Mengenal URL dan Cara Membuat Struktur Website yang SEO Friendly.

url adalah
Table of Contents

Istilah URL seringkali terdengar tidak begitu asing bagi khalayak khususnya bagi pengguna internet. Kerap kali pengetahuan mengenai apa itu URL didominasi sebagian orang hanya berfungsi sebagai alamat untuk membuka sebuah situs atau laman yang sering disebutnya sebagai link, namun pernyataan tersebut tidak ada bernilai salah. 

Bagi pemilik laman hal itu memberikan pengingat tersendiri untuk laman maupun alamat website yang telah dibuatnya juga sebagai fungsinya. 

Nah, dalam membuat alamat website yang telah kita buat tidak hanya sekedar memberikan link kepada pembaca maupun pengguna internet agar tidak salah alamat terlebih jika alamat laman kita mempunyai tujuan tertentu. 

Salah satu indikator untuk mengoptimalkan website yang telah dibuat yaitu dengan memperhatikan optimisasi untuk alamat yang digunakan. Pada artikel ini, akan mengulas arti URL secara lebih luas, jenis maupun struktur yang ada untuk dapat mengoptimalkan laman yang telah dibuat. 

Apa itu URL?

URL singkatan dari Uniform Resource Locator sebelumnya bernama Universal Resource Locator dikembangkan pada tahun 1991, rangkaian karakter yang disusun dengan format tertentu untuk mengidentifikasikan laman pada internet yang dapat berupa gambar, teks maupun dokumen. Secara garis besar, dapat disebut sebagai identifikasi lokasi yang berada di internet. Biasanya URL yang didapatkan berupa link sebagai alamat website yang digunakan.

Fungsi URL tidak Hanya Sebatas Lokasi dari Alamat Laman

Banyak pernyataan yang dikonsumsi oleh khalayak, bahwa fungsi dari Uniform Resource Locator (URL) hanya sebatas penanda lokasi dari alamat laman yang telah kita publikasikan. Namun, tidak menyempit itu saja banyak beberapa kegunaan yang belum banyak pengguna internet yang mengetahuinya. Apa saja fungsi lain dari URL? Berikut adalah fungsi URL yang dapat diketahui:

1. Mempermudah Menemukan Website 

Salah satu fungsi Uniform Resource Locator yaitu sebagai alamat website dapat ditemukan dengan mudah oleh pengguna, dengan rangkaian karakter dalam bentuk link atau hyperlink. Tak sedikit website yang ada di internet perambahan semakin berkembang tidak memungkinkan kita untuk mengingat semua laman tersebut. Sehingga pengguna, dapat untuk mengakses serta mendapatkan informasi kembali terkait alamat website yang pernah diakses. 

2. Mengetahui Identifikasi File dengan Mudah

Fungsi selanjutnya, dapat mengidentifikasikan file yang ada seperti identifikasi file berupa gambar, dokumen maupun bentuk lainnya. Karakter dalam yang ada di dalamnya secara tidak langsung akan membantu untuk mengidentifikasikannya.

3. Memberi Nama File yang Tersimpan

Selain itu, juga dapat memberikan penamaan terkait dengan isi file maupun konten yang ada di dalam website dapat dilakukan dengan menggunakan URL tersebut. Hal ini juga dapat memberi nilai kesesuaian terkait dengan isi laman dan dapat memberikan nilai optimasi terhadap isi konten website yang dibuat sebagai fungsinya.

4. Memberikan Alamat terhadap Dokumen

Fungsi terakhir, dapat digunakan sebagai pemberian alamat terhadap dokumen dapat juga berarti sebagai lokasi dokumen yang pernah kita buat berada. Dokumen ini berada pada website atau laman yang telah kita publikasikan dapat berupa dokumen itu sendiri atau file. 

Jenis URL

Pada dasarnya, jenis dari dari Uniform Resource Locator (URL) terdiri dari dua jenis. Berikut ini merupakan penjelasan secara lebih jelasnya.

1. URL Relative 

Jenis pertama, disebutkan sebagai URL relative adalah pembuatan alamat yang berdasarkan pada laman yang sedang aktif dan biasanya pada laman tersebut akan merujuk pada dokumen atau file yang sedang aktif juga.

2. URL Absolute

URL absolute memiliki penjelasan sebagai alamat rangkaian URL dilengkapi dengan letak dokumen serta domain yang saat itu digunakan. Format yang ditunjukkan bisa berupa domain-penyimpanan-dokumen, karena pada domain berisi penyimpanan yang menyimpan file atau dokumen yang digunakan di dalamnya. 

Cara Membuat URL

Dalam proses pembuatannya, anda perlu untuk mengenali tahapan dasar dalam menyusun struktur yang tepat. Berikut kami sajikan beberapa informasi terkait penyusunan struktur yang tepat dan sesuai kaidah SEO.

1. Struktur URL 

Struktur URL (Uniform Resource Locator) website, harus memperhatikan susunan yang digunakan dalam rangkaian maupun dalam pemilihan karakter. Elemen tersebut dapat dikatakan optimal jika susunan rangkaian karakternya tepat. Ada banyak nama protokol alamat, tetapi pengguna belum bisa mengidentifikasikan seperti apa, contohnya adalah sebagai berikut:

Susunan struktur alamat yang digunakan pada dasarnya berupa :

  • https yaitu Hypertext Transfer Protocol Secure untuk mengidentifikasikan protokol komunikasi internet berkomunikasi dengan server antara web klien dan web server.
  • Sekawanstudio yaitu mengidentifikasikan nama alamat yang digunakan dalam domain, pemilihan penamaan bisa bebas tergantung dengan ketersediaan nama pada domain.
  • .com yaitu mengidentifikasikan jenis domain yang dipakai tergantung dengan keperluan website. Dalam hal ini menggunakan domain .com karena website mempunyai keperluan untuk sebuah organisasi.
  • core-web-vitals yaitu mengidentifikasikan nama file yang akan diakses dalam internet, nama file yang merujuk pada alamat URL website.

2. Cara Membuat Struktur URL yang SEO Friendly

Setelah mengetahui struktur awal, kita masuk pada pembahasan mengenai bagaimana membuat struktur dari uniform resource locator yang tepat sesuai dengan kaidah SEO. Yang perlu anda perhatikan, pastikan untuk memahami setiap bagian dari alamat situs tersebut, contohnya adalah sebagai berikut:

https://sekawanstudio.com/portofolio/sekawan-media/

Susunan dari struktur tersebut meliputi:

  • Https, merupakan protokol aplikasi yang digunakan dalam world wide web (WWW).
  • Sekawanstudio.com, adalah nama domain.
  • Portofolio, merupakan sub direktori dari alamat situs.
  • Sekawan-media, merupakan nama file yang dicari.

Struktur URL yang baik dapat dilihat dari cara penulisannya dan memudahkan user dalam memahami konteks halaman tersebut. Dari segi penulisannya sendiri, sudah dipastikan bahwa orang yang mencari halaman tersebut akan dialihkan menuju halaman portofolio website Sekawan Media.

3. Mengapa Sangat Penting?

Nah, mungkin bagi sebagian dari anda tidak terlalu memperhatikan penulisan dari URL. Namun, hal ini akan sangat berguna jika anda mempunyai halaman situs dan sub kategori yang sangat banyak dan kompleks. Misalnya saja pada struktur website e-commerce yang tentunya mempunyai sitemap dan produk yang banyak. 

Sehingga, perlu adanya klasterisasi atau pengelompokkan berdasarkan jenis atau kategori tertentu untuk mempermudah user dalam mencari halaman yang ingin dituju. Berikut merupakan contoh yang dapat memberikan anda gambaran terkait dengan penyusunan URL yang benar.

Contoh 1:

http://brand.com/produk/456823

Contoh 2:

http://brand.com/produk/samsung-s21-premium

Dari kedua contoh tersebut, anda dapat langsung mengetahui letak perbedaannya. Sehingga penulisan yang tepat sesuai dengan standar SEO adalah contoh nomor 2. Dimana, pengguna dapat mengetahui bahwa halaman tersebut berisi terkait produk dari Samsung tipe S21 premium. 

Kesimpulan

Pada dasarnya URL (Uniform Resource Locator) adalah rangkaian karakter alamat website yang mempunyai banyak fungsi yang tidak hanya sebatas sebagai alamat dari sebuah situs. Penting dalam pengembangan dunia digital terutama dalam digital marketing dalam suatu perusahaan. URL mempunyai dua jenis yang berbeda yaitu relative dan absolute. Adanya pemahaman URL lebih jauh ini diharapkan dapat memperbaiki optimasi website terutama memerhatikan penamaan URL yang digunakan dalam alamat website.

Sekawan Studio membuka jasa desain website, jasa pembuatan website, dan  jasa maintenance website terpercaya untuk membantu mengoptimalkan situs anda agar lebih optimal dan mampu meningkatkan konversi bisnis yang didapatkan.

Bagikan:

Tampilkan lebih banyak rekomendasi topik.

Dapatkan informasi dan notifikasi update artikel terbaru dari kami, untuk menambah pengetahuan seputar dunia teknologi.

Anda mungkin juga menyukai.

Mulai Proyek!

Tentukan paket pilihan sesuai dengan bisnis Anda.

Informasi Personal

Jl. Maninjau Raya No. 44, Sawojajar, Kec. Kedungkandang, Kota Malang, Jawa Timur 65139

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.

Hubungi Kami.

Jl. Maninjau Raya No. 44, Sawojajar, Kec. Kedungkandang, Kota Malang, Jawa Timur 65139

Ingin bergabung dengan program kami?

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.