Pentingnya Brand Identity dan Manfaat dalam Membangun Interaksi Bisnis.

Brand identity adalah kumpulan elemen brand yang membentuk nilai produk sebuah perusahaan. Komponen utama dari brand terdiri atas positioning, verbal, visual, dan experienced.
brand identity
Table of Contents

Brand identity saat ini sering didengar di berbagai media. Tetapi banyak sebagian orang yang masih belum mengenal makna sebenarnya dari kata “brand” tersebut. Anda akan sering mendengar kata tersebut apabila anda melihat beberapa produk maupun perusahaan yang sering muncul di sekitar masyarakat. Nah, pada artikel kali ini kami akan membahas lebih dalam tidak hanya seputar brand, akan tetapi lebih membahas mengenai apa itu “brand identity”.

Sehingga untuk kedepannya, apabila anda membangun sebuah bisnis, maka anda juga memperhatikan penggunaan brand identity. Hal tersebut sangatlah penting di masa serba digital dan setiap orang dapat mengakses dan melihat informasi secara cepat dan akurat. Untuk itulah, kami akan memberikan beberapa penjelasan penting terkait dengan brand identity meliputi komponen, perbedaan, dan manfaatnya.

Perbedaan Brand & Brand Identity

Pertama, sebelum melangkah lebih jauh ke dalam pembahasan mengenai brand identity, alangkah baiknya kita harus mengenal terlebih dahulu perbedaan antara keduanya. Sehingga, anda dapat mengetahui tujuan dan konsep sebenarnya dari kedua istilah tersebut. Berikut ini merupakan perbedaan dari brand dan brand identity

1. Brand

Dari segi bahasa, kata brand berarti merek. Tetapi apabila kita melihat dari segi istilah dan dari sudut pandang bisnis, makna brand sendiri tidak hanya sebatas merek. Akan tetapi, lebih mengarah kepada simbol, tanda, logo, kata, kalimat, atau komponen yang menjadi ciri khas dari suatu perusahaan atau organisasi. 

Sebagai contoh, ketika anda mendengar nama perusahaan McDonald tentu yang terlintas dipikiran anda adalah produk makanan cepat saji seperti ayam goreng, hamburger, dll. Itulah yang dinamakan dengan brand. Jadi, brand tidak hanya sebatas merek atau logo saja, tetapi lebih kepada suatu ciri khas, keistimewaan yang dimiliki dari suatu perusahaan tersebut sehingga dapat diingat oleh masyarakat umum.

2. Brand Identity

Setelah anda mengenal apa itu brand, selanjutnya membahas mengenai apa itu brand identity. Dari segi bahasa, brand identity adalah tanda pengenal. Dari segi istilah, memiliki cakupan yang lebih luas, yaitu kumpulan beberapa elemen yang membentuk suatu pengalaman dan menjadi pengenal bagi sebuah organisasi / perusahaan.

Jadi disini, brand identity adalah gabungan dari beberapa brand untuk membentuk sebuah kebiasaan dalam masyarakat yang membentuk ciri khas dari perusahaan tersebut. Jika kita asumsikan dengan kata McDonald, tentunya yang terlintas dipikiran kita adalah produk makanan cepat saji yang di dalamnya memiliki berbagai jenis paket khusus dan cocok untuk keluarga. 

Kemudian, produk es krim, kentang, dll. yang terkenal serta maskot terkenal miliki McDonald yang membentuk sebuah identitas dari brand tersebut. Jadi, dapat disimpulkan bahwa perbedaan dari kedua istilah tersebut terletak pada konsep dan tujuannya. 

Jika brand melambangkan suatu ciri penting yang terdapat dalam sebuah perusahaan, maka brand identity adalah kumpulan dari brand yang membentuk sebuah pengalaman dan kebiasaan di masyarakat untuk mengenal lebih dalam produk dari perusahaan tersebut. 

Komponen dari Brand Identity

Terdapat beberapa komponen yang dimiliki oleh brand identity. Dari setiap komponen tersebut yang menentukan brand tersebut untuk dapat dikenal dan diterima oleh masyarakat luas. 

1. Positioning atau Penempatan

Positioning merupakan komponen untuk menentukan target pasar yang hendak anda tuju. Jadi, ketika anda ingin membuat sebuah perusahaan yang memiliki produk di bidang kuliner, maka anda harus paham mengenai target pelanggan yang ingin anda sasar. Jadi, dalam pemilihan brand perlu ada pertimbangan lebih lanjut.

Fungsi dari positioning sendiri adalah agar produk bisnis anda dapat bersaing di pasar dan dapat mengikuti perkembangan yang ada. Pastikan anda, membangun identitas brand yang sesuai dengan target yang ingin anda tuju. 

2. Verbal

Verbal berhubungan dengan slogan atau kata. Untuk komponen kedua ini, anda harus lebih memperhatikan kata – kata supaya dapat menyampaikan pesan atau isi dari produk yang akan anda tawarkan. Jadi, target user yang ingin anda capai harus memahami setiap pesan yang anda sampaikan melalui brand identity yang anda gunakan. 

3. Visual

Visual erat kaitannya dengan tampilan atau sesuatu hal yang dapat dilihat oleh mata. Komponen ketiga ini selaras dengan penggunaan logo atau merek. Sudah barang tentu, setiap perusahaan memiliki logo atau merek untuk mengenalkan brand miliknya.

Jadi, setelah anda telah menentukan target user dan verbal yang tepat, maka selanjutnya anda harus menentukan target visual yang cocok untuk produk bisnis anda agar lebih dikenal oleh masyarakat. Contohnya di Indonesia adalah, brand ojol (ojek online) seperti Grab dan Gojek. 

Kedua brand tersebut menggunakan tampilan khas dari sisi warna, yaitu dominan hijau. Jadi, setiap orang yang melihat orang mengendarai kendaraan dengan memakai jaket, helm dengan dominan warna hijau maka dapat dipastikan bahwa pengemudi tersebut berprofesi sebagai ojek online. 

4. Experienced (Pengalaman)

Experienced atau pengalaman merupakan komponen terakhir dari brand identity. Jadi, apabila anda ingin mengembangkan bisnis, hal terpenting untuk membuat sebuah brand adalah dari kisah dan pengalaman anda membuat bisnis tersebut. Jadi, fungsinya disini adalah untuk mengenalkan kepada masyarakat identitas yang bisnis anda miliki dan menjadi pembeda dengan produk bisnis yang lain. 

Baca Juga
Panduan untuk Memulai Karier Menjadi Seorang UX Researcher
Mengenal Visual Branding dan Strategi Penerapannya
Penerapan Prototype untuk Proses Perancangan Produk Berbasis Aplikasi

Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Brand Identity

Selanjutnya, kami akan membahas mengenai hal apa saja yang perlu anda perhatikan dalam membangun sebuah brand identity.

1. Menentukan Target User

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah menentukan target user. Dengan menentukan konsumen yang anda incar, maka memperbesar peluang bisnis anda berkembang lebih jauh. Anda harus melakukan observasi, studi lapangan untuk mendapatkan berbagai jenis sampel dan data untuk menentukan produk bisnis anda relevan atau tidak dengan kondisi lingkungan tersebut. 

2. Melakukan Riset Kompetitor

Kedua, melakukan riset terhadap kompetitor bisnis anda. Langkah ini sangat efektif untuk menentukan seberapa besar peluang anda menang dalam persaingan bisnis dengan produk yang sama. Pastikan untuk selalu membuat inovasi dan kreativitas agar berbeda dari kompetitor. 

3. Perhatikan Setiap Hal Kecil

Dalam membentuk brand identity yang benar, seorang pelaku usaha bisnis harus memperhatikan setiap hal kecil. Baik dari segi komponen, tujuan, target, manfaat dari brand identity yang dibuat. Tujuan utama adanya sebuah brand adalah untuk mengenalkan produk dan memberikan pengalaman yang berbeda dari produk perusahaan lain dengan target user yang sama. 

4. Fokus pada Tujuan Produk Dibuat

Hal terakhir yang harus diperhatikan adalah fokus pada tujuan produk anda dibuat. Setiap pelaku usaha bisnis harus mengetahui tujuan pembuatan produk tersebut serta mengetahui target konsumen yang akan dituju. Sehingga, dapat mengembangkan bisnis lebih jauh dan mengikuti setiap perkembangan yang ada. 

Manfaat dari Brand Identity untuk Bisnis

Setidaknya, terdapat 3 manfaat dari adanya brand identity bagi bisnis anda. Berikut akan kami jelaskan secara umum pembagian ketiga manfaat tersebut.

1. Loyalitas Konsumen

Setelah bisnis mempunyai brand identity yang kuat, maka konsumen yang dimiliki akan memiliki ikatan spesial dengan produk tersebut. Maka, secara otomatis akan meningkatkan kepercayaan yang timbul dari konsumen kepada produk tersebut. 

2. Kepercayaan Distributor

Selanjutnya, manfaat dari sisi distributor. Dengan adanya brand yang sesuai dengan produk sebuah perusahaan, maka dapat meningkatkan faktor kepercayaan dari setiap distributor untuk mengirimkan produk dan jasa kepada setiap masyarakat. Proses distribusi produk atau jasa sangat memperhatikan dari sisi brand perusahaan atau organisasi.

3. Rekomendasi Profesional

Dan yang terakhir adalah rekomendasi profesional. Setelah bisnis sudah berkembang pesat hingga mancanegara, maka rekomendasi dari pihak profesional yang akan menjadi kuncinya. Ketika ada seseorang yang me –review produk anda, maka hasil review tersebut yang akan menentukan produk anda memang layak atau tidak untuk bersaing di pasar nasional, bahkan internasional. 

Kesimpulan

  • Brand adalah merek atau elemen penting yang membentuk sebuah pengalaman. Sedangkan brand identity adalah kumpulan dari beberapa brand yang membentuk kebiasaan dan pengalaman agar masyarakat dapat lebih memahami produk yang dirilis oleh suatu perusahaan atau organisasi.
  • Terdapat 4 komponen penting dari brand identity yang meliputi, positioning, verbal, visual, dan experienced. Hal yang perlu diperhatikan adalah target user, riset kompetitor, fokus pada tujuan, dan memperhatikan setiap hal terkecil yang menyangkut bisnis anda.
  • Manfaat dari adanya brand identity bagi bisnis adalah meningkatnya loyalitas konsumen, kepercayaan dari distributor, serta rekomendasi yang diberikan oleh para profesional untuk menentukan produk anda baik atau tidaknya. 

Sekawan Studio membuka jasa perbaikan website untuk kebutuhan proyek bisnis, baik personal, perusahaan, maupun organisasi.

Bagikan:

Tampilkan lebih banyak rekomendasi topik.

Dapatkan informasi dan notifikasi update artikel terbaru dari kami, untuk menambah pengetahuan seputar dunia teknologi.

Anda mungkin juga menyukai.

Mulai Proyek!

Tentukan paket pilihan sesuai dengan bisnis Anda.

Informasi Personal

Jl. Maninjau Raya No. 44, Sawojajar, Kec. Kedungkandang, Kota Malang, Jawa Timur 65139

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.

Hubungi Kami.

Jl. Maninjau Raya No. 44, Sawojajar, Kec. Kedungkandang, Kota Malang, Jawa Timur 65139

Ingin bergabung dengan program kami?

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.