Keyword Adalah Hal Penting Dalam SEO, Pahami Tips & 3 Jenisnya.

Keyword SEO adalah salah satu indikator keberhasilan dalam optimasi SEO. Dengan mengetahui penempatan dan pemilihan keyword akan berpeluang mendapatkan peringkat di SERP
Optimasi keyword SEO
Table of Contents

Keyword adalah hal pertama yang diperhatikan dalam pembuatan konten. Karena keyword adalah sebuah kata kunci yang mewakili isi konten yang akan diakses. Apakah kalian menyadari kata yang kalian tulis di mesin pencarian Google merupakan sebuah “kata kunci” yang berperan vital untuk mencari informasi dari apa yang kalian cari? Keyword adalah hal yang mengantar kalian untuk mengulik lebih dalam lagi mengenai hal – hal yang belum kalian ketahui yang terpapar di artikel – artikel yang bertebaran di website.

Keyword adalah salah satu indikator keberhasilan dalam optimasi SEO, maka pemilihan keyword yang sesuai sangat mungkin menggaet audiens untuk menghasilkan leads maupun konversi. Dirangkum pada tekno.kompas.com,  penduduk Indonesia sekitar 202,6 jt berselancar di Internet, diantaranya yaitu mengakses internet menggunakan smartphone sebanyak 96,4 %. Dari presentase  tersebut, pastinya mereka menjelajah internet dengan memasukkan keyword untuk mencari apa yang mereka cari, entah itu berita terhangat, harga barang, maupun materi soal.

Definisi Kata Kunci

Arti Keyword
Arti Keyword © Unplash.com

Keyword adalah suatu kata atau frasa yang mengandung gagasan atau hal penting yang digunakan untuk mencari suatu hal. Seperti penjelasan di atas, ketika kalian ingin mencari sesuatu yang penting untuk memuaskan rasa penasaran, kalian bisa ketik kata kunci di mesin pencarian Google. Googlebot akan menjalankan perintah dari apa yang kalian ketik. Googlebot akan melakukan crawling beberapa detik, sebelum melakukan proses index dan ranking pada konten website yang berisi kata kunci yang relevan.  

Sebenarnya ada banyak mesin pencarian informasi digital yang ada di dunia, seperti Bing, Yahoo, Ask. Namun yang paling populer adalah Google. Ada beragam behavior manusia untuk mencari sesuatu di Google. Hal ini dibuktikan dengan munculnya kata kunci Google unik,sedikit nyeleneh, maupun kata kunci Google yang menarik.

Pastikan kata kunci Google yang kalian ketik relevan dengan apa yang ingin kalian cari supaya Google dapat merangking secara akurat artikel yang berkualitas untuk kepentingan kalian. Nah, pada artikel ini kalian akan memahami seputar kata kunci atau keyword lebih dalam lagi berdasarkan jenis – jenisnya. Simak ya!

Jenis – Jenis Kata Kunci Dalam SEO

Jenis – jenis kata kunci dalam SEO dibedakan menjadi beberapa jenis. Pembedaan berdasarkan jenis bisa dibagi berdasarkan panjang kata kunci, jenis kata kunci, dan target kata kunci tersebut.

Berdasarkan Panjangnya

Short Tail Keywords

Umumnya, short tail keywords ini memiliki 1-2 kata saja. Keyword ini memang terlihat praktis dan simpel. Keyword ini juga banyak dicari oleh orang – orang ketika mencari informasi di internet. Dengan mengetik beberapa kata di mesin pencarian maka akan tampil hal – hal yang relevan dengan yang mereka cari.

Namun, kekurangan menggunakan ini keyword adalah short tail keyword dalam optimasi SEO maka akan memiliki persaingan yang ketat yang terlihat dari Keyword Difficulty (KD) yang tinggi. Maka, perlu diusahakan pemilihan kata kunci yang lebih panjang untuk mendapatkan kualitas konten yang baik. 

Contoh keywords: hukum Indonesia, kebun binatang, meja makan, sepeda baru, kalender hijriyah, dll.

Baca juga :
Ketahui Cara Optimasi SEO Untuk Website Anda
Tertarik Untuk Memulai Bisnis Start Up? Begini Caranya!

Long Tail Keywords

Long tail keywords ini berbanding terbalik dengan short tail keywords. Keywords ini memiliki lebih dari 2 kata. Keywords ini sering dipakai untuk salah satu optimasi SEO agar konten website berada di halaman terdepan SERP (Search Engine Result Page). Biasanya pemilihan long tail keyword adalah memiliki tingkat Keyword Difficulty (KD) yang tidak terlalu besar. Maka konten website berpeluang lebih besar untuk menduduki peringkat pertama pada halaman pencarian Google. 

Tentunya, cara ini tidak serta merta membuat konten berada di halaman pertama mesin pencarian. Kembali lagi, strategi SEO On-Page yang lain juga perlu dipertimbangankan dengan baik. Contoh strategi SEO On-Page yang lain adalah pengoptimalan meta title,meta description, penulisan URL, dll. SEO – Off Page seperti penambahan backlink juga perlu dilakukan untuk menunjang kualitas konten. 

Contoh keywords: apa itu digital marketing, cara menentukan target market,  harga tiket pesawat  Bandung – Surabaya, dll. 

Berdasarkan Durasi

Keyword yang berdasarkan durasi terbagi menjadi dua, yaitu keywords abadi (evergreen) dan keyword musiman. Keyword abadi (evergreen) adalah kata kunci yang selalu ada, tidak habis di makan waktu. Dipastikan setiap hari, user atau pengguna mengetik keyword tersebut. Ini adalah keyword evergreen juga tentunya terdapat di konten evergreen. Konten evergreen adalah konten yang memuat  topik yang relevan dalam jangka waktu yang panjang.

Nah, konten website harus relevan dengan perkembangan zaman, tak terkecuali konten evergreen. Maka perlu dilakukan pembaruan keyword, pembaruan isi konten, serta membuat penyajian baru dalam konten seperti memberikan tutorial atau prosedur untuk melakukan sesuatu. Contoh keyword adalah adalah cara meredakan sakit kepala, menyikat sepatu dengan baik dan benar, ide menu bekal sekolah untuk anak – anak, dll.

Selanjutnya, adalah keyword musiman. Keyword musiman ini mempunyai keterkaitan dengan tren yang baru baru terjadi. Keyword ini merupakan keyword yang muncul saat momen tertentu – tertentu saja, tidak seintens seperti keywords evergreen. Keyword musiman identik dengan berita – berita hangat yang sedang terjadi, namun ketika berita tersebut sudah usang termakan waktu, maka keywords jenis ini akan hilang.

Contoh keyword ini musiman adalah formula 1, Skor Manchester VS Chelsea, tragedi berdarah Kanjuruhan, menu takjil bulan Ramadhan, dll.

Target Pasar
Target Pasar © Unsplash.com

Berdasarkan Target Pasar

Jika ingin mendapatkan konversi, maka perusahaan harus mengetahui dan memahami produk yang dijual dan target pasar yang ingin mereka jual. Keywords yang dibentuk berdasarkan target pasar dibagi menjadi beberapa bagian, yaitu:

Market Segment Keyword

Market segment keyword adalah kata kunci yang berkaitan dengan brand yang dijual. Sifat dari kata kunci segmen market ini sebenarnya luas, namun ketika seseorang mencari menggunakan keywords ini maka ada kemungkinan terjadinya suatu konversi terbuka lebar. Contohnya adalah rok plisket, hijab pashmina murah, sepatu olahraga.

Products Keyword

Product keyword adalah keywords yang mengandung kata yang spesifik dari  suatu brand. Keyword adalah penting ketika mengoptimasi sebuah konten. Biasanya user sebelum mencari menggunakan keywords ini, user sudah  mengetahui informasi tentang produknya. Hanya saja, mereka ingin mencari lebih dalam supaya mereka menjadi yakin untuk membelinya. 

Dan ketika sampai terjadi konversi, maka pemilihan keywords tersebut dinyatakan berhasil. Contoh keywords ini antara lain, tas supreme series SS18, sepatu Nike Air Zoom Pegasus.

Geo-Target Keyword

Geo Targeted keyword adalah kata kunci yang ditulis dengan spesifik lokasi. Biasanya terpikir untuk mengetik keyword adalah ketika seseorang sedang mencari tempat terdekat untuk beristirahat, maupun mencari sesuatu yang bisa dijangkau. Contohnya antara lain: hotel murah di Malang, sewa mobil Jakarta, dll.

Cara Riset Kata Kunci Yang Tepat

Keyword Untuk Bisnis
Keyword Untuk Bisnis © Pexels.com

Mengapa riset kata kunci itu penting? Karena membantu kita untuk mengetahui secara persis apa target audiens yang kita cari dan seberapa sulit kompetisinya. Yang kedua adalah sebagai landasan untuk membuat halaman produk. 

Berikut adalah keywords research tips untuk mencari kata kunci yang tepat, antara lain:

Memahami Bisnis Anda

Konten website bisnis yang baik adalah konten yang bisa menjangkau audiens dengan baik. Hal itu tidak terlepas dari riset kata kunci yang tepat. Perlu adanya pemahaman terkait produk yang akan dijual. Tujuan dari riset kata kunci antara lain untuk meningkatkan sales (penjualan), menggaet pelanggan secara soft selling, dan meningkatkan brand awareness pada customer.

Analisa Current Keywords

Pengoptimalan konten bisa berhasil secara tidak langsung karena adanya pemikiran kritis terhadap strategi SEO yang akan digunakan. Sebaiknya pilihlah kata kunci yang bervolume besar dengan tingkat kesulitan yang rendah, atau memilih kata kunci dengan volume yang sedang dengan tingkat kesulitan rendah atau sedang.  

Mengumpulkan Keywords Terkait

Pengumpulan keyword bisa menggunakan berbagai cara. Salah satunya adalah brainstorming. Brainstorming bisa dilakukan dengan membuka pikiran dan mencari ide terhadap topik yang terkait. Namun hal ini kurang disarankan karena sifatnya yang terbatas. Maka perlu penggunaan tools seperti Ahrefs, SEMrush, Ubersuggest, Google Keyword Planner, dsb untuk mendapatkan keywords yang berkualitas

Kategorisasi Keywords

Kategori keywords dilakukan ketika kalian sudah memahami search intent yang dilakukan oleh user. Search intent berguna untuk memahami maksud user saat mengetikkan keywords di mesin pencarian. Search intent dibagi menjadi menjadi tiga antara lain informational, navigational, dan transactional. Informational keywords adalah keywords yang digunakan user untuk mencari informasi tertentu. Contohnya antara lain keywords adalah, pengertian designer, cara membuat kue. 

Navigational keywords adalah keywords navigasi yang digunakan user untuk menuju ke website yang ingin mereka cari tahu. Contohnya adalah Shopee, Tokopedia, Google Search Console, dll. Sedangkan transactional keywords adalah kata kunci yang digunakan user untuk mencari harga suatu barang atau jasa yang dijual. Contohnya adalah harga tiket pesawat Jakarta – Bali, jual mobil bekas Surabaya, sewa apartemen murah di Bandung. 

Sekawan Studio menawarkan paket jasa pembuatan website terbaik dan profesional di Malang. Kunjungi laman resmi kami dan dapatkan berbagai penawaran khusus sesuai dengan kebutuhan Anda.

Bagikan:

Tampilkan lebih banyak rekomendasi topik.

Dapatkan informasi dan notifikasi update artikel terbaru dari kami, untuk menambah pengetahuan seputar dunia teknologi.

Anda mungkin juga menyukai.

Mulai Proyek!

Tentukan paket pilihan sesuai dengan bisnis Anda.

Informasi Personal

Jl. Maninjau Raya No. 44, Sawojajar, Kec. Kedungkandang, Kota Malang, Jawa Timur 65139

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.

Hubungi Kami.

Jl. Maninjau Raya No. 44, Sawojajar, Kec. Kedungkandang, Kota Malang, Jawa Timur 65139

Ingin bergabung dengan program kami?

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.