Apa itu Email Marketing dan Bagaimana Cara Menerapkannya.

email marketing
Table of Contents

Persaingan dalam bisnis semakin hari makin meningkatkan, terutama dalam perusahaan. Suatu perusahaan akan semakin berlomba meningkatkan kegiatan pemasarannya. Salah satu contoh dengan menggunakan email marketing (EM). 

Tidak hanya perusahaan besar tetapi kalangan bisnis kecil juga menggunakan hal yang sama. Memunculkan loyalitas kepada pelanggan, terkait dengan produk ataupun layanan yang disajikan pada perusahaan menjadi hal yang penting. Pemasaran membutuhkan strategi dalam melakukannya. Mulai dari contoh belajar email marketing hingga contoh email marketing yang menarik seperti apa. 

Mengetahui email marketing (EM) secara luas, membuat perusahaan memperoleh pelanggan atau customer menjadi peluang besar. Sehingga dibutuhkan tips serta bagaimana membuat contoh email marketing yang menarik. Artikel ini akan membahas mengenai belajar email marketing yang bisa digunakan perusahaan maupun pebisnis yang akan meningkatkan loyalitasnya kepada pelanggan. 

Apa itu Email Marketing

Email marketing adalah salah satu strategi yang digunakan oleh perusahaan yang bersifat membangun engagement dengan pelanggan, menawarkan produk dan jasa yang telah disediakan sehingga menggiring pelanggan untuk melakukan tindakan terhadap tawaran tersebut. EM dalam bahasa Indonesia dikenal juga dengan pemasaran email. 

Email marketing adalah salah satu bentuk dari pemasaran digital. Setiap pengguna rata-rata memiliki email yang kerap kali digunakan, sehingga strategi yang dilakukan ini memungkinkan akan membuat efektif dari bagian penawaran perusahaan. 

Maka dari itu contoh pemasaran email. yang menarik juga perlu diperhatikan, ketertarikan awal yang dibangun oleh perusahaan terhadap pelanggannya. Meskipun terlihat sangat sederhana, pemasaran email tidak hanya sebatas perusahaan mengirimkan tawarannya melalui email. Sehingga perlu adanya strategi atau tips dalam penerapannya.

Manfaat Email Marketing

Manfaat yang kita peroleh adanya email marketing adalah sebagai berikut :

1. Penawaran Mudah

Adanya email yang diberikan, secara tidak langsung perusahaan memberikan sebuah penawaran kepada pengguna. Terkait layanan atau produk yang akan ditawarkan terlebih dahulu memuat deskripsi dan informasi yang diberikan oleh perusahaan. 

Sehingga perusahaan dapat melakukan penawaran dengan mudah begitu juga sebaliknya pengguna menerima tawaran tersebut juga dengan mudah.

2. Biaya Efisien 

Memulai belajar marketing dapat dilakukan dengan menggunakan email milik perusahaan yang diberikan secara gratis ataupun berbayar juga biaya yang diberikan terjangkau. Sehingga, dapat membantu finansial menjadi terkendali dan tidak terlalu banyak keluar.

3. Meningkatkan Engagement

Dengan mengirim email kepada pengguna, identitas maupun informasi yang ada pada perusahaan termasuk identitasnya secara tidak langsung akan kita berikan. Hal itu akan meningkatkan engagement, melalui peningkatan pengikut pada platform sosial media perusahaan. 

Informasi yang diberikan juga mempunyai makna tersirat kepada pengguna untuk mengikuti akun resmi perusahaan maupun sosial media, dengan tujuan untuk mendapatkan informasi yang lebih. Sehingga engagement terbentuk dan juga menambah jangkauan perusahaan dan visibilitas konten.

4. Meningkatkan Reputasi Perusahaan 

Salah satu pemasaran email yang menarik berisi ragam informasi yang disajikan. Bukan menjadi laman promosi atau pemberian diskon, melainkan pemberian informasi yang menarik. 

Secara tidak langsung, email akan membantu meningkatkan traffic pada website yang menjadi sumber utama informasi yang kita berikan. Sehingga, perusahaan maupun brand yang kita tawarkan akan semakin dikenal dimata pelanggan. Disini reputasi perusahaan itu juga akan semakin terlihat, karena customer akan semakin tumbuh rasa kepercayaan terhadap brand tersebut.

Baca juga :
Langkah Mudah Menyusun Strategi Pemasaran Efektif untuk Bisnis 
Panduan Belajar Search Engine Marketing (SEM) dan Implementasinya
Mengenal Bahaya Phising: Ancaman Kebocoran Data Digital

Tips Email Marketing

Dalam belajar email marketing kita juga memerlukan tips untuk membuat contoh email marketing yang menarik. Tentunya strategi yang ada harus diterapkan. Berikut ada beberapa tips untuk menerapkannya, antara lain : 

1. Ketahui Target

Pertama, pengirim harus mengetahui target yang akan diberikan tawaran. Tidak hanya asal kirim email, namun perhatikan untuk siapa email penawaran tersebut akan dijadikan sebagai suatu tawaran pelanggan. 

Dengan demikian, pengirim akan mengetahui permasalahan atau kebutuhan apa yang mereka butuhkan. Sehingga, akan memudahkan untuk memberikan solusi dalam bentuk penawaran yang diberikan. Sebelumnya, perusahaan bisa melakukan survei untuk menentukan target untuk produk maupun layanan yang diberikan.

2. Segmentasi Email

Contoh email marketing yang menarik, salah satunya juga memperhatikan email list segmentasinya. Pengirim akan mengelompokkan customer berdasarkan karakteristik subscribernya, seperti contohnya subscriber baru, lokasi, preferences (hanya ingin notifikasi penawaran diskon), hingga berdasarkan ketertarikan subscriber.

Sehingga pengelompokkan tersebut, dapat mengirim email dengan spesifik dan menghasilkan persentase pengunjung semakin besar.

3. Tentukan Jenis Campaign

Tips selanjutnya, menentukan campaign yang akan digunakan. Hal ini berkaitan dengan identitas profil pelanggan. Paling penting disini, memastikan agar jenis campaign yang digunakan sesuai dengan target. 

Dengan memperkenalkan produk maupun layanan yang baru, maka juga dapat meningkatkan nilai brand dari perusahaan sendiri.

4. Evaluasi 

Setelah melalukan pengiriman, lakukanlah evaluasi terhadap penerapan strategi yang digunakan. Dapat juga menggunakan tools untuk mengetahui apakah hasil tersebut berhasil atau kurang. Biasanya dapat melihat KPI (Key Indeks Performance) yang telah ditetapkan sebelumnya. Jika dirasa kurang maksimal, dapat dilakukan perbaikan diselanjutnya. 

5. Hindari Spam

Paling penting dalam membuat contoh email marketing menarik adalah spamming harus dihindari. Ketika email terkirim kepada customer pastikan tidak masuk kedalam spam melainkan bukan masuk pada email utama. Pastikan customer masuk kedalam daftar kontak, bisa diketahui dengan pelanggan memberikan data emailnya berarti pelanggan tersebut masuk kedalam kontak.

Selain itu, hindari penggunaan kalimat yang bermakna perintah untuk “klik disini”, biasanya kalimat tersebut mudah terdeteksi. Terakhir, pastikan menggunakan provider servis yang terpercaya.

Tools Email Marketing

Ada beberapa tools, untuk membuat email marketing adalah sebagai berikut :

1. MailChimp

Mailchimp adalah layanan untuk email marketing dengan fitur untuk mengirimkan email list 2.000 subscribe hingga mengirimkan 12.000 email perbulannya. Tools ini juga diberikan dengan gratis dengan didapatkan fitur otomatis greeting selamat datang. 

Selain itu, mailchimp memberikan report untuk mengetahui customer yang sedang aktif dan menerima email kita. Sehingga perusahaan akan dapat melakukan keputusan marketing dengan mudah. Mailchimp juga menyediakan layanan yang berbayar dengan mendapatkan kelebihan fitur yang menguntungkan.  

2. GetResponse

Tools ini  memberikan masa percobaan gratis selama sebulan. Memiliki banyak template yang bisa dijadikan halaman penulisan email. Selain itu, tools ini biasanya memberikan layanan untuk bisa mengikuti seminar marketing dengan mengaktifkan layanan yang ada. 

Getresponse mengintegrasikan CRM (Customer Relationship Management) sehingga akan lebih mudah dipahami antara perusahaan dengan customernya. Untuk mendapatkan fitur enterprise lainnya, biaya yang dikeluarkan juga lumayan banyak namun sebanding dengan hasil yang diperoleh. 

3. MailerLite

MailerLite dapat menghilangkan subscriber yang dirasa tidak aktif dalam kontak, sehingga kontak akan tertata rapi dengan subscriber yang semuanya aktif. Selain itu, tersedia fitur untuk mengatur workflow secara otomatis dan mengirim email sesuai kontaknya. Adanya analytical pada tools ini dapat menjadikan patokan untuk melakukan peningkatan performa maupun surve yang ada. 

Tools ini termasuk aplikasi email yang sangat powerful disamping menghasilkan fitur yang banyak dan berguna bagi perusahaan. Dalam menjaring jejaring, juga tersedia fitur untuk popup yang disediakan dalam banyak ragamnya.

4. SendInBlue

Belajar email marketing juga bisa menggunakan tools SendInBlue, disediakan dalam paket berbayar maupun gratis. Paket gratis didapatkan dengan fitur yang terbatas, kapasitas kontak juga terbatas. Keunggulan dalam tools ini, bisa mengirimkan email sama dengan tujuan yang berbeda. Hal ini merupakan fitur personalisasi dinamis dan atribut kondisi. Namun, paket berbayar yang ditawarkan lebih tinggi dari tools yang lainnya yaitu dengan 25 USD/bulan.

Kesimpulan 

Email marketing adalah satu strategi yang digunakan oleh perusahaan yang bersifat membangun engagement dengan pelanggan, menawarkan produk dan jasa. Belajar email marketing juga perlu mengetahui tips untuk menarik pelanggan. Diharapakan perusahaan dapat menerapkannya, dengan baik dengan strategi yang tepat. Karena impact yang dihasilkan juga akan berpengaruh terhadap perusahaan.

 

Sekawan Studio menyediakan layanan jasa pembuatan website profesional yang menerapkan prinsip responsif dan user friendly. Jika anda tertarik, silakan hubungi kontak kami untuk mendapatkan informasi lebih detail.

Bagikan:

Tampilkan lebih banyak rekomendasi topik.

Dapatkan informasi dan notifikasi update artikel terbaru dari kami, untuk menambah pengetahuan seputar dunia teknologi.

Anda mungkin juga menyukai.

Mulai Proyek!

Tentukan paket pilihan sesuai dengan bisnis Anda.

Informasi Personal

Jl. Maninjau Raya No. 44, Sawojajar, Kec. Kedungkandang, Kota Malang, Jawa Timur 65139

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.

Hubungi Kami.

Jl. Maninjau Raya No. 44, Sawojajar, Kec. Kedungkandang, Kota Malang, Jawa Timur 65139

Ingin bergabung dengan program kami?

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.