Mengulas OEM, Komponen Pihak Ketiga yang Mampu Menekan Biaya.

Original Equipment Managemet (OEM) memproduksi suku cadang yang digunakan oleh perusahaan lain untuk membuat produk baru. Perusahaan OEM umumnya memproduksi barang untuk bidang otomotif dan komputer.
OEM
Table of Contents

Original Equipment Management (OEM) membuat sistem atau komponen yang digunakan dalam produk akhir perusahaan lain. Produsen komputer, misalnya, biasanya menggabungkan atau mengintegrasikan suku cadang OEM – seperti prosesor dan perangkat lunak – ke dalam solusi yang mereka jual.

OEM dapat menghemat waktu dan uang. Komponen pihak ketiga memungkinkan perusahaan untuk fokus pada bisnis intinya daripada harus mengembangkan setiap bagian atau sistem tersier.

Pelanggan akhir, seperti departemen TI, dapat menangani produk dan sistem yang dibundel yang melibatkan beberapa OEM dan vendor pihak ketiga. Beberapa bentuk kontrol terpusat biasanya diperlukan untuk memastikan keandalan dan ketersediaan sistem secara keseluruhan. 

Mengenal OEM

Original Equipment Management atau OEM adalah perusahaan yang memproduksi dan menjual produk atau bagian dari suatu produk yang dijual oleh pembeli mereka, perusahaan lain, kepada pelanggannya sendiri sambil menempatkan produk di bawah mereknya sendiri. OEM umumnya beroperasi di industri otomotif dan komputer.

Original Equipment Management sering kali merupakan klien langsung dari perusahaan ritel yang menjual langsung ke konsumen . Misalnya, bagian komputer laptop Lenovo tidak semuanya diproduksi oleh Lenovo. Beberapa bagian, seperti prosesor atau modul memorinya, mungkin merupakan produk OEM.

Istilah Original Equipment Manufacturer (OEM) awalnya mengacu pada perusahaan yang memasok peralatan ke perusahaan lain untuk dijual kembali atau digabungkan ke dalam peralatan mereka sendiri untuk dijual. Original Equipment Management sekarang digunakan untuk merujuk pada produk yang diakuisisi oleh perusahaan untuk digunakan kembali atau dimasukkan ke dalam produk lain menggunakan nama merek pengecer. Terkadang, OEM digunakan untuk merujuk pada perusahaan yang membuat produk akhir menggunakan suku cadang dari pabrikan lain.

Original Equipment Management adalah perusahaan yang membuat subsistem atau suku cadang yang digunakan oleh perusahaan lain untuk membuat produk akhir. Contohnya adalah Acme Manufacturing Company yang membuat kabel daya yang digunakan di komputer Dell; dalam hal ini Acme manufacturing Co. adalah OEM.

Bagaimana Cara Kerja OEM

Awalnya, Original Equipment Management berlaku untuk penjualan bisnis ke bisnis, di mana produsen komponen hanya dapat menjual ke produsen peralatan. Namun, ini telah berubah dari waktu ke waktu dan produsen komponen dapat menjual suku cadang mereka langsung ke pengguna akhir. Contohnya adalah ketika produsen menjual kartu grafis, prosesor, dan memori kepada individu yang membangun komputer mereka sendiri.

Arti istilah OEM telah berkembang dari waktu ke waktu dan terkadang ada beberapa tumpang tindih. Ada kalanya Original Equipment Management mengacu pada perusahaan yang membuat komponen dan kemudian menjualnya ke produsen peralatan atau pengecer nilai tambah.

Namun, definisi OEM yang lebih baru mengacu pada produsen produk akhir yang menggunakan suku cadang untuk membangun sistem seperti komputer. HP, Dell, Lenovo Acer, dapat dianggap sebagai Original Equipment Management ketika mereka membeli suku cadang seperti hard disk, memori, catu daya, dan komponen lain untuk dirakit dan merek komputer yang mereka jual dengan nama mereka sendiri

Original Equipment Management bekerja dengan memproduksi barang yang dapat dijual langsung ke bisnis lain sehingga mereka dapat memproduksi produk baru, dan menjualnya dengan nama merek mereka. Berikut adalah ikhtisar tentang cara kerja Original Equipment Management.

  1. VAR memesan produk Original Equipment Management. Proses OEM dimulai dengan hubungan antara VAR dan perusahaan OEM. VAR (atau klien) akan memesan produk tertentu dari OEM yang dapat berupa apa saja mulai dari suku cadang mobil hingga microchip hingga pegangan. Terkadang, produk OEM ini akan berisi merek VAR, seperti logo atau jenis lencana merek lainnya.
  2. Original Equipment Management memproduksi produk . Selanjutnya, OEM membuat jumlah produk tertentu yang dipesan VAR. Ini dapat dilakukan di pabrik.
  3. Original Equipment Management menjual produk mereka ke VAR . Setelah OEM menyelesaikan pesanan klien mereka, mereka mengirimkan produk mereka ke VAR. VAR membayar OEM.
  4. VAR merakit produk Original Equipment Management mereka untuk menciptakan produk baru . VAR akan merakit bagian-bagian dari produk mereka (terkadang dibeli dari OEM yang berbeda) untuk membuat produk akhir. Mereka menambahkan nama brand mereka ke dalamnya, dan menjualnya kepada konsumen.

Perangkat Lunak dan Perangkat Keras OEM

Ada perangkat lunak Original Equipment Management dan perangkat keras OEM. Namun, perangkat lunak OEM tidak terlalu umum. Beberapa produk perangkat lunak OEM termasuk versi sistem operasi Windows, perangkat lunak produktivitas, utilitas sistem dan aplikasi keamanan. Perangkat lunak berlisensi OEM ini tidak dilengkapi dengan dukungan teknis; melainkan disertakan dengan beberapa logo dan dokumentasi dasar. Pembangun sistem menyediakan dokumentasi sistem serta dukungan teknis.

Sebagian besar produk Original Equipment Management ini disesuaikan untuk mesin tertentu, artinya OEM Windows untuk komputer Dell tidak akan berfungsi pada HP, Lenovo, dan komputer lain dari produsen yang berbeda. Selain itu, perangkat lunak mungkin tidak berfungsi pada model Dell lain selain yang telah disesuaikan. Perangkat lunak OEM lebih murah dibandingkan dengan versi ritel lainnya tetapi mungkin tidak berfungsi di komputer lain.

Perangkat keras Original Equipment Management lebih murah daripada yang ditemukan di toko ritel. Keduanya memiliki kemampuan dan tingkat kinerja yang sama; namun, Original Equipment Management tidak mengirimkan dengan tambahan yang mungkin diperlukan untuk berfungsi. Misalnya, prosesor komputer OEM dapat dikirimkan tanpa kipas pendingin, hard drive atau kartu video dapat dikirimkan tanpa kabel atau adaptor yang diperlukan untuk pemasangan. Sama seperti perangkat lunak, perangkat keras OEM mungkin memiliki batasan pada dukungan teknis.

Beberapa produsen mungkin menggunakan dua versi kemasan untuk produk mereka:

  • Salah satu versinya adalah ketika produsen mendistribusikan produk atau komponennya melalui pengecer atau saluran resmi. Produk-produk ini didistribusikan tanpa kemasan ritel, sementara sebagian besar waktunya lebih murah bagi mitra Original Equipment Management dan pengecer nilai tambah. Ini biasanya dijual dalam volume besar dibandingkan dengan produk eceran individu.
  • Integrator sistem dapat membeli produk Original Equipment Management dalam jumlah besar untuk memproduksi secara massal sistem pra-pembuatan bermerek mereka. Pengecer kemudian akan mengumpulkan suku cadang yang berbeda dari pabrikan yang berbeda dan memberikan garansi sistem lengkap atas nama pabrikan. Pabrikan Original Equipment Management bekerja sama dengan pengecer untuk menyesuaikan beberapa produk seperti catu daya.
  • Pada versi kedua, produsen menggunakan merek sendiri dan mendistribusikan produk langsung ke konsumen. Selain itu, ini dilengkapi dengan dokumentasi dan dukungan tidak seperti produk yang dipasok ke produsen atau pengembang lain.

Kedua versi tersebut biasanya memiliki kualitas yang sama, tetapi memiliki cara distribusi, harga, dan dukungan yang berbeda. Produk Original Equipment Management untuk pengecer mungkin kekurangan manual, kabel penghubung, dan aksesori lain seperti kipas pendingin. Garansi juga mungkin berbeda.

Baca juga :
Cara Kerja SSH dan Manfaat Penggunanya Pada Server

OEM vs Aftermarket : Apa Perbedaannya?

Produk yang dibuat oleh OEM dan suku cadang aftermarket serupa, karena keduanya menghasilkan suku cadang yang dirakit untuk membuat produk merek yang dapat dikenali. Namun, ini adalah bagaimana keduanya berbeda.

1. Produk Original Equipment Management (OEM)

Produk Original Equipment Management dipesan secara khusus oleh VAR untuk menyelesaikan pembuatan produk yang mereka jual ke konsumen. Konsumen dapat membeli langsung dari OEM, tetapi lebih jarang daripada konsumen yang membeli produk aftermarket yang merupakan komponen pengganti generik untuk suatu barang. Mereka cenderung lebih mahal daripada produk aftermarket.

2. Produk Aftermarket

Produk aftermarket : Produk aftermarket biasanya tidak termasuk dalam rantai pasokan awal atau pembuatan produk VAR. Sebaliknya, mereka diproduksi secara umum dengan harga yang sedikit lebih rendah daripada produk Original Equipment Management, biasanya sebagai suku cadang pengganti jika komponen suatu barang rusak atau tidak lagi dalam garansi. Mereka cenderung lebih murah daripada produk OEM.

Contoh OEM

Ketika produsen teknologi komputer membuat produknya, misalnya kartu grafis komputer, biasanya mereka akan membuat dua atau lebih versi produk. Satu versi didistribusikan oleh pabrikan langsung ke pasar ritel konsumen, menggunakan mereknya sendiri dan menawarkan garansi dan dukungannya sendiri.

Versi lain dari produk yang diproduksi didistribusikan melalui OEM pabrikan dan saluran distribusi pengecer resmi. Biasanya produk ini memiliki kualitas yang sama dengan versi eceran, tetapi garansi mungkin berbeda, manual dan perangkat lunak yang disertakan mungkin tidak ada, dan kabel serta konektor yang diperlukan untuk pemasangan mungkin tidak disertakan. Dalam beberapa kasus, mungkin sejumlah besar produk dibeli dalam jumlah besar oleh Original Equipment Management untuk produksi massal sistem pra-bangun.

Kesimpulan

Itu semua yang perlu Anda ketahui tentang produk Original Equipment Management. Aman untuk dibeli dan seringkali lebih murah, tetapi waspadalah terhadap kurangnya dukungan yang akan Anda terima.

Kemungkinan Anda sedang melihat produk OEM karena Anda ingin membangun komputer Anda sendiri. Jika demikian, pastikan untuk menggunakan pembuat PC khusus atau situs web penawaran untuk memastikan Anda mendapatkan komponen termurah.

Sekawan Studio membuka layanan jasa pembuatan website untuk membantu memasarkan bisnis anda dan meningkatkan ranking situs anda agar mencapai SERP Google.

Bagikan:

Tampilkan lebih banyak rekomendasi topik.

Dapatkan informasi dan notifikasi update artikel terbaru dari kami, untuk menambah pengetahuan seputar dunia teknologi.

Anda mungkin juga menyukai.

Mulai Proyek!

Tentukan paket pilihan sesuai dengan bisnis Anda.

Informasi Personal

Jl. Maninjau Raya No. 44, Sawojajar, Kec. Kedungkandang, Kota Malang, Jawa Timur 65139

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.

Hubungi Kami.

Jl. Maninjau Raya No. 44, Sawojajar, Kec. Kedungkandang, Kota Malang, Jawa Timur 65139

Ingin bergabung dengan program kami?

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.