Micro Influencer: Influencer dengan Keterlibatan Relatif Tinggi.

Micro influencer mengacu pada sebutan untuk seorang influencer dengan atau yang memiliki pengikut media sosial lebih sedikit dari selebriti dan lebih banyak dari pengguna sosial media lainnya. Kisaran pengikut mereka berbeda-beda menurut beberapa ahli.
Micro influencer
Table of Contents

Jika anda menerapkan influencer marketing dalam proses bisnis anda, pastinya anda sudah tidak asing lagi dengan micro influencer, bukan? Atau mungkin beberapa dari anda sudah pernah mengajak micro influencer untuk bekerja sama dalam kegiatan bisnis anda? Jika belum, kami akan menghadirkan informasi seputar micro influencer.

Apa itu micro influencer? Lalu seperti apa dampaknya jika anda mengikutsertakan mereka ke dalam proses bisnis, utamanya pemasaran dan promosi dari konten, produk, maupun layanan milik perusahaan anda? Mari kita simak bersama penjabaran tentang micro influencer!

Pengertian Micro Influencer

Micro influencer mengacu pada sebutan untuk seorang influencer dengan atau yang memiliki pengikut media sosial lebih sedikit dari selebriti dan lebih banyak dari pengguna sosial media lainnya. Kisaran pengikut mereka berbeda-beda menurut beberapa ahli. Sebagian besar menyebutkan bahwa kisaran pengikut micro influencer adalah sekitar 3.000 sampai 10.000 atau bahkan 20.000.

Influencer yang bekerja sama dengan brand atau perusahaan tertentu, mereka menggunakan media sosial serta mengandalkan para pengikutnya untuk mempromosikan dan menjadikan mereka sebagai target marketing sesuai dengan minat tertentu. Mengapa belakangan ini banyak brand yang percaya dengan micro influencer untuk membantu proses marketingnya? Sebab micro influencer dapat dengan mudah menghubungkan brand dengan para audiens. Konten yang mereka buat terjamin keasliannya, dan juga mereka sudah memiliki pengetahuan atau cukup ahli dalam bidangnya.

Seperti yang kita ketahui, baru-baru ini influencer marketing menjadi tren karena memiliki potensi yang cemerlang untuk memperkuat visibilitas dari merek anda. Mengapa? Sebab semakin banyak orang mengenalnya, semakin banyak pula audiens yang menemukan produk merek anda dan membelinya. Pilihan kemitraan untuk proses marketing dewasa ini pun semakin meluas. Jumlah pengikut bukan satu-satunya faktor yang mempengaruhi keberhasilan dalam pemasaran.

Perlu diperhatikan bahwa influencer mikro merupakan influencer yang memiliki spesifikasi pada suatu bidang atau lingkup. Oleh karena itu, mereka juga bisa disebut sebagai niche influencer. Sekali lagi, jumlah pengikut tidak begitu menjadi masalah besar dalam proses pemasaran. Sebab, untuk apa memiliki banyak pengikut bahkan hingga jutaan atau lebih jika engagement atau keterlibatan dari para pengikutnya bahkan tidak sesuai dengan jumlah keseluruhan? Beberapa ahli memiliki pendapat bahwa tingkat efektivitas influencer mikro berfokus pada tingkat keterlibatan influencer itu sendiri dengan para pengikutnya.

Apa yang akan Didapatkan oleh Brand jika Bekerjasama dengan Micro Influencer?

Pengaruh Micro Influencer
Pengaruh Micro Influencer © Unsplash.com

Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya, influencer mikro memiliki pengikut relatif lebih kecil. Mereka hadir untuk berfokus pada suatu niche, di mana bidang itu adalah keahlian mereka. Pengikut mereka pun cenderung memiliki minat sama dengan bidang ahli dari influencer yang mereka ikuti.

Perusahaan anda dapat memanfaatkan ruang lingkup yang ada untuk memungkinkan tingkat penargetan yang mungkin tidak terjadi dengan para influencer makro. Lantas, apa sajakah hal yang perusahaan dapatkan melalui kerja sama itu? Mari simak beberapa poin di bawah ini!

1. Engagement (Keterlibatan)

Mereka mungkin memiliki jumlah pengikut relatif sedikit. Namun, intensitas interaksi para influencer mikro dengan para pengikutnya lebih sering dan juga apa adanya tanpa mengharapkan balasan yang diberikan oleh para audiens.

Oleh karena itu, saat anda memutuskan untuk bekerjasama dengan mereka, usahakan untuk menomorsatukan value dari produk atau layanan anda daripada fokus pada kegiatan promosi. Keterlibatan para pengikut mereka bisa dibilang cukup tinggi sebab mereka telah memperoleh kepercayaan dari para audiens.

2. Performa Konten Lebih Baik

Hubungan yang terjalin antara influencer mikro dengan para pengikut mereka selain dapat menguntungkan dari segi keikutsertaan juga dapat berguna untuk meningkatkan performa konten. Kita sudah mengetahui bahwa seluruh konten yang diproduksi atau dibuat oleh para influencer merupakan konten dengan keaslian terjamin.

3. Pendekatan Kreatif untuk Menentukan Target Audiens

Menentukan target audiens serta saluran mana yang paling cocok untuk melakukan pemasaran bergantung pada spesialisasi perusahaan anda. Sebagai contoh, perusahaan kecantikan kini banyak bergerak pada media sosial Instagram, yang mana juga merupakan salah satu area untuk influencer mikro. Melakukan kerja sama dengan mereka akan membantu anda dalam melakukan pendekatan secara kreatif sesuai dengan spesialisasi perusahaan anda.

Mengapa Memilih Micro Influencer?

Setelah membaca penjelasan tentang influencer mikro, apakah anda masih bingung dan mencari alasan kuat untuk melakukan kerja sama dengan mereka? Jangan khawatir! Kami akan sajikan beberapa alasan tentang mengapa memilih influencer mikro merupakan langkah tepat untuk dilakukan pada upaya pemasaran brand anda.

Micro influencer memiliki para audiens khusus sesuai dengan bidang keahlian mereka serta dapat memberikan pengaruh positif kepada para audiensnya dengan menyediakan akses berupa sebuah konten edukasi. Oleh karena itu, akan sangat menguntungkan bagi anda saat bekerja sama dengan para influencer mikro.

Mungkin kebanyakan orang di luar sana menganggap bahwa bekerja sama dengan influencer ternama dengan jutaan followers atau pengikut akan sangat menguntungkan bagi bisnis. Namun, nyatanya tidak seperti itu. Dikarenakan banyaknya jumlah pengikut, terkadang beberapa perusahaan tergiur untuk mengajak mereka bekerja sama. Alhasil, jika seorang influencer terlalu sering memposting kerja sama berbayar dengan beberapa perusahaan, hal itu akan membuat kepercayaan para pengikut cenderung menurun.

Berbeda dengan influencer mikro di mana mereka benar-benar mempertimbangkan tentang kerja sama dengan perusahaan, terutama saat berhubungan dengan kegiatan promosi. Mereka cenderung memilih brand yang memang ingin mereka dukung karena value dari brand serta ingin para pengikutnya mengetahui hal tersebut.

Selain itu, beberapa data membuktikan bahwa tingkat keikutsertaan atau keterlibatan serta konversi yang dimiliki oleh influencer mikro ternyata cenderung lebih tinggi karena pengikut mereka menaruh kepercayaan pada influencer itu. Pengikut mereka menganggap bahwa mereka adalah seorang teman dikarenakan intensitas interaksi yang mereka jalin.

Baca juga :
Memahami Brand Trust dan Cara Menerapkannya
Influencer Marketing Libatkan Para Influencer dalam Pemasaran

Tips untuk Memulai Kerja Sama

Sudah yakin dengan pilihan anda ingin melibatkan influencer mikro pada proses pemasaran? Jika sudah, kami akan membagikan beberapa tips untuk memulai melibatkan influencer mikro pada upaya pemasaran perusahaan anda. Layaknya proses pemasaran pada umumnya, anda perlu strategi yang tepat agar kerja sama antara perusahaan dengan influencer berjalan dengan lancar dan hasilnya pun maksimal.

  1. Pilih influencer mikro yang tepat dan sesuai dengan niche perusahaan anda: Dalam menemukan para influencer mikro, mungkin anda harus sedikit melakukan upaya lebih sebab terkadang gudang informasi seperti mesin pencari, database, maupun jejaring sosial belum menyebutkan mereka secara terang-terangan.
  2. Pertimbangkan tingkat keterlibatan influencer mikro: Pastikan bahwa para influencer mikro target anda telah melakukan pembangunan terhadap keterlibatan mereka. Dalam proses kerja sama, usahakan untuk tetap membangun keterlibatan untuk hasil yang lebih maksimal.
  3. Bekerja dengan orang-orang di jaringan influencer mikro: Lakukan kerja sama dengan para influencer mikro serupa untuk mempromosikan brand anda.
  4. Lakukan personalisasi pada brand anda: Usahakan untuk memikirkan tentang jangkauan dari kampanye yang akan anda buat. Pertimbangkan personifikasi dari proses pemasaran. Hindari membuat konten dengan kesan promosi dan menjual. Tunjukan empati bahwa anda peduli pada para audiens.

Kesimpulan

Hal yang perlu anda ingat sebelum memutuskan untuk bekerja sama dengan para influencer mikro adalah mereka cenderung bersikap selektif terhadap tawaran kerja sama, terutama dengan maksud promosi. Sebab mereka lebih cenderung mengutamakan value atau nilai yang dapat diberikan oleh suatu perusahaan terhadap dirinya maupun para pengikutnya. Saat membuat rancangan perencanaan upaya pemasaran, hindari kegiatan atau konten yang secara gambling menunjukkan indikasi kegiatan promosi.

Sekawan Studio menyediakan paket jasa pembuatan website profesional dan UMKM untuk membantu meningkatkan visibilitas situs di Google.

Bagikan:

Tampilkan lebih banyak rekomendasi topik.

Dapatkan informasi dan notifikasi update artikel terbaru dari kami, untuk menambah pengetahuan seputar dunia teknologi.

Anda mungkin juga menyukai.

Mulai Proyek!

Tentukan paket pilihan sesuai dengan bisnis Anda.

Informasi Personal

Jl. Maninjau Raya No. 44, Sawojajar, Kec. Kedungkandang, Kota Malang, Jawa Timur 65139

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.

Hubungi Kami.

Jl. Maninjau Raya No. 44, Sawojajar, Kec. Kedungkandang, Kota Malang, Jawa Timur 65139

Ingin bergabung dengan program kami?

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.