ini ternyata dapat mempengaruhi SEO dalam perubahan algoritma mesin pencari khususnya Google. Untuk mengaplikasikan NLP pada upaya SEO, Anda harus terlebih dahulu memahami apa itu BERT atau Bidirectional Encoder Representations from Transformers.

Mengapa upaya SEO memerlukan teknologi kecerdasan buatan satu ini? Sebab, seiring berjalannya waktu, pencarian oleh para pengguna pun cenderung berubah. Algoritma Google sebagai mesin pencari pun menyesuaikan hal itu dengan cara berfokus pada pencarian menggunakan percakapan natural. Di situlah Natural Language Processing beraksi, membantu Anda untuk menghindari semacam kekacauan bahasa yang mengacu pada data tidak terstruktur.

Baca juga :
Regular Expression untuk SEO
Mengenal Machine Learning, Teknologi Kecerdasan Buatan
YMYL: Mempelajari Trend Algoritma Google di Tahun 2022

Cara Kerja Natural Language Processing

Natural language processing memberikan akses kepada komputer dalam memahami bahasa alami seperti manusia. Bahasa ini dapat berupa lisan maupun tulisan. Pemrosesan bahasa menggunakan kecerdasan artifisial guna melakukan pengambilan input data. Dalam melakukan input, ada program-program khusus yang melakukan proses sesuai dengan tugasnya masing-masing.

Ada proses yang harus dilakukan sebelum menginjak ke pemrosesan data. Pembersihan serta persiapan data merupakan beberapa di antaranya. Agar mesin dapat dengan cepat melakukan analisis, persiapan dan pembersihan data perlu dilakukan.

Langkah-langkah dalam proses itu meliputi tokenisasi, menghentikan penghapusan kata, dan penandaan sebagian ucapan. Selain itu, penerapan Natural Language Processing juga berguna untuk mendeteksi spam, sebagai mesin penerjemah, chatbot, meringkas teks, maupun melakukan analisis media sosial.

Tantangan Dalam Menggunakan Natural Language Processing

Sudah bukan hal asing jika di setiap proses menuju sesuatu pasti ada tantangan dalam mencapainya. Dalam proses natural language processing, hal serupa pun kerap kali terjadi. Beberapa poin berikut merupakan tantangan-tantangan yang bisa saja anda hadapi dalam menerapkan NLP.

Baca juga :
Mengenal Google Trends untuk Riset Keywords
Apa itu Chatbot? Urgensinya untuk Proses Bisnis Anda
Apa itu Black Hat SEO? Alasan Taktik Ini Harus Dihindari
  1. Tantangan pertama yang mungkin akan anda hadapi ketika menerapkan NLP adalah tingkat presisi dari bahasa itu sendiri. Tak jarang ucapan manusia acap kali kurang tepat, menimbulkan keambiguan, serta memiliki struktur linguistik yang rumit. Masalah struktur linguistik dapat mengarah kepada banyaknya variabel kompleks dalam variasi bahasa layaknya bahasa gaul, perbedaan dialek tiap daerah, juga berpaku pada konteks sosial.
  2. Tantangan kedua berhubungan dengan nada suara dan juga infleksinya. Untuk memproses bahasa alami, NLP mungkin belum sempurna dalam melakukannya sebab analisis terkait aspek kebahasaan seperti analisis semantik kadang menjadi tantangan yang nyata. Sebagai contoh sarkasme, pada beberapa kasus, orang yang menjadi pendengar susah membedakan bagaimana atau apa ciri orang berkata sarkasme. Selain itu, nada suara juga menentukan arti dalam sebuah ucapan. Variasi aksen juga menjadi tantangan terkait dengan nada suara.
  3. Tantangan yang ketiga yakni berkaitan dengan perkembangan dalam menggunakan bahasa. Manusia sebagai penutur bahasa alami juga kadang dihadapkan dengan tantangan serupa seiring dengan berjalannya waktu. Cara penggunaan bahasa pun dapat berubah menyesuaikan perkembangan zaman. Sistem atau algoritma dari NLP menemukan hal itu sebagai sebuah tantangan.

NLP Dan SEO

Languanges
Languanges © Unsplash.com

Anda memiliki banyak pilihan saat menghadapi proses optimasi mesin pencari atau SEO. Ada banyak sekali aspek yang dapat Anda praktikkan guna mencapai hasil yang lebih maksimal. Selain itu, Anda juga bebas memilih kira-kira strategi mana yang lebih cocok untuk pola bisnis Anda dalam memproduksi maupun membagikan konten serta menentukan peringkat. Sama halnya dengan strategi lain, NLP juga bisa Anda jadikan salah satu pilihan dalam membantu upaya SEO.

Merujuk pernyataan Milos Krasinski pada laman Oncrawl, pada dasarnya, SEO dapat mencapai kesuksesan mulai dari sebuah data. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa NLP dapat membantu anda dalam melakukan pengolahan data sesuai dengan kebutuhan.

Cara NLP Menunjang SEO

Lantas, bagaimanakah cara NLP dalam menunjang upaya pengoptimalan mesin pencari SEO?

  1. NLP dapat membantu Anda dalam mendeskripsikan konten kepada mesin telusur. Selain NLP, para pengguna, konsumen, maupun sebuah organisasi juga dapat membantu dalam hal itu.
  2. NLP dapat membangun internal link serta membantu pengguna dalam menemukan konten. Sudah bukan hal asing bahwa internal link merupakan suatu komponen dalam upaya SEO. Selain itu, NLP juga membantu anda dalam melakukan evaluasi atas tingkat efektivitas pengalaman pengguna saat mengunjungi situs web milik anda.
  3. Memberikan rekomendasi maupun saran konten kepada para pengguna juga masuk dalam salah satu cara NLP membantu upaya optimasi mesin pencari. Rekomendasi yang ada dapat membantu dalam meningkatkan waktu tunggu para pengguna.
  4. Penargetan topik menjadi lebih mudah dengan Natural Language Processing. Seiring dengan berkembangnya algoritma mesin pencari, kini mesin pencari menjadi lebih bisa memahami niat pencarian yang dilakukan oleh para pengguna. Oleh karena itu, persaingan pun bergeser yang semula berpaku pada kata kunci kini menjadi relevansi topik yang anda sajikan dalam suatu konten.
  5. Membantu dalam menangani error 404 juga melakukan pengalihan cerdas. Hal ini bertujuan agar pengguna dapat dengan mudahnya menemukan halaman web sebenarnya yang ingin mereka kunjungi guna memperoleh informasi tertentu.

Kesimpulan

Sejatinya, teknologi NLP telah dikenalkan sejak 1950-an. Saat itu, mungkin saja kemampuan NLP dalam melakukan interpretasi belum dapat dikembangkan sehingga memungkinkan untuk membantu menunjang beberapa upaya tertentu seperti melakukan optimasi mesin telusur. Seiring dengan berkembangnya teknologi, kini anda dapat dengan mudahnya memanfaatkan teknologi satu ini dalam upaya SEO. Pahami bagaimana cara kerja dari NLP secara mendalam agar anda pun dapat memaksimalkan hasil dalam upaya peningkatan atau pengoptimasian.

Sekawan Studio menyediakan paket jasa pembuatan website profesional dan UMKM untuk membantu meningkatkan visibilitas situs di Google.

Bagikan:

Tampilkan lebih banyak rekomendasi topik.

Dapatkan informasi dan notifikasi update artikel terbaru dari kami, untuk menambah pengetahuan seputar dunia teknologi.

Anda mungkin juga menyukai.

Mulai Proyek!

Tentukan paket pilihan sesuai dengan bisnis Anda.

Informasi Personal

Jl. Maninjau Raya No. 44, Sawojajar, Kec. Kedungkandang, Kota Malang, Jawa Timur 65139

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.

Hubungi Kami.

Jl. Maninjau Raya No. 44, Sawojajar, Kec. Kedungkandang, Kota Malang, Jawa Timur 65139

Ingin bergabung dengan program kami?

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.