LMS Adalah Software Terkini Untuk Kemajuan Pendidikan.

LMS merupakan sistem pembelajaran online yang berbasis web. Sistem yang komprehensif yang mampu mengakomodasikan peran pendidik, siswa,monitoring serta evaluasi pembelajaran.
LMS-dalam-pendidikan
Table of Contents

Definisi LMS  

LMS adalah aplikasi yang marak digunakan beberapa tahun terakhir ini. Apa itu Learning Management System? Beberapa tahun belakangan semenjak adanya COVID-19 yang mewabah di Indonesia, maka pemerintah membuat aturan untuk menghindari kerumunan, PPKM, work from home, serta belajar dari rumah. Tentunya sedikit banyak kebiasaan dan metode pembelajaran guru dengan siswa berbeda, bukan? Nah, dari masalah yang ini tentunya melahirkan sebuah inovasi teknologi berupa media pembelajaran berbasis web untuk meningkatkan kualitas dan keefektifan proses belajar mengajar agar tetap berjalan dengan baik. 

LMS adalah sistem pengelolaan pembelajaran online terintegrasi yang bersifat komprehensif yang didalamnya mampu mengakomodasikan peran pendidik, siswa,monitoring serta evaluasi pembelajaran. LMS ini mampu secara efektif menjaga dan meningkatkan performa peserta didik dengan signifikan karena fitur – fitur yang disediakan. 

Fitur – Fitur LMS

Lms
Fitur – Fitur LMS © Pexels.com

LMS adalah aplikasi yang penting untuk kemajuan pendidikan. Beberapa fitur – fitur LMS yang mendukung proses pembelaran online, antara lain:

User Interface Yang Ramah Digunakan

LMS yang berkualitas tentunya dirancang sedemikan rupa dan dapat diakses oleh semua orang secara mudah dan sederhana. LMS dengan user interface yang baik akan menyamankan user terutama peserta didik dan guru  untuk mengikuti kegiatan belajar mengajar.  

Desain Mode Responsif

Saat peserta didik belajar secara online menggunakan gawai, tablet, ataupun laptop , maka tampilan yang muncul di desktop berbeda tata letaknya. Hal ini menunjukkan bahwa LMS adalah aplikasi yang didesain secara responsif agar tak lain untuk penyesuaian space dan dimensi dari media elektronik peserta yang  didik digunakan

Analitik Pembelajaran Akurat

LMS adalah aplikasi yang bisa untuk menganalisa. Pasti seorang guru ingin mendapatkan hasil kegiatan belajar mengajar dengan baik meskipun dilakukan secara jarak jauh. Maka, fitur selanjutnya yang tersedia di LMS adalah fitur analitik yang secara otomatis bisa mengetahui keaktifan setiap peserta didik selama pembelajaran berlangsung. Dengan mendapati angka tertera di grafik analitik maka, guru akan mudah menemukan dan mempertimbangkan langkah selanjutnya seperti apa guna meningkatkan performa peserta didik. 

Ruang Diskusi Yang Interaktif

Tentunya, kegiatan belajar mengajar tidak asyik jika hanya satu pihak saja. LMS bisa digunakan untuk melaksanakan kegiatan diskusi secara leluasa meskipun dilakukan daring oleh guru dan peserta.

LMS adalah software pendidikan yang menyuguhkan fitur kamera, record, kolom chat untuk bertanya, hingga penampil slide untuk presentasi materi bisa memudahkan penyampaian ilmu dan materi.

Manajemen Kegiatan Belajar

Kapasitas yang bisa dimuat aplikasi LMS cukuplah besar. Materi yang tersusun bisa ditampung dan didistribusikan ke peserta didik dengan baik, tidak ada hambatan dalam proses penyampain materi jika beberapa hal mendukung kegiatan tersebut. 

Laporan Untuk Evaluasi

Fitur – Fitur yang terakhir dari LMS adalah hasil dari monitoring kegiatan belajar peserta didik.  Laporan yang tertera bisa digunakan untuk evaluasi akademis peserta didik berdasarkan kemampuan dan daya tangkap siswa terhadap pembelajaran. Hal ini sangat krusial jika tidak diperhatikan, karena sama halnya dengan belajar tanpa tujuan. Ketika tidak ada tindakan evaluasi,maka performa belajar tidak akan meningkat. 

Baca juga :
Tool Wajib UI/UX Designer
Cara Mudah Uji Kecepatan Internet Anda Hanya Dengan 1 Ketukan!

Kelebihan & Kekurangan LMS

Ezgif.com Gif Maker 16
Peranti Untuk Mengakses LMS © Pexels.com

LMS adalah aplikasi yang juga perlu adanya penyempurnaan. Tidak ada gading yang tak retak, tak terkecuali aplikasi perangkat lunak. LMS memiliki kelebihan dan kekurangan, diantaranya adalah:

Kelebihan LMS

  • Biaya yang dikeluarkan lebih murah untuk pembelajaran online (daring).
  • Belajar lebih efisien, karena bisa dilakukan dimana saja.
  • Secara tidak langsung membuat peserta didik lebih melek tentang teknologi.
  • Melatih peserta didik untuk mandiri dan bertanggung jawab.
  • Mempermudah guru untuk mengatur materi yang akan disampaikan ke peserta didik.
  • Dokumen dan hasil kerja peserta didik bisa tertata dan tersusun rapi sehingga memudahakam guru untuk meninjau nilai
  • LMS adalah aplikasi yang user friendly pasti membuat pengguna nyaman, apalagi ditambah dengan fitur pelengkap seperti gambar, animasi, suara sehingga pembelajaran tidak membosankan.

Kekurangan LMS

  • Mengakses LMS membutuhkan koneksi internet yang stabil.Sayangnya kondisi geografis Indonesia yang beragam dan pemerataan jaringan internet yang kurang memadai bisa menjadi hambatan untuk mengaksesnya.
  • Pembelajaran kurang interaktif. Tak bisa dipungkiri, pembelajaran daring terasa kurang leluasa dibandingkan dengan pembelajaran secara luring (tatap muka). Efek yang terjadi akibat pembelajaran yang kurang interaktif adalah beberapa peserta didik mengalami kesulitan untuk menangkap ilmu yang disampaikan. Sehingga perlu diadakan inovasi pembelajaran baru untuk menunjang nilainya. 
  • Membutuhkan perangkat untuk mengaksesnya. LMS hanya bisa diakses jika menggunakan perangkat, seperti smartphone, tablet,PC, atau laptop. Maka, akan menjadi kendala jika peserta didik tidak mempunyai perangkat elektronik untuk mengaksesnya.

Nah, itu dia definisi LMS, fitur – fitur LMS, serta kelebihan dan kekurangannya. Bagaimana? Tidak sabar kan untuk menggunakan LMS sebagai media belajar mengajar? Pasti terasa mengasyikkan jika belajar berbasis teknologi informasi. Sampai jumpa di artikel berikutnya.

Sekawan Studio menawarkan paket jasa pembuatan website terbaik dan profesional di Malang. Kunjungi laman resmi kami dan dapatkan berbagai penawaran khusus sesuai dengan kebutuhan Anda.

Bagikan:

Tampilkan lebih banyak rekomendasi topik.

Dapatkan informasi dan notifikasi update artikel terbaru dari kami, untuk menambah pengetahuan seputar dunia teknologi.

Anda mungkin juga menyukai.

Mulai Proyek!

Tentukan paket pilihan sesuai dengan bisnis Anda.

Informasi Personal

Jl. Maninjau Raya No. 44, Sawojajar, Kec. Kedungkandang, Kota Malang, Jawa Timur 65139

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.

Hubungi Kami.

Jl. Maninjau Raya No. 44, Sawojajar, Kec. Kedungkandang, Kota Malang, Jawa Timur 65139

Ingin bergabung dengan program kami?

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.