Manfaat dan Proses Pengolahan Big Data untuk Kemajuan Bisnis Modern.

Big data atau data yang berukuran besar ini terdiri dari data yang terstruktur maupun tidak terstruktur. Data-data ini dapat dimanfaatkan di berbagai bidang salah satunya yakni di bidang bisnis
big data
Table of Contents

Big data merupakan kumpulan data yang memiliki kapasitas data yang besar dan sumber data yang tinggi sehingga perlu pengelolaan dengan metode khusus dengan menggunakan perangkat bantu dengan kinerja yang sesuai. Data jenis ini dapat dianalisis dengan menggunakan pemahaman yang tertuju pada keputusan dengan strategi bisnis yang lebih baik.

Apa Itu Big Data?

Big Data adalah kumpulan data yang berukuran sangat besar dan kompleks sehingga diperlukan proses menggunakan perangkat pengelola database konvensional ataupun aplikasi pemroses data lainnya. Big data memiliki karakteristik big data yakni volume, velocity, dan variety.

Volume berkaitan mengenai besaran data yang harus dikelola berdasarkan ukuran yang super besar. Velocity, berhubungan dengan kecepatan pemrosesan data yang harus diimbangi dengan pesatnya pertumbuhan jumlah data. Sedangkan variety merujuk pada karakteristik sumber data yang lebih beragam, baik yang berasal dari basis data yang terstruktur maupun dari data-data yang tidak terstruktur. 

Pemicu Perkembangan Big Data

1. Pesatnya Kemampuan Penyimpanan Data

Kemampuan penyimpanan data telah bertumbuh sangat signifikan. Penyimpanan data telah berkembang pesat yang pada awal mulanya berbentuk analog menjadi digital.

2. Pesatnya Kemampuan Mesin Memproses Data

Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi hardware, maka kapasitas komputasi pada mesin/ perangkat komputer juga turut meningkat.

3. Ketersediaan Data yang Melimpah

Perusahaan-perusahaan dari berbagai sektor di Amerika Serikat memiliki data setidaknya 100 terabytes. Bahkan banyak diantara perusahaan tersebut yang memiliki data lebih dari 1 petabyte.

Klasifikasi Data

1. Data terstruktur 

Kelompok data yang memiliki tipe data, format dan struktur yang telah teridentifikasi. Sumber datanya dapat berupa data transaksional, OLAP data, tradisional RDBMS, file CSV, spreadsheets.

2. Data tidak terstruktur 

Kelompok data tekstual dengan format tidak menentu atau tidak memiliki struktur melekat, sehingga untuk menjadikannya data terstruktur membutuhkan usaha, tools, dan waktu yang lebih. Data ini dihasilkan oleh aplikasi-aplikasi internet, seperti data URL log, media sosial, e-mail, blog, video dan audio. 

Baca Juga:
Software Engineer: Profesi Masa Depan yang Menjanjikan
Tertarik Untuk Memulai Bisnis Startup? Begini Caranya!

Sumber Big Data

1. Streaming data

Data jenis ini berasal dari Internet of Things (IoT) dan terhubung dengan perangkat lainnya yang mengalir ke sistem TI dari perangkat yang dipakai seperti mobil pintar, perangkat medis, peralatan industri, dan peraangkat lainnya. Anda dapat menganalisis data besar ini dengan memutuskan data mana yang akan disimpan dan mana yang perlu dianalisis lebih lanjut.

2. Media sosial 

Big data media sosial berasal dari interaksi media sosial seperi Facebook, YouTube, Instagram,dan lainnya. Data yang berasal dari media sosial memiliki sejumlah besar data besar dalam bentuk gambar, video, suara, teks dan suara – berguna untuk fungsi pemasaran, penjualan, dan dukungan. Data ini sering bentuk tidak terstruktur atau semi-terstruktur, sehingga menimbulkan tantangan unik dalam konsumsi dan analisis.

3. Data yang Tersedia secara Umum 

Sebagian besar big data bersumber dari data terbuka seperti data pemerintah AS. Gov, CIA World Factbook, atau Portal Data Terbuka Uni Eropa.

4. Data Besar Lainnya

Big data juga dapat berasal dari sumber lainnya seperti danau data, sumber data cloud, pemasok dan pelanggan.

Tahap Mengolah Big Data

1. Acquired

Acquired merupakan tahapan awal dalam mengelola big data yang meliputi cara mendapatkan data beserta sumbernya. 

2. Accessed

Berhubungan dengan daya akses data dari data yang telah dikumpulkan perlu penataan kelola, integrasi, storage dan computing agar dapat dikelola untuk tahap berikutnya. Perangkat untuk pemrosesan (processing tools) menggunakan Hadoop, Nvidia CUDA, Twitter Storm, dan GraphLab. Sedangkan untuk manajemen penyimpanan data (storage tools) menggunakan Neo4J, Titan, dan HDFS. 

3. Analytic 

Pada tahap ini informasi yang akan didapatkan dan hasil pengelolaan data yang telah diproses akan dianalisis. Analitik yang dilakukan dapat berupa descriptive (penggambaran data), diagnostic (mencari sebab akibat berdasar data), predictive (memprediksi kejadian dimasa depan) maupun prescriptive analytics (merekomendasikan pilihan dan implikasi dari setiap opsi). Tools yah digunakan untuk proses analitik menggunakan MLPACK dan Mahout.

4. Application 

Pada tahapan akhir ini terdapat proses visualisasi dan reporting hasil dari analitik. Tools yang dipakai dalam tahap ini yakni menggunakan RStudio. 

Manfaat Big Data bagi Bisnis

Bisnis
Bisnis © Unsplash

Pada bidang bisnis pastinya mereka akan berorientasi pada pendapatan margin atau laba sebanyak mungkin atau sering disebut dengan profit oriented. Big Data dapat mendukung proses pengambilan keputusan khususnya bagi pimpinan perusahaan 

  • Mengetahui reaksi masyarakat terhadap produk-produk yang dikeluarkan melalui analisis sentimen di media sosial. 
  • Membantu perusahaan mengambil keputusan secara lebih tepat dan akurat berdasarkan data 
  • Membantu meningkatkan citra perusahaan di mata pelanggan. 
  • Perencanaan usaha dengan mengetahui perilaku pelanggan seperti pada perusahaan telekomunikasi dan perbankan. 
  • Mengetahui trend yang sedang laris di pasaran dan keinginan konsumen.

Kesimpulan

Big data memiliki manfaat di berbagai bidang khususnya di bidang bisnis. Meskipun berkapasitas sangat besar, namun data ini dapat dikelola dan dimanfaatkan. Data jenis ini juga dapat dianalisis dengan menggunakan pemahaman yang tertuju pada keputusan untuk merencanakan strategi bisnis menuju ke arah yang lebih baik. Perusahaan-perusahaan yang bergerak pada sektor bisnis dapat memanfaatkan informasi-informasi bermanfaat yang dihasilkan big data untuk mengoptimalkan proses pengambilan keputusan, agar target memaksimalkan raihan profit dapat tercapai. 

Sekawan Studio menyediakan jasa pembuatan website profesional untuk membantu optimalkan bisnis anda pada search engine Google.

Bagikan:

Tampilkan lebih banyak rekomendasi topik.

Dapatkan informasi dan notifikasi update artikel terbaru dari kami, untuk menambah pengetahuan seputar dunia teknologi.

Anda mungkin juga menyukai.

Mulai Proyek!

Tentukan paket pilihan sesuai dengan bisnis Anda.

Informasi Personal

Jl. Maninjau Raya No. 44, Sawojajar, Kec. Kedungkandang, Kota Malang, Jawa Timur 65139

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.

Hubungi Kami.

Jl. Maninjau Raya No. 44, Sawojajar, Kec. Kedungkandang, Kota Malang, Jawa Timur 65139

Ingin bergabung dengan program kami?

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.