Fleksibilitas Work from Home (WFH).

WFH bisa dilakukan dimana pun dan kapan pun karena mengandalkan jaringan internet. Meskipun terdapat beberapa pekerjaan yang tidak dapat dilakukan secara daring, maka pengerjaan tugas di lapangan maupun di kantor akan dilaksanakan dengan protokol kesehatan ketat.
WFH
Table of Contents

Covid-19 yang secara tiba-tiba menyerang seluruh negara di dunia membuat seluruh elemen dalam masyarakat kacau balau. Dalam dua tahun terakhir masyarakat diharuskan hidup berdampingan dengan wabah Covid-19. Namun, keadaan ini tidak membuat kita harus hidup dalam ketakutan. Pada tahun 2020 akhir, pemerintah mengeluarkan cara hidup normal yang baru atau new normal. Kebijakan ini dibuat untuk mengembalikan tatanan normal pada masyarakan tetapi di satu sisi masyarakat harus tetap berwaspada dengan Covid-19. 

Selain itu, pemerintah juga membuat kebijakan work from home (WFH)  dan work from office (WFO). Melalui kebijakan ini, para karyawan dituntut untuk tetap bekerja meskipun tidak diawasi oleh atasannya dan harus menyelesaikan pekerjaannya dengan baik.

Definisi WFH

Work from home atau WFH artinya bekerja dari rumah. WFH adalah sistem bekerja dari rumah atau dari mana pun sesuai keinginan karyawan seperti di cafe ataupun tempat lain. Sistem kerja WFH pada nyatanya sangat fleksibel sebab pekerjaan yang dilakukan bisa dilakukan dari mana pun dan kapan pun. Terlebih dengan WFH karyawan tidak diharuskan bekerja sesuai jam kantor, mereka hanya perlu menyelesaikan job desc yang diberikan secara baik. Hal ini tentunya akan menjaga keseimbangan bekerja dan kehidupan. Sistem WFH ini mulai diterapkan ketika pandemi Covid-19 menyerang. Hal ini menjadi solusi yang ampuh demi mengurangi terjadinya penularan virus Covid-19 akibat interaksi sosial.

Kelebihan WFH

Keluarga
Keluarga ©Unsplash

1. Fleksibel

WFH memiliki fleksibilitas dan produktivitas kerja yang tinggi karena dengan WFH karyawan tidak perlu terpaku pada jam kerja yang biasanya dimulai dari pukul 8 pagi hingga 5 sore. Karyawan bisa mengerjakan tugas kapan pun tanpa harus mengikuti jam kantor. Terlebih mereka bisa lebih santai karena tidak perlu berpakaian rapi dan bisa sekaligus melakukan hal lain. 

2. Menghemat Pengeluaran

Melakukan kerja di rumah tentunya akan menghemat pengeluaran karyawan. Mereka tidak perlu mengeluarkan biaya transport dan makan siang. Mereka dapat memanfaatkan makanan yang ada di rumah untuk makan siang sehingga tidak perlu mengeluarkan biaya. Selain itu, mereka juga tidak perlu mengeluarkan biaya lainnya seperti biaya membeli kopi, nongkrong setelah pulang kerja dan biaya lainnya.

3. Mendekatkan Diri dengan Keluarga

Bekerja di rumah tentunya karyawan akan memiliki lebih banyak waktu bersama keluarganya. Dari yang awalnya mereka hanya akan bertemu setelah pulang kantor, kini mereka bisa menikmati hari-hari bersama lebih lama. Keadaan ini akan mempererat hubungan dengan keluarga.

Baca Juga:
Apa Sih Perbedaan Front End Developer dan Back End Developer?
Feedback: Kunci Kesuksesan

Kekurangan WFH

1. Jam Kerja Tidak Teratur

Kekurangan dari bekerja secara WFH yakni jam kerja yang tidak teratur. Karyawan yang terbiasa untuk bekerja dari rumah akan memiliki jam kerja yang tidak teratur dan cenderung berubah-ubah. Di satu sisi ada karyawan yang akan terus-terusan bekerja tanpa menghiraukan waktu dan ada juga karyawan yang suka menunda dan hanya akan bekerja disaat dia ingin bekerja. Hal ini tentunya akan berdampak pada gaya hidup yang tidak teratur dan akan mempengaruhi kesehatan.

2. Terganggu Keluarga

Bekerja dari rumah juga akan mengganggu konsentrasi karena aktivitas anggota keluarga. Seperti ketika anda memiliki anak yang masih kecil yang mana membutuhkan perhatian penuh dari anda. Otomatis anda akan mengurus anak terlebih dahulu yang akan mengakibatkan pekerjaan terbengkalai.

3. Kurang Motivasi

Bagi sebagian orang, melihat cara orang lain bekerja di kantor adalah sebuah motivasi tersendiri. Lingkungan dengan situasi yang kompetitif di kantor juga menjadi acuan bagi sebagian orang untuk terus melangkah lebih maju lagi. Bekerja dari rumah secara sendirian akan membuat anda menjadi tidak termotivasi dan kurang kompetitif.

Fleksibilitas WFH

Rapat Online
Rapat Online ©Unsplash

Fleksibilitas dan efektivitas WFH sejauh ini telah banyak dirasakan manfaatnya. Meskipun masih terdapat beberapa kendala dan hambatan namun mereka masih tetap memilih WFH karena merasa lebih fleksibel. Bekerja dari rumah membuat pekerjaan dapat terselesaikan dengan baik dan meningkatkan komunikasi dan koordinasi internal sesama karyawan. Selain itu, kegiatan WFH juga didukung dengan berbagai fasilitas seperti penggunaan layanan secara online, file transfer protocol (FTP) dan rapat online dan lainnya. 

Kemudahan ini semakin membuat masyarakat lebih mudah seperti halnya dalam pengurusan NPWP secara online. Masyarakat tidak perlu repot-repot mengantre dan datang ke kantor. Tinggal membuka website resmi pajak kemudian mereka bisa langsung mendaftar secara online. Lalu tunggu beberapa hari, maka kurir akan mengantarkan kartu NPWP langsung ke rumah anda. Terlebih dengan layanan online ini juga akan meringankan pekerjaan karyawan terkait karena mereka tidak perlu mengisi data pembuat NPWP sebab data akan diisi sendiri oleh pihak pengaju.

Banyaknya kegiatan yang pada mulanya dilakukan secara tatap muka kini beralih menjadi virtual tentu saja menjadi hal yang baru bagi masyarakat. Banyak masyarakat yang masih belum terbiasa untuk menggunakan teknologi secara maksimal. Hal ini menjadi fenomena ketimpangan sosial di masyarakat. Belum lagi tidak semua daerah memiliki akses internet yang memadai. Hal ini lah yang masih membuat WFH dan sistem daring banyak menimbulkan pendapat pro dan kontra. 

Kesimpulan 

Meskipun masih banyak pendapat pro dan kontra mengenai WFH, nyatanya hingga kini banyak orang yang lebih memilih bekerja dari rumah karena dianggap lebih fleksibel dan efisien. Meskipun kini pandemi Covid-19 telah berada di masa endem dan seluruh kegiatan mulai kembali normal,  masih banyak perusahaan yang menawarkan sistem kerja WFO dan WFH yang membuat karyawan bebas memilih bekerja dengan menggunakan sistem sesuai dengan keinginannya.

Sekawan Studio menawarkan jasa pembuatan website untuk mengoptimalkan bisnis online Anda secara organik di Search Engine Google.

Bagikan:

Tampilkan lebih banyak rekomendasi topik.

Dapatkan informasi dan notifikasi update artikel terbaru dari kami, untuk menambah pengetahuan seputar dunia teknologi.

Anda mungkin juga menyukai.

Mulai Proyek!

Tentukan paket pilihan sesuai dengan bisnis Anda.

Informasi Personal

Jl. Maninjau Raya No. 44, Sawojajar, Kec. Kedungkandang, Kota Malang, Jawa Timur 65139

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.

Hubungi Kami.

Jl. Maninjau Raya No. 44, Sawojajar, Kec. Kedungkandang, Kota Malang, Jawa Timur 65139

Ingin bergabung dengan program kami?

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.