Panduan Lengkap CV ATS-friendly Untuk Pemula.

CV ATS-Friendly adalah CV yang didesain khusus agar dapat lolos seleksi ATS. Beberapa tips membuat CV ATS-Friendly bisa diikuti agar CV berpeluang direview oleh HR
cv ats friendly
Table of Contents

Di zaman serba cepat dan digital seperti ini, melamar pekerjaan menjadi hal yang lebih mudah dan lebih cepat. Lewat internet, pelamar kerja menjadi lebih mudah melamar kerja. Namun, kemudahan ini tidak sejalan lurus dengan lulusnya lamaran dan curriculum vitae atau CV. Melansir dari CNBC, hanya 25% pelamar kerja yang mendapat perhatian perusahaan. Pelamar kerja yang berhasil tersebut berarti lolos seleksi sebuah software yang bernama Application Tracking System atau ATS. Dengan kata lain, curriculum vitae atau CV yang lolos adalah CV ATS-friendly.

Panduan ini akan mengupas ATS bagi pelamar kerja. Tulisan di bawah membahas informasi lengkap seputar software ATS, CV ATS-friendly, dan apa saja yang bisa kamu lakukan untuk membuat CV-mu lolos software tersebut. Langsung saja, yuk, mari kupas tuntas CV ATS-friendly!

Application Tracking System (ATS)

Dalam dunia kerja, terdapat suatu sistem yang dikenal dengan ATS. ATS memiliki peran penting dalam lolos atau tidaknya suatu lamaran kerja. Apa itu ATS? Bagaimana cara kerjanya? Mari kita bahas lebih lanjut.

1. Apa itu ATS?

ATS adalah singkatan dari Application Tracking System, yaitu software yang memiliki peran penting dalam proses perekrutan karyawan. Baik recruiter maupun pelamar kerja dapat menggunakan software ATS untuk keperluannya. 

TopResume mengungkapkan kalau ATS bisa berfungsi untuk mengumpulkan, membaca, menyaring, mengelompokkan, dan pada akhirnya memilih CV yang paling sesuai dengan lowongan kerja. ATS bisa secara otomatis mengekstraksi informasi dari beribu-ribu CV dan resume kandidat. Oleh karena itu, banyak perusahaan yang menggunakan ATS untuk mempersingkat waktu dan memudahkan pekerjaan HR.

2. Bagaimana Cara Kerja ATS?

Ibarat dalam perang, ATS adalah lawan pelamar kerja yang berada di baris pertama. ATS bekerja dengan cara mengurai konten CV ke dalam kategori-kategori tertentu dan kemudian memindai kata kunci tertentu yang sesuai dengan lowongan pekerjaan untuk menentukan apakah lamaran pekerjaan tersebut bisa lanjut ke tangan recruiter atau tidak. Singkatnya, ATS cenderung memilih kandidat yang paling tidak memenuhi syarat, daripada mengidentifikasi pelamar yang memenuhi kualifikasi. 

ATS menyaring pelamar yang tidak memenuhi syarat sehingga perekrut dapat memanfaatkan waktu untuk mengevaluasi kandidat yang lebih cocok dengan posisi pekerjaan tersebut.

CV ATS-friendly

Setelah mengetahui apa itu ATS dan cara kerjanya, lebih lanjut tulisan ini akan membahas CV yang lolos dari seleksi ATS.

1. Apa itu CV ATS-friendly?

CV ATS-friendly adalah curriculum vitae yang memiliki desain khusus agar dapat lolos seleksi software ATS. CV ATS-friendly berbeda dengan CV pada umumnya. Selain itu, dibandingkan CV umum, CV ATS-friendly memiliki keunggulan tertentu.

2. Ciri-ciri CV ATS-friendly

CV yang lolos dari Application Tracking System umumnya memiliki ciri-ciri yang serupa. Secara umum, ciri-ciri CV ATS-friendly tersebut antara lain:

  • Background berwarna putih
  • Hanya berisi tulisan, tanpa gambar apapun
  • Hanya memiliki satu kolom penulisan
  • Data dalam CV ditulis dari yang terbaru
  • Ditulis dari atas ke bawah, kiri ke kanan
  • Menggunakan satu jenis font

3. Kenapa CV ATS-friendly Penting?

Lalu, kenapa CV-mu harus ATS-friendly? Memangnya apa saja keunggulan CV yang ATS-friendly dibandingkan dengan CV yang biasa?

  • Banyak Perusahaan Yang Telah Menggunakan ATS

Pada saat ini, sudah banyak sekali perusahaan yang menggunakan software ATS untuk mempermudah HR mereka menyaring kandidat. Berdasarkan survey Jobscan, sekitar 98% perusahaan besar yang termasuk dalam perusahaan Fortune 500 telah menggunakan ATS untuk menyaring pelamar kerja. 

Apakah perusahaan besar saja yang menggunakan software penyaring CV ini? Jawabannya tidak. Saat isi, bukan hanya perusahaan besar saja yang menggunakan ATS. Perusahaan-perusahaan kecil juga telah memanfaatkan ATS untuk mempermudah menyaring kandidat. Survey yang dilakukan Kelly OCG menunjukkan bahwa sekitar 66% perusahaan besar dan 34% perusahaan kecil menggunakan ATS untuk tahap awal perekrutan.

  • Lebih Cepat Dan Mudah Dibaca

Walaupun perusahaan tempat kamu melamar tidak menggunakan ATS, tetapi sebaiknya jangan sepelekan bentuk dan format CV kamu! Tidak ada salahnya tetap menggunakan CV ATS-friendly untuk melamar pekerjaan . 

Berdasarkan penelitian The Ladders pada 2018, rekruter hanya membutuhkan waktu 7.4 detik untuk skimming CV. Oleh karena itu, akan lebih baik apabila CV yang muncul di hadapan recruiter memiliki template yang sederhana, rapi, dan terstruktur seperti CV ATS-friendly. Dengan format yang rapi, CV ATS-friendly jelas memiliki keunggulan di mata recruiter.

Baca juga :
Pentingnya Personal Branding untuk Membangun Kredibilitas Bisnis
Memahami SEO dalam Menyusun Strategi Digital Marketing yang Tepat
Cara Membuat Infografis untuk Mengembangkan Brand Usaha Anda

Cara Membuat CV ATS-friendly

Masih bingung dengan cara membuat CV ATS-friendly? Tenang saja, caranya cukup mudah, kok. Tetapi, ada beberapa hal yang benar-benar perlu diperhatikan saat membuat CV ATS-friendly agar CV kamu bisa lolos. 

Berikut langkah-langkah dan tips untuk membuat CV ATS-friendly yang mudah dan lengkap.

1. Isi CV Dengan Informasi Yang Relevan

Kesalahan umum yang terjadi dalam pembuatan CV ATS-friendly adalah adanya informasi-informasi yang tidak relevan dengan posisi yang tersedia. Data yang ada dalam CV seharusnya hanyalah informasi yang berhubungan langsung dengan posisi yang dilamar. 

Software ATS hanya akan mencari dan mengidentifikasi informasi tertentu yang berhubungan dengan posisi. Jadi, menambahkan informasi lainnya agar terlihat berpengalaman sangat tidak diperlukan.

  • Optimalkan Penggunaan Keyword

Salah satu cara yang paling ampuh untuk mengoptimasi CV ATS-friendly adalah dengan menambahkan keyword yang relevan dengan lowongan pekerjaan. Keyword yang dapat ditambahkan dalam CV dapat berupa soft-skill ataupun hard-skill untuk menyoroti kemampuan kamu.

Jika kamu bingung akan menambahkan keyword apa dalam CV kamu, perhatikan bagian job description dari lowongan pekerjaan yang akan kamu lamar dan gunakanlah bagian persyaratan untuk menjadi patokan dalam menentukan keyword.

  • Jangan Hanya Menggunakan Singkatan

CV ATS-friendly haruslah berisi informasi yang jelas. Melansir dari Glints, menulis kepanjangan dari singkatan ini penting dalam bagian kualifikasi atau skill. Misalnya, untuk skill “SEO” perlu juga ditulis “SEO (Search Engine Optimization)” agar jelas. 

Namun, jika keahlian atau kualifikasi tersebut muncul beberapa kali di dalam CV, kamu boleh menyebut kepanjangannya satu kali saja di awal. Yang penting terdapat satu keyword yang lengkap.

2. Gunakan Format Dan Template Yang Benar

Agar CV kamu lolos seleksi dari ATS, tentu saja CV kamu perlu menggunakan format dan template yang sesuai dengan ATS. Dengan format yang sesuai, kamu bisa menghindari kesalahan-kesalahan dasar dan memastikan CV kamu lolos proses seleksi. Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan agar format CV kamu sesuai dengan ATS.

  • Pilih Layout Yang Sederhana

Desain layout yang terlalu berlebihan dapat menyebabkan kegagalan ATS untuk membaca kontak dan informasi penting dalam CV. Oleh karena itu, aturlah layout CV kamu agar tetap sederhana. Layout yang sederhana membantu ATS dalam memudahkan membaca data yang ada. 

  • Buat Bagian-Bagian Informasi Jelas

Untuk membuat judul-judul bagian dalam CV menjadi jelas, gunakanlah section headings. Penggunaan section headings dalam CV sangat penting karena section headings membantu software untuk memahami informasi apa yang mengikuti heading. 

Penulisan headings dalam CV juga harus standar, ringkas, dan sederhana, terdiri dari satu atau dua kata saja. Sebagai contoh, jangan gunakan “You Can Reach Me At,” tetapi cukup gunakan “Contact.”

Standar headings menurut Career Choice Guide meliputi:

  • Summary
  • Profile
  • Work Experience
  • Education
  • Volunteer
  • Publications
  • Presentations
  • Certifications

Untuk memperjelas section headings, gunakan huruf kapital dengan format bold. Untuk memisahkan bagian-bagian dalam CV, gunakanlah garis hitam. Kedua hal tersebut dapat memudahkan ATS dan recruiter dalam membaca dan menemukan informasi yang dicari. Selain itu, apabila kamu ingin meringkas informasi dalam bentuk poin, gunakanlah standar bullet point.

  • Gunakan Font Yang Bisa Dibaca ATS

ATS hanya membaca basic fonts yang umum digunakan. Dengan demikian, jangan gunakan jenis font tambahan. Menurut Jobscan, terdapat 10 jenis font yang bisa digunakan dalam CV, yaitu:

  • Arial
  • Calibri
  • Cambria
  • Garamond
  • Georgia
  • Helvetica
  • Palatino
  • Tahoma
  • Times New Roman
  • Verdana
Cv Ats Friendly
  • Hindari Gambar, Tabel, Atau Chart

Ingat, ketika menulis CV ATS-friendly, kamu membuat CV yang mudah terbaca oleh komputer, bukan untuk menyenangkan mata manusia. Oleh karena itu, tidak perlu menambahkan hal untuk menyenangkan mata manusia, salah satunya adalah penggunaan gambar, tabel, ataupun chart.

Meskipun penggunaan gambar, tabel, atau chart dapat menyenangkan mata manusia, tetapi ketiga hal tersebut ternyata malah bisa membuat CV kamu tidak dapat dibaca komputer. ATS tidak dapat membaca gambar, tabel, atau chart, sehingga jika ada salah satu hal itu dalam CV kamu, maka secara otomatis ATS akan menganggapnya informasi yang rusak. 

  • Simpan Dalam File Format Yang Benar

Salah satu hal yang terkesan sepele tapi butuh perhatian lebih dalam membuat CV ATS-friendly adalah format file. Kontras dengan pendapat umum bahwa format PDF adalah file terbaik untuk melamar kerja karena bisa menampilkan desain dan format secara maksimal, nyatanya PDF bukanlah format yang paling ATS-friendly.

Jika ATS tidak meminta format file tertentu secara spesifik, gunakanlah basic format file Word Document, yaitu .doc atau .docx. Dua jenis file format inilah yang umum dapat dibaca ATS.

Kesimpulan

  • ATS atau Application Tracking System merupakan software yang berguna dalam proses perekrutan karyawan. ATS membantu recruiter dengan cara menyaring lamaran pekerjaan dan CV yang tidak relevan dengan posisi perusahaan buka. Curriculum vitae yang lolos seleksi software ATS adalah CV ATS-friendly. 
  • CV ATS-friendly merupakan curriculum vitae yang memiliki desain khusus agar dapat lolos seleksi software Application Tracking System (ATS). 
  • CV ATS-friendly memiliki template sederhana dengan format yang rapi dan terstruktur. Secara umum, CV ATS-friendly memiliki ciri-ciri background berwarna putih, hanya berisi tulisan, tidak ada gambar apapun, hanya memiliki satu kolom penulisan, berisi data yang terbaru, informasi dalam CV urut dari atas ke bawah, kiri ke kanan.
  • Untuk membuat CV ATS-friendly, ada beberapa hal yang perlu mendapat perhatian. Dalam membuat CV ATS-friendly, informasi yang tertera haruslah informasi-informasi yang relevan dengan posisi yang akan dilamar. Selain itu, CV ATS-friendly perlu menggunakan format dan template yang sesuai agar lolos penyaringan software.

Sekawan Studio menyediakan paket jasa pembuatan website profesional dan UMKM untuk membantu meningkatkan visibilitas situs di Google.

Bagikan:

Tampilkan lebih banyak rekomendasi topik.

Dapatkan informasi dan notifikasi update artikel terbaru dari kami, untuk menambah pengetahuan seputar dunia teknologi.

Anda mungkin juga menyukai.

Mulai Proyek!

Tentukan paket pilihan sesuai dengan bisnis Anda.

Informasi Personal

Jl. Maninjau Raya No. 44, Sawojajar, Kec. Kedungkandang, Kota Malang, Jawa Timur 65139

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.

Hubungi Kami.

Jl. Maninjau Raya No. 44, Sawojajar, Kec. Kedungkandang, Kota Malang, Jawa Timur 65139

Ingin bergabung dengan program kami?

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.