Langkah-Langkah Membuat Blog dengan Mudah untuk Pemula.

cara membuat blog
Table of Contents

Cara membuat blog terkadang sangat dipikirkan oleh pebisnis maupun sebagai pengguna internet biasa. Banyak kendala seperti biaya dan keterbatasan lainnya seperti keahlian dimiliki dalam membuatnya. Blog sendiri dapat digunakan sebagai tempat menyalurkan portofolio yang dimiliki selain untuk kepentingan bisnis.

Sebagai pemula dapat merintis karirnya melalui platform blog sebagai wadah portofolio mereka. Penghasilan juga dapat diperoleh melalui tulisan yang kita miliki. Pada artikel ini akan memberikan tips dan cara membuat personal blog yang mudah dan tepat.

Apa itu Blog

Blog adalah suatu platform memuat informasi berupa artikel, foto, video, yang diperbarui secara berkala mempunyai banyak kategori ditampilkan dalam satu laman. Orang yang membuat serta mengelola termasuk membagikan perspektifnya kepada pembaca mempunyai tujuan untuk bisnis maupun pribadi bernama blogger. Banyak jenis blog yang ada, kita dapat menggunakan salah satu maupun semua jenisnya sesuai dengan kepentingan pengguna sendiri. Beberapa jenis dari blog antara lain :

1. Blog Pribadi 

Seringkali blog juga disediakan tanpa berbayar atau gratis (open-source). Membuat blog pribadi biasanya laman ditampilkan memuat pengalaman hidupnya, hobi maupun jurnal dokumenter. Tujuannya semata-mata hanya untuk kebutuhan pribadi maupun portofolio serta tidak untuk terjun langsung ke dalam bisnis.

2. Blog Perusahaan atau Bisnis

Banyak perusahaan memulai bisnisnya melalui platform online. Tujuan diharapkan perusahaan dengan adanya artikel berbasis konten untuk menarik target yang lebih luas melalui konten yang disajikan terkait penawaran bisnis maupun informasi yang diberikan. 

3. Blog Niche

Blog niche merupakan jenis konten artikel yang membahas mengenai topik tertentu. Biasanya sangat berkaitan dengan keahlian penulis. Banyak niche yang populer seperti contohnya jenis traveling yang menceritakan mengenai perjalannya, fashion mengenai tren fashion untuk saat ini, makanan mengenai berbagai resep yang diinformasikan, gaya hidup dan lain sebagainnya.

4. Blog Afiliasi

Pada blog ini biasanya berfokus pada affiliate marketing yang dilakukan untuk kebutuhan penawaran produk atau layanan yang diberikan. Blogger biasanya berperan penting dalam marketing, terkait dengan menyediakan link postingan untuk diarahkan kepada laman lain yang menawarkan produknya.

Contoh Platform Membuat Blog

Ada beberapa platform yang direkomendasikan untuk membuat blog, yaitu Blogger dan WordPress. Kedua platform ini mempunyai keunggulan yang bisa digunakan dalam semua jenis halaman artikel yang diinginkan. 

1. Blogger

Blogger merupakan platform yang disediakan oleh google. Banyak layanan yang disediakan oleh google lainnya saling terintegrasi oleh blogger. Seperti halnya google adsense layanan iklan yang disediakan oleh google juga yang dapat menjangkau target terkait dengan penawaran produk atau layanannya. 

Selain itu, Google Analytics juga saling terintegrasi oleh platform ini. Google analytics digunakan sebagai memantau performa halaman artikel yang kita buat. Proses pembuatannya -pun sangatlah mudah dengan memiliki akun google. Kemudian, domain default yang diperolah berakhiran “blogspot.com” sebagai nama URL yang ter-publish di internet. 

2. WordPress 

WordPress adalah platform yang banyak digunakan dalam membuat website maupun blog. Nantinya domain yang didapatkan akan secara default yaitu wordpress.com untuk alamat situs anda. Namun, untuk anda yang ingin mengembangkan custom website dapat mengunjungi situs wordp

Baca juga :
Menyusun Strategi Penyusunan Niche Market yang Tepat untuk Bisnis Anda
Cara Membuat Company Profile Website yang Menarik

Cara Membuat Blog dengan Blogger

Ada beberapa tahapan yang harus diperhatikan dalam proses pembuatan halaman artikel, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Membuka Laman Blogger

Pertama, Anda harus membuka laman blogger (blogger.com) kemudian klik masuk untuk melanjutkannya. Sebelumnya, Anda akan diarahkan pada halaman utama atau dashboard blogger. Selanjutnya, masuk menggunakan akun google. Memasukkan email beserta password yang ada dalam akun google. Selain itu, diharapkan untuk memberikan konfirmasi pada setiap laman profil yang muncul. 

2. Masuk Akun Blogger

Jika kita sudah memasukkan akun google ke dalam laman blogger, maka secara otomatis masuk ke dalam akun blogger Anda. Sebelumnya anda diminta untuk memasukkan nama tampilan, kemudian klik untuk melanjutkan ke blogger. 

3. Buat Blog Baru

Pada tampilan utama situs, Anda akan disajikan tema pilihan yang sesuaikan dengan topik bahasan yang akan anda ambil. Pertama, isikan judul halaman web yang ingin anda buat. Bagian judul merupakan headline dari topik pada situs Anda.

Selain itu, Anda juga harus menuliskan alamat URL website sesuai pilihan. Pada alamat tersebut, pastikan URL belum pernah terpakai oleh pengguna (user) lain. Kemudian isian terakhir, pilihlah tema yang sesuai dengan topik dari konten website Anda. Langkah terakhir, website Blog anda sudah berhasil dibuat.

Tips Pembuatan Blog yang Menarik

Kustomisasi digunakan untuk menyelaraskan blog, terkait dengan tampilan yang digunakan, identitas, maupun isi konten akan dipublikasikan. Optimisasi ini sangat penting untuk membuat blog secara gratis maupun untuk menghasilkan uang melalui iklan (ads). Salah satunya parameter harus diperhatikan adalah dari segi tampilan maupun konten yang ada. 

1. Identitas Online

Langkah pertama adalah mengoptimasi identitas yang ada pada laman artikel. Anda dapat mengaturnya pada menu pengaturan. Pilih setelan yang ada pada menu kemudian pilih dasar. Pada menu tersebut, anda dapat mengganti nama judul, deskripsi maupun alamat URL post article. Alamat yang disediakan secara default, merupakan alamat yang berasal dari blogger.

Alamat tersebut dapat kita gunakan secara gratis. Namun, untuk masalah branding alamat tersebut kurang mendukung sehingga, Anda bisa meng-upgrade domain sendiri dengan membeli nama domain unik. 

2. Tampilan Blog

Banyak pengunjung, yang lebih memperhatikan tampilan yang ada. Sebagian besar pengunjung akan mengunjungi situs secara berulang jika tampilan yang dimilikinya akan menarik. Anda dapat membuat halaman artikel dengan menambahkan atau mengubah tema yang ada. Pilih menu tema, untuk menggantinya dan juga disediakan untuk rekomendasi tema yang sesuai dengan topik Anda.

3. Menulis Konten

Langkah berikutnya, dapat mengisi konten sesuai dengan topik yang telah terdistribusi. Anda dapat menulis konten pada halaman yang tersedia, yaitu dengan memilih entri baru pada halaman dashboard. Sebelumnya tulis nama judul untuk memudahkan identifikasi isi konten. 

Selain itu, Anda juga bisa mengkategorikan konten dengan beberapa konten lainnya yang memiliki kategori sama. Jika Anda belum yakin dengan isi konten, dapat memilih pratinjau terlebih dahulu sebelum mempublikasikannya. 

4. Optimasi Isi Blog

Tahap terakhir, Anda harus memperhatikan sisi optimasi dalam membuat blog yang SEO friendly, baik untuk mesin pencari maupun pembaca (audience). Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuat konten menjadi optimal.

  • Penggunaan keyword harus diperhatikan dalam penulisan konten, kedalaman kata kunci yang digunakan juga berpengaruh dalam isi konten. 
  • Selain itu, menggunakan bahasa yang mudah dipahami dalam semua kalangan usia. Secara tidak langsung harus memperhatikan target pembaca pada setiap konten, sama halnya harus menggunakan kalimat yang mengandung kalimat persuasif bagi pembaca.
  • Gunakan judul konten yang menarik. Pertama, pembaca akan membaca judul konten, sehingga judul yang dituliskan harus menarik pembaca. Dengan demikian pembaca akan mengunjungi lama dan secara berulang oleh pembaca lainnya juga.  Sebaiknya, judul yang dituliskan tidak terlalu panjang dan mampu menggugah pembaca untuk penasaran dengan isi konten yang dituliskan. 
  • Melengkapi struktur konten, dalam membuat tulisan di blog harusnya tidak terlalu panjang dan bertele-tele. Pembaca akan merasa bosan jika isi yang disajikan terlalu panjang dan tipografi yang digunakan juga monoton. Isi yang disajikan padat dan jelas, akan memudahkan pembaca dalam membaca isi. 
  • Gunakan Internal link, dapat berfungsi untuk mempermudah pembaca jika ingin membaca konten yang mempunyai keselarasan dengan konten yang dibaca. Secara tidak langsung, penulis mendapatkan esensi untuk konten yang dituliskan sebelumnya. Selain itu, penulis juga dapat mengurangi terjadinya bounce rate pada situs.
  • Tambahkan media, dalam menulis tulisan di website kita juga perlu untuk menambahkan media seperti video, foto atau gift. Selain terlihat menarik dari sisi pembaca, hal itu juga berpengaruh dalam sisi optimasi SEO (Search Engine Optimization). 
  • Memantau traffic pengunjung blog secara berkala, kita perlu untuk memantau kenaikan maupun penurunan dari adanya traffic pengunjung. Ketika topik yang sedang kita tulis berada pada trending topik maka berkemungkinan topik yang telah kita tulis juga dapat masuk ke dalam posisi teratas mesin pencari di google. Tools yang bisa digunakan seperti Google Search Console, Google Analytical dan sebagainya. Tools tersebut dapat membantu menganalisa traffic lebih dalam melalui pendekatan dari search engine Google.

Baca juga :
Panduan Membuat WordPress dengan Mudah untuk Berbisnis
Memahami Konsep Dasar SEO dalam Kebutuhan Digital Marketing

Kesimpulan 

Cara membuat blog saat ini tentu menjadi lebih mudah dan tidak sesulit seperti yang dikira. Terlebih jika anda mempunyai kepentingan bisnis ataupun dalam hal pribadi, Anda bisa memulai dengan membuat website pribadi maupun toko online untuk digunakan sebagai tools marketing dalam meraih keuntungan ataupun konversi (leads). Metode pembuatan halaman blog tidak hanya dengan wordpress saja. Akan tetapi, dapat membuat dengan menggunakan platform blogger maupun raw-code (bahasa pemrograman). Jangan lupa untuk selalu memonitoring website anda dengan pendekatan strategi SEO sebagai salah satu channel digital marketing yang cukup populer.

Sekawan Studio menyediakan paket layanan jasa desain website, pembuatan website, dan maintenance situs berbasis SEO friendly untuk menunjang transformasi digital bisnis Anda.

Bagikan:

Tampilkan lebih banyak rekomendasi topik.

Dapatkan informasi dan notifikasi update artikel terbaru dari kami, untuk menambah pengetahuan seputar dunia teknologi.

Anda mungkin juga menyukai.

Mulai Proyek!

Tentukan paket pilihan sesuai dengan bisnis Anda.

Informasi Personal

Jl. Maninjau Raya No. 44, Sawojajar, Kec. Kedungkandang, Kota Malang, Jawa Timur 65139

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.

Hubungi Kami.

Jl. Maninjau Raya No. 44, Sawojajar, Kec. Kedungkandang, Kota Malang, Jawa Timur 65139

Ingin bergabung dengan program kami?

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.