Tips Jitu Bikin HRD Kepincut sama Kamu.

HRD menjadi salah satu pihak yang turut menentukan apakah anda layak untuk dipekerjakan dalam sebuah perusahaan ataukah tidak. Untuk mengetahui tips-tips ampuh yang dapat membuat HRD tertarik dengan anda dan bersedia memberikan pekerjaan, maka simaklah artikel berikut ini.
hrd
Table of Contents

Memiliki pekerjaan yang mapan tentu saja menjadi impian setiap orang. Sayangnya, tak semua orang mampu mendapatkan pekerjaan sesuai dengan apa yang mereka cita-citakan. Banyaknya sumber daya manusia di Indonesia yang tidak sepadan dengan jumlah lapangan pekerjaan membuat angka pengangguran dan kemiskinan terus meningkat. Menurut Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan bahwa pada bulan Agustus 2021 jumlah pengangguran terhitung sebanyak 10,32% atau setara dengan 21,32 juta orang penduduk usia kerja yang terdampak Covid-19.

Jumlah pengangguran yang sebelumnya sudah banyak, semakin meningkat tajam sejak pandemi Covid-19 menyerang. Pandemi Covid-19 sangatlah berdampak besar bagi seluruh elemen masyaraka terutama pada sektor perekonomian. Banyaknya perusahaan hingga UMKM yang gulung tikar membuat banyak karyawannya kehilangan pekerjaan. Selain itu, daya beli masyarakat juga turut merosot. Keadaan yang serba sulit ini juga membuat banyak masyarakat mengalami stress akibat kehilangan pekerjaan sedangkan kebutuhan hidup harus terpenuhi setiap harinya.

Untungnya, pada tahun 2022 seluruh sektor dalam masyarakat mulai bangkit kembali dan seluruh kegiatan bisa berjalan normal seperti sedia kala. Diumumkannya status endemi yang menjadi akhir dari pandemi Covid-19 ini membuat masyarakat menarik nafas lega. Hal ini dibuktikan dengan menurunnya jumlah pengangguran di Indonesia. Pada bulan Februari 2022 jumlah orang yang bekerja naik sebanyak 4,55 juta orang dalam jangka waktu satu tahun. Banyak lapangan pekerjaan mulai terbuka kembali dan mulai mencari pekerja, begitu pula dengan meningkatnya daya beli masyarakat membuat sektor perekonomian Indonesia bisa kembali pulih.

Peran dan Tugas HRD

Tentunya sebelum merekrut pekerja baru, tiap perusahaan pastinya memiliki standart dan proses tertentu untuk menyeleksi karyawan mana yang layak untuk dipekerjakan. Mulai dari persyaratan administrasi hingga keahlian seperti tingkat pendidikan, banyaknya pengalaman pekerjaan yang telah dilakukan hingga surat kesehatan. Begitu pula dengan proses seleksi yang panjang mulai dari proses seleksi kelengkapan administrasi, ujian, psikotes hingga tes wawancara. Namun, tahukah anda? Orang yang bertugas untuk menyeleksi perekrutan karyawan bukanlah orang sembarangan. Mereka merupakan tim Human Resource Development atau kepanjangan HRD yang biasa dikenal dengan istilah tim HRD. HRD adalah penggunaan terpadu di bidang pelatihan, organisasi, perusahaan dan upaya pengembangan karir dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas individu, kelompok serta efektivitas organisasi. HRD mengembangkan kompetensi kunci yang memungkinkan individu dalam organisasi untuk bisa melakukan pekerjaan saat ini dan pekerjaan di masa depan melalui kegiatan pembelajaran yang direncanakan. HRD juga memastikan apakah ada kecocokan antara kebutuhan dengan organisasi.

Tim HRD berorientasi pada bagaimana cara meningkatkan kinerja individu sehingga bisa memberikan kontribusi yang maksimal untuk mencapai tujuan kinerja organisasi. Sebagai HRD tentunya memiliki peran dan tugas yang penting dalam merekrut dan merencanakan strategi perkembangan kompetensi dan keterampilan karyawan. Berikut merupakan peran dan tugas HRD

1. Melakukan persiapan dan seleksi ketat dalam perekrutan tenaga kerja

         Pada tahap ini HRD akan membuat perencanaan tentang persiapan dan seleksi tenaga kerja yang dibutuhkan oleh perusahaan. Terdapat tiga tahap dalam perekrutan tenaga kerja yakni pada tahap pertama manajer HRD melakukan persiapan dan membuat perencanaan kebutuhan Sumber Daya Manusia dengan menentukan berbagai pekerjaan yang akan muncul yakni dengan melakukan perkiraan atau forecast tentang jumlah pekerja dan waktu yang dibutuhkan dalam perekruan dan lainnya. Tahap kedua, rekrutmen tenaga kerja yang mana pada tahap ini diperlukan analisis jabatan yang tersedia untuk membuat deskripsi pekerjaan dan spesifikasi pekerjaan.

2. Mengembangkan dan mengevaluasi karyawan

         Karyawan yang dipekerjakan pada organisasi atau perusahaan harus menguasai pekerjaan yang menjadi tugas dan tanggung jawabnya. Perlu dilakukan pembekalan agar tenaga kerja dapat menguasai dan memiliki keahlian di bidangnya masing-masing sehingga dapat meningatkan kinerjanya.  Dengan begitu proses pengembangan karyawan ini sangatlah penting untuk dilakukan baik pada karyawan pada tingkat rendah hingga tingkat tinggi.

3. Memberikan proteksi dan kompetensi pada pegawai

         Kompensasi atau imbalan yang diberikan atas kontribusi kerja pegawai secara teratur harus disesuaikan dengan kondisi pasar tenaga kerja yang ada pada lingkungan eksternal. Jika kompensasi yang diberikan tidak sesuai dengan kondisi tenaga kerja di lingkungan eksternal dikhawatirkan akan menyebabkan permasalahan dan menimbulkan kerugian di kemudian hari. Proteksi juga perlu dilakukan agar pekerja dapat melakukan pekerjaannya dengan tenang sehingga kinerjadan kontribusi pekerja dapat berjalan dengan maksimal.

4. Employee Relations Management

         Tim HRD juga perlu melakukan pengelolaan terhadap hubungan antara management dengan karyawan dengan tujuan untuk mendorong trerciptanya lingkungan kerja yang kondusif bagi kedua belah pihak. Hal ini dilakukan demi menjaga keseimbangan dalam pelaksanaan hak dan kewajiban antara tenaga pekerja dengan perusahaan serta terlaksanya kebijakan pemerintah terkait dengan baik.

5. Melaksanakan pelaksanaan pelatihan

         Pelatihan perlu dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan, sikap dan keterampilan peserta dalam waktu singkat. Kegiatan pelatihan biasanya dilakukan perusahaan untuk memperbaiki dan meningkatkan kemampuan karyawan. Terdapat dua jenis pelatihan yakni pelatihan bidang teknis yang dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan teknis karyawan mulai dari jabatan worker, staff hingga grup leader. Pelatihan manajerial yakni pelatihan yang bertujuan untuk meningkatkan pengembangan kepribadian, kepemimpinan hingga motivasi dengan sasaran pelatihan seluruh karyawan perusahaan.

6. Memanajemen pengembangan diri

         Untuk mencapai tujuan, seseorang diharuskan memahami dirinya sendiri dan mengetahui apa yang kita punya, apa tujuan kita dan bagaimana cara untuk mencapai tujuan tersebut.

7. Mengevaluasi pekerjaan

         Elemen penting dalam evaluasi kerja yakni prestasi kerja penilaian umpan balik, karyawan kinerja bagi karyawan, ukuran-ukuran, kinerja, kriteria yang ada, hubungan dengan pelaksanaan kerja, keputusan-keputusan, catatan-catatan dan SDM tentang karyawan.

Baca Juga:
Fenomena Harga Jual Tinggi akibat Faktor Produksi
Cara Promosi Produk yang Tepat dengan Menggunakan Website

Tips Bikin HRD Tertarik

a) Mencari Tahu Seluk Beluk Perusahaan

Pahami perusahaan yang akan anda lamar dengan baik mlai dari visi, misi, posisi pekerjaan yang dilamar dan profil perusahaan. Tujuannya agar anda bisa menjawab pertanyaan interview yang paling sering ditanyakan.

b) Berlatih dan Mempersiapkan Jawaban

Sebelum melakukan interview perlu mencari tahu pertanyaan yang sering ditanyakan manajer HRD. Kemudian siapkan jawaban terbaik dan ketika menjawab pertanyaan lakukan dalam keadaan tenang dan percaya diri.

c) Buatlah Alasan yang Tepat Mengapa Memilih Pekerjaan Tersebut

Tunjukkanlah antusias secara tulus saat menjelaskan mengapa anda tertarik untuk melamar posisi pekerjaan dan mengapa anda merasa cocok dengan pekerjaan tersebut.

d) Siapkan Pengalaman Kerja

HRD akan selalu menanyakan pengalaman pekerjaan yan pernah dilakukan pelamar. Jelaskan secara rinci mengenai keterampilan, keahlian dan pencapaian pada pekerjaan sebelumnya. Kemudian kaitkan dengan bagaimana pengalaman tersebut berguna untuk posisi yang akan dilamar.

e) Punya Nilai Jual yang Jelas

Tentunya tak hanya anda saja yang memperebutkan posisi pekerjaan tersebut. Untuk bisa bersaing dengan pelamar lain dan mendapatkan pekerjaan tersebut, sipakan 3 hingga 5 hal yang membuat anda lebih unggul daripada pelamar lain.

f) Bangun Koneksi dengan Pewawancara

Ketahui nama pewawancara, sebut namanya saat berbicara, bersikap tramah dan lakukan kontak mata. Bualah pembicaraan tersebut mengalir dengan baik. Firs impression yang baik perlu dilakukan karena bisa jadi pewawancara akan menjadi partner kerja anda.

g) Membawa CV di Setiap Wawancara

Membawa CV pada setiap wawancara dapat memudahkan pewawancara untuk mengetahui profil anda. Sertakan berkat sertifikat, portofolio, serta surat rekomendasi.

h) Siapkan Beberapa Pertanyaan Saat Wawancara

Terdapat suatu momen dimana pewawancara akan menanyakan apakah ada pertanyaan. Nah pada momen tersebu tanyakan mengenai berapa jumlah tim yang akan anda lamar, job desk dan pertanyaan lain yang ingin anda tanyakan.

i) Gunakan Pakaian yang Nyaman dan Resmi

Penampilan juga menjadi hal yang harus dipertimbangkan. Saat wawancara gunakan pakaian yang rapi dan resmi namun tetap mengutamakan kenyamanan. Gunakanlah riasan dan aksesoris yang tidak berlebihan. Tatalah rambut dengan rapi agar penampilan anda enak dipandang dan lebih profesional.

         Setelah anda melakukan persiapan sebelum mengikuti interview, tetap tenang dan percaya diri. Yakinlah bahwa anda akan lolos pada tahap tersebut.tetaplah berpikir positif dan good luck!

Sekawan Studio menawarkan jasa pembuatan website dengan harga khusus dan hasil yang maksimal sesuai dengan kebutuhan dan proses bisnis Anda.

Bagikan:

Tampilkan lebih banyak rekomendasi topik.

Dapatkan informasi dan notifikasi update artikel terbaru dari kami, untuk menambah pengetahuan seputar dunia teknologi.

Anda mungkin juga menyukai.

Mulai Proyek!

Tentukan paket pilihan sesuai dengan bisnis Anda.

Informasi Personal

Jl. Maninjau Raya No. 44, Sawojajar, Kec. Kedungkandang, Kota Malang, Jawa Timur 65139

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.

Hubungi Kami.

Jl. Maninjau Raya No. 44, Sawojajar, Kec. Kedungkandang, Kota Malang, Jawa Timur 65139

Ingin bergabung dengan program kami?

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.