Terapkan Brand Storytelling, Ciptakan Cerita Tentang Merek.

brand storytelling mengacu pada sebuah metode pemasaran menggunakan langkah merangkai narasi menjadi sebuah pendekatan storytelling menarik guna menghubungkan perusahaan dengan para audiens atau konsumen.
Brand Storytelling
Table of Contents

Pernahkah anda menerapkan metode brand storytelling pada bisnis anda? Sudah menjadi hal wajar jika bercerita tidak hanya ada untuk kegiatan khusus seperti menulis atau membuat cerita. Bercerita dapat menjadi sebuah media dalam beberapa kegiatan dalam sektor apapun, termasuk bisnis. Mungkin beberapa dari audiens anda merasa bahwa pemasaran konvensional terkesan membosankan, atau bahkan anda sebagai pelaku bisnis itu sendiri yang merasakan demikian sehingga butuh adanya aroma segar pada strategi pemasaran bisnis anda.

Storytelling dapat menjadi pilihan yang tepat untuk hal itu. Ingin mengetahui dan berkenalan lebih jauh tentang brand storytelling? Mari simak bersama pembahasan yang kami sajikan berikut ini!

Apa Itu Brand Storytelling?

Pada dasarnya, brand storytelling mengacu pada sebuah metode pemasaran menggunakan langkah merangkai narasi menjadi sebuah pendekatan storytelling menarik guna menghubungkan perusahaan dengan para audiens atau konsumen. Narasi itu kerap berfungsi sebagai sebuah jembatan yang menghubungkan misi brand dengan value para konsumen guna mengembangkan atau membangun ikatan lebih kuat.

Dalam upaya mengaplikasikan metode ini, perusahaan dapat merangkai plot, alur, latar, bahkan karakter yang unik dan menarik guna mengembangkan cerita dari brand. Komponen penting seperti sejarah, profil produk, tujuan, serta layanan dari perusahaan dapat berguna dalam mengembangkan cerita yang kuat.

Anda juga bisa menambahkan motivasi paling besar saat mendirikan perusahaan tersebut dalam cerita. Inti dari upaya pengaplikasian brand storytelling adalah menghidupkan komponen-komponen melalui mekanisme storytelling.

Cara lain untuk membentuk sebuah cerita yang kuat adalah melibatkan para konsumen atau pelanggan sebagai karakter utama dalam cerita tersebut. Umpan balik dari konsumen berperan penting dalam pembentukan suatu cerita yang melibatkan konsumen anda. Pengalaman mereka dapat menciptakan sebuah kunci untuk mempererat hubungan ideal dengan mereka. Hubungan itu tentunya dapat memberikan keuntungan pada brand anda seperti meningkatnya kesadaran merek dan juga membangun kepercayaan para pelanggan.

Walaupun berbentuk cerita, anda juga harus melakukan optimasi pada cerita tersebut agar dapat menggambarkan sebuah peristiwa atau pengalaman dengan tepat. Sebagai figure yang mendapatkan peran untuk membangun cerita, anda harus secara konsisten membuat kisah menarik guna menjaga loyalitas para pelanggan.

Baca juga :
Brand Awareness : Pengertian, Manfaat dan Cara Meningkatkannya
Apa itu Product Knowledge dan Penerapannya dalam Bisnis

Mengapa Penting?

Ezgif.com Gif Maker 16
Storytelling Edukasi Pelanggan © Unsplash.com

Perlu anda ingat bahwa brand storytelling bukan membuat cerita tentang merek anda, melainkan membentuk suatu narasi yang dapat dengan baik memadukan fakta serta emosi namun tetap dalam konteks profesional dan tepat sasaran. Selain bertujuan untuk mengedukasi pelanggan serta memberikan alasan jelas mengapa mereka harus memilih brand anda, storytelling juga dapat membuat merek anda lebih dikenal oleh pelanggan.

Lantas, apa pentingnya metode pemasaran satu ini? Jawabannya sangatlah sederhana, yakni karena brand storytelling menawarkan kesempatan bagi perusahaan untuk melakukan personalisasi brand mereka serta membentuk hubungan lebih dalam dengan para pelanggan. Melakukan pengembangan strategi terhadap metode ini dapat membantu audiens untuk mempelajari lebih tentang merek, tujuan, serta produk maupun layanan yang ditawarkan oleh perusahaan anda. Selain itu, berikut beberapa poin mengapa brand storytelling penting untuk bisnis anda:

  1. Dapat meningkatkan keterlibatan para audiens
  2. Membuat merek anda lebih mudah diingat dan dikenal dengan baik
  3. Meningkatkan brand awareness
  4. Menjadi pembeda antara brand anda dengan para pesaing
  5. Dapat meningkatkan angka penjualan serta margin pendapatan
  6. Meningkatkan loyalitas pelanggan
  7. Membangun komunitas dengan skala yang lebih besar

Apa Saja Elemen Dari Brand Storytelling?

Dalam membuat sebuah cerita, tentu saja kita membutuhkan beberapa elemen penting agar menghasilkan suatu komposisi yang tepat. Komponen itu antara lain plot, alur, latar, konflik, klimaks, nilai dan lain sebagainya. Jika anda menghadirkan komponen-komponen itu dalam satu kesatuan cerita, maka akan sangat mudah bagi audiens anda untuk mengikutinya.

Hal lain yang harus diingat adalah bahwa karakter utama dalam teknik pemasaran ini bukanlah anda selaku pelaku bisnis, melainkan para pelanggan atau audiens anda. Anda dapat menggambarkan para pelanggan sebagai seorang karakter utama protagonist dalam cerita. Selain itu, menambahkan esensi dari berdirinya merek anda juga termasuk ke dalam hal penting tersebut.

Value merupakan sebuah ciri khas tersendiri bagi masing-masing brand atau perusahaan. Oleh karena itu, anda harus mendefinisikannya secara tepat. Jangan memilih aspek-aspek value yang menurut anda bagus saja, melainkan harus benar-benar mencerminkan value dari perusahaan anda. Value dari perusahaan pada dasarnya sangat mudah untuk didefinisikan, jikalau anda memang suka mengenal dengan betul apa yang ada pada perusahaan anda. Kinerja serta attitude karyawan, pelayanan terbaik, kualitas produk yang baik merupakan beberapa contoh nyata dari sebuah value perusahaan.

Jika anda masih belum mendapatkan komponen-komponen tersebut secara utuh, maka lakukan riset internal terhadap perusahaan anda. Kenali dan pahami, apa apa saja yang ingin anda ceritakan tentang merek anda ke para target pelanggan atau audiens. Usahakan untuk tidak mengambil aspek-aspek yang bahkan tidak sama sekali mencerminkan perusahaan anda. Buatlah sebuah cerita dari kesatuan beberapa komponen tersebut di mana cerita akan dengan sendirinya memperkenalkan brand anda kepada audiens.

Macam-Macam Brand Storytelling

Sudah mendapatkan pandangan serta pemahaman lebih jauh tentang metode satu ini? Jika iya, maka saatnya lanjut ke bagian yang lebih dalam, yakni macam-macam dari brand storytelling. Apa pentingnya mengetahui macam-macamnya? Sederhana saja, karena tidak semua macam brand storytelling dapat menghasilkan hasil maksimal saat diaplikasikan pada bisnis anda. Oleh karena itu, tersedia banyak pilihan yang bisa anda ambil sesuai dengan kebutuhan dan juga tujuan bisnis anda.

  1. Berdasarkan data
    • Saat menjadikan data sebagai basis dari teknik ini, anda bisa memanfaatkan statistik, kumpulan data, maupun hasil analisis guna menarik perhatian para pelanggan serta membantu membangun kepercayaan terhadap merek anda. Pengaplikasian data dapat anda lakukan dengan melibatkan data itu dalam cerita yang menunjukkan suatu value produk atau layanan merek anda. Penyajian data yag tepat pada cerita dapat membuat para pelanggan termotivasi untuk mengambil suatu tindakan seperti melakukan pembelian.
  2. Visual
    • Penceritaan menggunakan media visual seperti video, foto, animasi serta infografis dapat menjadi salah satu cara guna meningkatkan minat para pelanggan. Ilustrasikan cerita merek anda menggunakan media-media itu guna menyuguhkan pengalaman visual yang berbeda serta lebih menarik. Selain itu, anda juga dapat mempengaruhi emosi mereka dengan permainan visual.
  3. Berdasarkan karakter atau maskot
    • Penceritaan yang menyertakan karakter baik nyata maupun fiksi serta maskot biasanya digunakan untuk mewakili perusahaan itu sendiri. Dengan karakter atau maskot, biasanya suatu perusahaan berfokus pada penggunaan individu dalam sebuah kampanye iklan guna menciptakan konsistensi serta membangun keakraban.
  4. Cerita musiman
    • Anda dapat memilih sebuah cerita musiman untuk dilibatkan pada teknik penceritaan merek. Tujuannya tidak lain dan tidak bukan adalah untuk mengembangkan pola iklan yang sangat relevan. Anda dapat membuat cerita musiman seputar acara sosial maupun agenda penting lainnya guna mempromosikan produk atau layanan yang anda tawarkan.
  5. Edukasi
    • Siapa yang tidak tertarik dengan cerita yang mengedukasi atau memberikan wawasan baru saat membacanya? Cerita edukasi dapat memberikan nilai signifikan pada para pelanggan dengan mengedukasi mereka tentang suatu hal baru. Tutorial, kuis, ataupun cerita instruksional sering menjadi pilihan tepat yang dipilih oleh perusahaan. Keuntungan yang dapat anda rasakan saat menerapkan cerita edukasi adalah meningkatnya jumlah pembelanjaan pelanggan serta dapat meningkatkan margin pendapatan.

Strategi Untuk Brand Storytelling

Setelah mempelajari beberapa poin penting tentang penceritaan merek, kini saatnya anda mengetahui strategi apa saja yang harus dirumuskan untuk membuat suatu cerita berkualitas dalam penceritaan merek. Sebuah cerita tidak hanya dapat membangun atau menarik minat para audien kepada merek anda, tetapi juga dapat berguna dalam menyebarkan informasi tentang perusahaan anda. Langkah-langkah berikut ini dapat anda aplikasikan saat menyusun strategi guna menghasilkan cerita yang kuat untuk brand storytelling.

  1. Pastikan cerita yang akan anda buat tetap sederhana namun memiliki nilai khusus, jangan membuatnya terlalu rumit untuk dipahami oleh para pelanggan.
  2. Fokus pada alasan mengapa merek anda ada bahkan sampai sekarang, apa tujuan utama dari berdirinya merek anda
  3. Gunakan cerita untuk menjalin hubungan berkualitas dengan para pelanggan
  4. Bangun personal brand anda
  5. Usahakan untuk tetap aktif pada sosial media
  6. Tambahkan ciri khas yang membedakan merek anda dengan para pesaingnya

Kesimpulan

Seiring dengan berkembangnya pola pikir, para audiens kini cenderung memilih sesuatu yang dapat menarik minat mereka serta dapat memberikan manfaat dengan tepat. Pengaplikasian suatu cerita merek terhadap proses atau upaya pemasaran dapat dilakukan jika anda ingin menggaet lebih banyak audiens. Tentu saja, dalam membangun atau membuat sebuah cerita untuk proses tersebut, anda tidak boleh asal membuatnya. Sesuaikan beberapa poin dengan aspek yang mungkin dapat mempengaruhi bisnis anda agar anda dapat menghasilkan sebuah cerita yang memiliki ciri khas serta keunikan khusus bagi pembacanya.

Sekawan Studio menyediakan paket jasa pembuatan website profesional dan UMKM untuk membantu meningkatkan visibilitas situs di Google.

Bagikan:

Tampilkan lebih banyak rekomendasi topik.

Dapatkan informasi dan notifikasi update artikel terbaru dari kami, untuk menambah pengetahuan seputar dunia teknologi.

Anda mungkin juga menyukai.

Mulai Proyek!

Tentukan paket pilihan sesuai dengan bisnis Anda.

Informasi Personal

Jl. Maninjau Raya No. 44, Sawojajar, Kec. Kedungkandang, Kota Malang, Jawa Timur 65139

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.

Hubungi Kami.

Jl. Maninjau Raya No. 44, Sawojajar, Kec. Kedungkandang, Kota Malang, Jawa Timur 65139

Ingin bergabung dengan program kami?

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.