Ingin Memasang Sitemap di WordPress Anda? Lakukan 3 Hal ini!.

pengertian sitemap
Table of Contents

Tiap pemilik atau pengembang situs web dianjurkan untuk memahami seluk beluk mengenai SEO. Apabila sudah familiar dengannya, mungkin Anda pernah mendengar istilah sitemap. Alat ini bisa digunakan dalam berbagai jenis content marketing, salah satunya adalah WordPress.

Sitemap Dalam Dunia Seo
© Unsplash

Anggap sitemap merupakan sebuah peta yang ditujukan untuk mesin pencarian. Ia dapat mengoptimasi mesin pencarian untuk mengindeks situs web dengan mudah. Selain itu, tools ini juga mampu menavigasi konten supaya dapat terbaca melalui format tertentu.

Tenang saja, cara membuat sitemap di WordPress cukup mudah kok! Pada artikel ini, kami akan membahas apa itu sitemap, mengapa Anda membutuhkannya, dan memberikan panduan langkah demi langkah untuk membuat sitemap di WordPress.

Mari simak penjelasannya berikut ini.

Apa itu Sitemap?

Sitemap adalah daftar yang berisi seluruh URL publik pada situs web Anda. Gunanya adalah untuk membantu mesin pencarian memilah data utama secara otomatis. Artinya, ia dapat menentukan mana-mana saja halaman yang penting. 

Daftar ini akan diperbaharui jika terdapat konten baru yang diunggah atau dihapus. Kemudian terdapat fitur ‘noindex’ yang menunjukkan jika halaman tidak tampil di mesin pencarian. Dengan demikian, Anda akan mudah mengidentifikasi situs web sehingga pengunjung mendapatkan user experience yang lebih mantap.

Pada platform WordPress, sitemap dibagi menjadi dua jenis yaitu XML dan HTML. Apabila ingin meningkatkan rating pencarian, maka gunakanlah sitemap XML. Ia berisi daftar URL yang tersedia untuk umum. Layaknya robots.txt, ini membantu mesin untuk men-crawl situs secara lebih baik.

Dilansir dari Kinsta.com, sebuah sitemap dapat menyimpan hingga 50.000 URL dengan ukuran file sebesar 50 MB. Namun beberapa layanan seperti Yoast SEO, memiliki ambang batas yang lebih rendah. Bukan masalah jika Anda melebihi batas tersebut, karena XML dapat dikombinasikan dengan tools lain.

Mengapa Harus Sitemap?

Setelah memahami uraian secara umum mengenai tools ini, Anda juga harus mengerti mengapa sitemap penting bagi situs WordPress anda. Berikut fungsi dan manfaatnya:

1. Crawling Lebih Cepat

Secara tidak langsung, Anda meminta mesin pencarian untuk merayap semua halaman Anda dengan cepat. Alhasil, situs akan lebih mudah ditemukan pengunjung. 

Bila Anda memiliki bisnis online, cobalah tambahkan metadata pada katalog atau halaman penting lain supaya menjadi prioritas utama mesin pencarian.

2. Menunjang Proses Indexing

Indexing adalah proses di mana mesin pencari mengatur informasi sebelum pencarian untuk memungkinkan respons yang cepat terhadap kueri. 

Melalui daftar URL yang relevan, tools ini dapat menunjang proses indexing supaya berjalan lebih cepat, utamanya bagi situs yang memiliki banyak halaman, tidak terstruktur, atau tidak mesmpunyai internal link.

3. Memperkaya Media Content

Jika Anda menggunakan banyak media seperti video dan gambar, mesin pencarian dapat mempertimbangkan informasi tambahan dari tools ini. 

Media konten yang bervariasi tersebut akan menciptakan pengalaman yang lebih user-friendly. Ini merupakan daya tarik supaya orang-orang berkunjung ke situs Anda.

Baca juga :
Langkah-Langkah Membuat Blog dengan Mudah untuk Pemula
Panduan Menggunakan Google Search Console untuk Monitoring Website
Teknik White Hat SEO dalam Optimasi Gambar di Website

Cara Membuat Sitemap di WordPress

Sudahkah Anda tertarik untuk membuat sitemap pada WordPress Anda? Jika iya, maka kami menyarankan untuk menggunakan plugin. Banyak plugin yang tersedia di internet, namun salah satunya yang paling populer adalah melalui Yoast SEO. Ikuti langkah-langkahnya sebagai berikut:

1. Install dan Aktivasi Plugin

Pertama-tama, kunjungi Dashboard admin WordPress . Apabila belum login, maka silahkan input username beserta password akun Anda terlebih dahulu. Kemudian klik menu Plugins > Add New. Masukkan keyword “Yoast SEO” pada kolom pencarian dan tekan Enter.

Pada hasil pencarian akan muncul plugin tersebut dan selanjutnya klik tombol Install Now. Jika sudah terinstall, maka aktifkan Yoast SEO dengan mengklik tombol Activate. Jangan lupa untuk mengkonfigurasi pengaturan SEO mendasar yang Anda perlukan.

2. Atur XML Sitemap

Secara default, Yoast SEO dapat membuat sitemap Anda melalui example.com/sitemap_index.xml. Namun, Anda juga dapat mengkostumisasikan fungsi dari XML tersebut. 

Buka menu SEO > Features. Kemudian klik Enable pada Advanced setting pages. Pastikan untuk menyimpan perubahan tersebut. Setelah Anda melakukannya, Anda dapat mengatur beberapa opsi di bawah menu SEO di bilah sisi dasbor Anda. Opsi tersebut antara lain:

  • General
  • User sitemap
  • Post types
  • Excluded posts
  • Taxonomies

3. Cek URL Anda

Aktivasikan XML pada fitur SEO. Di sebelah opsi tersebut muncul sebuah ikon tanda tanya dan klik tulisan See the XML sitemap.

Plugin ini akan membuka halaman baru yang berisikan informasi penting mengenai tiap URL yang ada di website Anda. Selamat! Kini situs WordPress Anda sudah memiliki sitemap yang dapat mudah dikonfigurasikan pada mesin pencari. 

Baca juga :
Long Tail Keyword: Kenali Implementasinya dalam Optimasi SEO

Kesimpulan

Sitemap adalah salah satu tools yang sangat diperlukan bagi setiap situs WordPress. Meskipun tidak akan membuat situs Anda langsung naik ke puncak hasil pencarian, ini adalah metode yang bagus untuk membuat situs Anda di-crawl secara lebih cepat. 

Cara termudah untuk membuat sitemap XML di WordPress adalah melalui plugin Yoast SEO, tetapi Anda juga dapat menemukan banyak plugin lain untuk membantu Anda melakukannya.

Itulah panduan kami dalam membuat sitemap pada situs WordPress. Dengan tutorial di atas, kami harap akan mempermudah Anda dalam memahami optimasi SEO serta detail mengenai tools ini sendiri.

Sekawan Studio membuka jasa maintenance website untuk membantu optimalisasi situs di SERP Google dan meningkatkan performa dari sisi kecepatan serta SEO friendly.

Bagikan:

Tampilkan lebih banyak rekomendasi topik.

Dapatkan informasi dan notifikasi update artikel terbaru dari kami, untuk menambah pengetahuan seputar dunia teknologi.

Anda mungkin juga menyukai.

Mulai Proyek!

Tentukan paket pilihan sesuai dengan bisnis Anda.

Informasi Personal

Jl. Maninjau Raya No. 44, Sawojajar, Kec. Kedungkandang, Kota Malang, Jawa Timur 65139

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.

Hubungi Kami.

Jl. Maninjau Raya No. 44, Sawojajar, Kec. Kedungkandang, Kota Malang, Jawa Timur 65139

Ingin bergabung dengan program kami?

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.