Apa itu React JS? – Pengertian, Fitur, dan Cara Kerjanya

React JS pada dasarnya adalah library open source Javascript yang digunakan untuk membangun User Interface website. Salah satu kelebihan yang dimiliki React adalah library ini berbasis komponen, sehingga dimungkinkan dapat dirender pada halaman mana saja tanpa perlu reload.
apa itu react js
Daftar Isi

React JS adalah perpustakaan JavaScript yang dirancang untuk membangun antarmuka pengguna (UI) yang interaktif dan efisien.

Dikembangkan oleh tim Facebook, React telah menjadi salah satu alat yang sangat populer di kalangan pengembang web karena kemampuannya untuk menyederhanakan pengembangan, meningkatkan kinerja aplikasi, dan memungkinkan pembangunan UI yang mudah dipelihara.

Saat ini, aplikasi web satu halaman, aplikasi seluler, atau aplikasi pada render server dengan kerangka kerja seperti NextJS semuanya dapat dikembangkan sebagai basis. 

React JS terus mengambil alih sebagai go-to stack untuk komunitas pengembangan web kontemporer selama beberapa tahun terakhir.

Untuk memahami lebih dalam lagi mengenai apa itu React JS, simak artikel di bawah ini!

Apa itu React JS?

React JS adalah library JavaScript open source yang didukung oleh Meta, sebelumnya Facebook, berfungsi dalam pengembangan software

Membuat aplikasi React JS biasanya memerlukan penggunaan library ekstra untuk perutean dan fungsionalitas sisi klien tertentu.

Hal ini dikarenakan React JS hanya peduli dengan manajemen status dan menyajikan informasi itu ke DOM.

Di sini, kita akan menjabarkan sebuah skenario nyata dalam memahami langsung tentang apa itu React JS.

Bayangkan selebritas favorit kita berbagi foto di Instagram atau media sosial lainnya. Sesaat setelah menyukai gambarnya, kita mungkin ingin membaca komentarnya juga. 

Sekarang setelah menyukai foto tersebut, kita dapat melihat bahwa jumlah suka telah meningkat sebanyak 100 saat membaca komentar, tetapi di saat bersamaan setelah membaca komentar, tidak ada pemuatan ulang halaman.

Kita ambil contoh tentang postingan di Instagram. Pada komponen postingan ini yang merupakan wadah antara lain like, comment, share, dan comment section. Jadi, tentu saja, sebuah halaman dapat dibagi menjadi beberapa komponen menggunakan React

Sejarah React JS

Dasar dari web adalah kode-kode HTML. Kemudian, pada tahun 1996, muncul Javascript dengan metode untuk berinteraksi dengan HTML DOM (Document Object Model). 

Setelah didirikan, Jquery diperkenalkan dalam memodifikasi DOM HTML. Pada tahun 2009, datanglah AngularJS, pencipta dari framework frontend yang menyediakan berbagai pilihan dalam membangun front-end kuat.

Sekarang, jika kita memperhatikan bahwa semua perubahan pada HTML ini dilakukan melalui javascript (Jquery, AngularJS, React JS dll).

Kelebihan React JS

Apa Itu React Js
(Foto: Unsplash)

1. React JS berbasis Komponen (Component Based)

React JS terdiri dari komponen-komponen sehinga memungkinkan developer menggunakan kembali beberapa komponen tersebut. 

Idealnya, saat kita mengembangkan komponen pembungkus dari React JS dimulai dari komponen yang lebih kecil terlebih dahulu, seperti tombol, kotak centang, menu tarik-turun, dan sebagainya.

Anda juga akan memiliki komponen root tunggal dan sejumlah komponen hierarki saat Anda terus menulis komponen pembungkus tingkat yang lebih tinggi.

Poin berikutnya sudah jelas di mana setiap komponen React memiliki logikanya sendiri. Oleh karena itu, komponen siap gunakan jika kita ingin menggunakan kembali komponen tombol di dalam program.

2. Menawarkan Lapisan Abstrak yang khas 

React juga memiliki keunggulan terkait bisnis yang kurang dikenal karena memungkinkan lapisan abstraksi yang efektif, mencegah pengguna akhir mengakses bagian dalam yang rumit. 

Penggunaan pola arsitektur seperti MVC, MVP, dan MVVM tidak diperlukan. Web atau app developer bebas membuat arsitektur sesuai kerja mereka. 

3. React JS Memudahkan Developer 

Pemilihan library yang lebih mudah dipahami serta diimplementasikan adalah salah satu hal yang utama bagi developer.

Bagi developer yang terbiasa dengan Javascript, React JS sangat mudah untuk dipahami dikarenakan bahasanya yang masih sangat mirip dengan Javascript murni.  

Namun, ini mungkin merupakan tempat yang baik untuk memulai bahkan jika pengembang tidak mengetahui Javascript. 

4. Adaptibility 

Kemudahan React JS ketika dipasangkan dengan framework atau bahasa pemrograman lain adalah salah satu kelebihannya yang paling menarik.

Kemampuan React untuk diadopsi dengan cepat dan mudah membuatnya mudah digunakan. Fungsi render React JS membuatnya mudah untuk mengikuti gaya pemrograman yang ramah pengguna dan fungsional kedepannya. 

Dengan diperkenalkannya ES2015 dan ES2016, gaya pemrograman yang lebih fungsional dan ramah pengguna telah menjadi salah satu bagian dari dunia maya.

5. Generator & Fungsi Asinkron

Fungsi dan generator asinkron yang disediakan oleh ES6 adalah salah satu faktor utama yang berkontribusi terhadap penggunaan React JS secara besar-besaran. 

Generator ini lebih disukai oleh pengembang dan pemrogram. Sebab, generator memberikan fleksibilitas untuk menjeda dan melanjutkan eksekusi fungsi JavaScript.

6. Free dan Open source 

Tak perlu dikatakan bahwa perangkat lunak yang gratis dan open source akan menjadi populer di kalangan programmer dan komunitas terkait. 

Penggunaan React diatur oleh para insinyur Facebook, tetapi memiliki akses gratis dan open source, sehingga memberi kita akses kepada kode yang dibuat oleh pemrogram terbaik. 

7. Library Fluks 9

React JS pada dasarnya adalah library yang terdiri dari bahasa pemrograman Javascript, seperti telah disebutkan sebelumnya. 

Salah satu library terbaik untuk React JS adalah Flux. Flux membuatnya sangat mudah bagi developer untuk menangani data di seluruh aplikasi.

8. Komunikasi Sisi Server

Fakta bahwa React memiliki fitur seperti komunikasi sisi server adalah salah satu alasan utama mengapa orang mengantisipasi penggunaan framework secara luas. 

Library React JS memberi programmer lebih banyak kontrol dengan memberi mereka “Hookcycle yang memungkinkan untuk melayani permintaan.

Dengan bantuan fungsi ini, kita dapat dengan mudah memutakhirkan library untuk mendukung kueri XHR karena sekarang Anda memahami cara kerjanya.

9. Utilitas BEJ

Programmer terus berdebat dengan penuh semangat tentang pemisahan HTML dari Javascript. Developer React JS berpikir bahwa karena keduanya terhubung secara efektif, perbedaan ini sebenarnya sangat kecil. 

Akibatnya, mereka memperkenalkan fitur JSX dan React JS, yang membuatnya sangat sederhana karena JSX membuat penalaran modul lebih mudah.

Fitur React JS

React JS menyediakan sejumlah fitur yang membuatnya menjadi salah satu pustaka JavaScript yang populer dan kuat untuk membangun aplikasi web.

Berikut adalah beberapa fitur utama React JS:

1. Komponen yang Dapat Digunakan Kembali (Reusability)

React memungkinkan pengembang untuk memecah antarmuka pengguna menjadi komponen yang terpisah dan dapat digunakan kembali.

Hal ini mempermudah pengelolaan kode dan memungkinkan penggunaan kembali komponen yang sama di berbagai bagian aplikasi.

2. Virtual DOM (Document Object Model)

React menggunakan Virtual DOM, yaitu salinan ringan dari DOM aktual aplikasi.

Virtual DOM memungkinkan React untuk memperbarui dan menyinkronkan perubahan pada tampilan dengan lebih efisien, karena hanya perubahan yang relevan yang diterapkan ke DOM aktual, bukan seluruh tampilan.

3. JSX (JavaScript XML)

JSX adalah ekstensi sintaksis yang digunakan dalam React untuk menulis kode komponen.

Ekstensi ini menggabungkan JavaScript dan XML/HTML, memungkinkan pengembang untuk menyatukan kode logika dan tampilan dalam satu file, yang membuat kode lebih mudah dibaca dan dipahami.

4. Arus Data Satu Arah (OneWay Data Flow)

React mengikuti pola arus data satu arah, di mana data mengalir dari komponen induk ke komponen anak.

Ini memudahkan pemahaman aliran data dalam aplikasi dan menghindari perubahan langsung pada komponen anak.

5. Komponen Hidup (Lifecycle Methods)

React menyediakan siklus hidup komponen yang terdiri dari sejumlah metode, seperti componentDidMount(), componentDidUpdate(), dan componentWillUnmount().

Metode ini memungkinkan pengembang untuk menjalankan kode pada titik-titik tertentu dalam siklus hidup komponen, seperti ketika komponen dipasang, diperbarui, atau dihapus.

6. State dan Props

React memisahkan data ke dalam state dan props. State adalah data yang dapat berubah pada suatu komponen, sementara props adalah data yang dikirimkan dari komponen induk ke komponen anak.

Menerapkan pemisahan ini memudahkan manajemen data dan memahami alur data dalam aplikasi.

7. Pembaruan yang Efisien

Melalui Virtual DOM, React dapat melakukan perubahan hanya pada bagian tampilan yang berubah, bukan seluruh halaman. Hal ini dapat mengoptimalkan kinerja aplikasi dan meningkatkan responsivitas.

8. React Hooks

Hooks adalah fitur terbaru dalam React yang memungkinkan pengembang untuk menggunakan state dan fitur-fitur lain dari React tanpa perlu menggunakan kelas komponen.

Dengan hooks, pengembang dapat mengorganisasi logika komponen dengan lebih sederhana dan fungsional.

9. Komunitas Besar dan Dukungan Aktif

React memiliki komunitas pengembang yang besar dan aktif, sehingga ada banyak sumber daya, tutorial, dan alat bantu yang tersedia untuk membantu dalam pengembangan aplikasi React.

Cara Install React JS

Berikut beberapa cara meng-install-nya:

1. Coba secara Online (Online Playground)

React JS menyediakan fasilitas untuk bermain dengan library tersebut untuk bisa mengenal lebih dekat dengan library tersebut.

Anda dapat langsung mengakses “Hello World template” melalui CodePen, CodeSandbox, atau Stackblitz.

2. Install React App

Kalian dapat langsung menginstall React App ini pada perangkat Anda untuk bisa digunakan, sebelum mengunduh salah satu syarat yang dibutuhkan adalah Anda harus memiliki Node JS minimal versi 14.0.0 dan NPM minimal versi 5.6.

Selanjutnya kalian bisa menuliskan perintah pada command prompt / Terminal pada komputer kalian sebagai berikut :

npx create-react-app ProjectBaru

Kemudian kalian bisa masuk kedalam project yang telah dibuat kemudian menjalankannya dengan menuliskan perintah sebagai berikut :

cd ProjectBaru
npm start

Cara Kerja React JS

React dapat membangun aplikasi web yang responsif, skalabel, dan mudah di-maintain. Cara kerja React JS dapat dijelaskan dalam beberapa langkah sebagai berikut:

1. Membuat Komponen

Pengembang membuat berbagai komponen dalam React, yang merupakan bagian-bagian terpisah dari tampilan dan berisi kode JavaScript, HTML, CSS, dan logika lainnya.

Komponen ini bisa sederhana, seperti tombol atau input teks, atau bisa kompleks, seperti daftar, formulir, atau tampilan data.

2. Render Komponen Awal

Setelah komponen-komponen dibuat, React akan memulai proses rendering dengan memanggil metode render() pada setiap komponen.

Metode ini mengembalikan struktur tampilan yang diinginkan dalam bentuk elemen Virtual DOM (Virtual DOM tree).

3. Membangun Virtual DOM (VDOM)

Setiap komponen dalam struktur tampilan akan diubah menjadi elemen Virtual DOM. Virtual DOM adalah representasi ringan dari DOM aktual.

Komponen ini berupa struktur data berbasis JavaScript, sehingga memungkinkan React untuk cepat memanipulasi dan membandingkan elemen dalam struktur tampilan.

4. Membandingkan Virtual DOM Lama dan Baru

Ketika ada perubahan data atau keadaan pada komponen, React akan memulai proses reconciling (penyesuaian).

Dalam proses ini, React akan membandingkan Virtual DOM sebelumnya dengan Virtual DOM yang baru.

Proses ini dikenal sebagai diffing, di mana React mengidentifikasi perubahan yang perlu diterapkan pada tampilan.

5. Update DOM secara Efisien

Setelah perbedaan diidentifikasi melalui proses diffing, React akan menghasilkan perubahan minimal yang diperlukan untuk DOM aktual, sehingga hanya komponen atau bagian dari tampilan yang berubah yang akan diperbarui di DOM.

Pendekatan ini memastikan efisiensi dan kinerja yang tinggi, karena React hanya melakukan perubahan pada elemen yang berubah, bukan seluruh halaman.

6. Rerender pada Perubahan

React memungkinkan pengembang untuk mengubah keadaan komponen. Ketika keadaan berubah, React akan secara otomatis memanggil metode render lagi untuk komponen terkait.

Proses ini akan membangun ulang Virtual DOM dan membandingkannya lagi dengan Virtual DOM sebelumnya untuk menerapkan perubahan pada DOM aktual.

7. Handling Events (Menangani Peristiwa)

React juga memungkinkan menangani peristiwa (events) dari komponen, seperti klik tombol, masukan formulir, dan lainnya.

Saat peristiwa terjadi, developer dapat menentukan fungsi-fungsi yang harus dijalankan, yang dapat mempengaruhi keadaan komponen atau merubah tampilan.

8. Siklus Hidup Komponen (Lifecycle)

React juga menyediakan siklus hidup komponen, yaitu metode-metode khusus yang dipanggil pada titik-titik tertentu dalam proses hidup suatu komponen.

Misalnya, komponen bisa memiliki metode seperti componentDidMount(), componentDidUpdate(), dan componentWillUnmount(), yang memungkinkan pengembang untuk menjalankan kode pada tahap-tahap tertentu dalam siklus hidup komponen.

Perbedaan React Native dan React JS

Perbedaan utama dari keduanya adalah React Native digunakan untuk membuat aplikasi seluler dari bawah ke atas, sedangkan React JS digunakan sebagai alar membuat halaman web. 

Biasanya, developer dapat menggunakan React JS sebagai alat untuk mengembangkan kode dalam bentuk komponen yang dapat digunakan kembali dan menambahkannya ke situs web.

Untuk membuat seluruh halaman, Anda dapat menggunakan komponen ini sendiri atau dikombinasikan dengan komponen React lainnya. 

Ini dikombinasikan dengan redux, mobX, atau teknologi lain dimana sudah dipilih untuk mengatur situs web.

Anda tidak dapat menambahkan React Native sebagai alat untuk proyek yang sudah ada. Program yang Anda gunakan untuk membuat ponsel dari nol disebut React Native.

React Native memungkinkan Anda untuk membuat skrip Java yang akan berinteraksi dengan kode asli.

Hal ini membuat developer dapat membangun sebagian besar aplikasi dalam javascript sembari tetap menggunakan kode asli dan komponen javascript.

Selain itu, React Native dapat memberikan akses ke sejumlah besar komponen yang dapat Anda manfaatkan langsung untuk membuat proyek.

Itulah dia penjelasan lengkap tentang React JS beserta sejarah, kelebihan, cara kerja, dan fiturnya yang perlu Anda ketahui.

Pada intinya, React JS adalah perpustakaan JavaScript yang dirancang untuk membangun antarmuka pengguna (UI) yang interaktif dan efisien.

React JS telah menjadi pilihan utama dalam pengembangan antarmuka pengguna modern. Dengan konsep komponen, Virtual DOM, dan ekosistem yang kuat, React tidak hanya mempermudah pengembangan UI, tetapi juga meningkatkan kinerja aplikasi secara signifikan.

Meskipun tantangan mungkin ada, keuntungan dalam hal efisiensi pengembangan dan kinerja membuat React menjadi alat yang sangat berharga dalam toolbox pengembang web modern.

Bagi mereka yang ingin membangun aplikasi web yang responsif, dinamis, dan mudah dipelihara, React JS tetap menjadi pilihan yang solid dan efektif.

Anda juga bisa membangun aplikasi berbasis website yang intuitif dan interaktif di Sekawan Studio.

Dengan adanya layanan jasa pembuatan website, kami akan memaksimalkan web bisnis dengan fitur eksklusif penunjang pengalaman pengguna yang nyaman. Tentunya, dikerjakan oleh tenaga ahli profesional dan berpengalaman di bidangnya.

Oleh karena itu, segera hubungi tim marketing kami untuk memperoleh informasi layanan dan harganya sekarang juga!

Bagikan:

Tampilkan lebih Banyak Rekomendasi Topik.

Dapatkan informasi dan notifikasi update artikel terbaru dari kami, untuk menambah pengetahuan seputar dunia teknologi.

Mulai Proyek!

Tentukan paket pilihan sesuai dengan bisnis Anda.

Informasi Personal

Cluster Coding Factory, KEK Singhasari, Jl. Raya Klampok, RT.04/RW.04, Pasrepan, Klampok, Kec. Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65153

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.

Mari wujudkan idemu.

Cluster Coding Factory, KEK Singhasari, Jl. Raya Klampok, RT.04/RW.04, Pasrepan, Klampok, Kec. Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65153

Raih keuntungan bersama kami!

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.