Implementasi Market Research dalam Sistem Informasi Pemasaran.

Market research adalah aktivitas mengumpulkan informasi tentang kebutuhan dan preferensi konsumen. Jenis-jenis market research yaitu exploratory research, descriptive research, casual researh dan predictive research.
market research
Table of Contents

Market Research memberikan informasi penting tentang pasar dan lanskap bisnis Anda. Ini dapat memberitahu Anda bagaimana perusahaan Anda dipersepsikan oleh pelanggan target dan klien yang ingin Anda jangkau. Ini dapat membantu Anda memahami cara terhubung dengan mereka, menunjukkan bagaimana Anda menghadapi persaingan, dan menginformasikan bagaimana Anda merencanakan langkah selanjutnya. Market Research juga dapat memainkan peran penting dalam proses pengembangan produk dan layanan Anda, membawanya ke pasar, dan memasarkannya ke konsumen. 

Pada artikel ini kami menjelaskan lebih dalam tentang definisi dari Market Research, serta tahap-tahap yang harus dilakukan untuk menganalisis Market Research. 

Apa Itu Market Research?

Kamus Inggris Oxford mendefinisikan Market Research sebagai “tindakan atau aktivitas mengumpulkan informasi tentang kebutuhan dan preferensi konsumen.” Namun, ini adalah definisi kerja dasar. Faktanya, Market Research memiliki banyak kegunaan selain mengidentifikasi perilaku dan tren konsumen, dan juga berfungsi untuk membantu pemangku kepentingan memahami kemampuan, efisiensi, dan kebutuhan terkait merek, produk, proses, dan layanan mereka sendiri, bahkan industri tempat mereka beroperasi. Pasar penelitian memegang kunci untuk memahami situasi saat ini dalam semua aspeknya dan kemudian mengeksplorasi cara terbaik untuk menavigasi ke masa depan yang tidak pasti.

Pengalaman setiap orang dalam Market Research berbeda-beda tergantung pada tujuan mereka, metodologi yang digunakan, dan jawaban yang diperoleh. Sebagian besar pemangku kepentingan memiliki pemahaman tentang betapa pentingnya Market Research untuk kesuksesan di masa depan, tetapi masih ada beberapa dasar yang dapat diperoleh dari tim wawasan. Tujuan utama dari Market Research adalah untuk memberikan jawaban yang akurat dan relevan atas pertanyaan pemangku kepentingan – sesuatu yang lebih spesifik akan bergantung pada pertanyaan itu sendiri.

Sejarah Market Research

Survei pertama yang diketahui dilakukan di Amerika Serikat adalah Sensus AS tahun 1790. Sementara beberapa penelitian survei terorganisir dilakukan antara saat itu dan awal 1900-an, pertumbuhan industri yang sebenarnya terjadi setelah Perang Dunia II. Pada bagian pertama abad ke-20, tidak ada cukup barang konsumsi yang tersedia untuk semua orang. Sebagian besar dari apa yang dibuat oleh produsen dapat dijual dengan mudah, dan karena itu mereka tidak peduli dengan “pemasaran”. Misalnya, sabun dibuat batch pada satu waktu dalam ceret dan dijual dalam potongan dari pintu ke pintu. Tidak ada variasi dalam warna, aroma, atau penampilan. 

Depresi Hebat tahun 1930-an, dan kemudian Perang Dunia II, mengubah semua itu. Kemajuan teknologi selama dan setelah perang sangat meningkatkan kapasitas produksi. Konsumen memiliki produk yang lebih banyak dan lebih baik untuk dipilih dan produsen harus memperhatikan pelanggan mereka. Pembuat sabun, yang memegang potongan “sabun biasa” yang tidak terjual, mulai menanggapi permintaan akan sabun pembersih yang lebih baik dan sabun yang lebih harum.

Pada saat inilah industri yang dikenal sebagai riset pemasaran muncul sebagai suara konsumen kepada produsen. Saat ini, pengumpulan dan analisis opini publik untuk masalah bisnis, politik, dan sosial disponsori oleh lembaga pemerintah, lembaga akademis, dan organisasi bisnis. Pertumbuhan riset pemasaran telah memungkinkan para sponsor ini mengembangkan program dan strategi khusus untuk memuaskan apa yang benar-benar diinginkan dan dibutuhkan orang Amerika. Pendapat Anda memang diperhitungkan. Survei dan bentuk Market Research lainnya adalah bagaimana opini Anda dikumpulkan.

6 Proses Dasar Market Research

Proses Market Research melibatkan riset pelanggan, pesaing, industri, dan lingkungan pasar Anda. Anda dapat meneliti masing-masing secara terpisah, lalu menggabungkan hasilnya untuk mendapatkan gambaran menyeluruh tentang posisi bisnis Anda di pasar.

Melakukan Market Research Anda sendiri umumnya lebih hemat biaya daripada mempekerjakan orang lain untuk melakukannya untuk Anda. Ini juga dapat membantu Anda membangun hubungan yang lebih kuat dengan pelanggan Anda, dan mempelajari keterampilan dan pengetahuan Market Research yang berharga. Namun, melakukan Market Research Anda sendiri dapat memakan waktu dan mungkin memerlukan keterampilan khusus untuk membuat penilaian yang tepat dan rekomendasi yang objektif.

Jika Anda berencana untuk melakukan Market Research Anda sendiri, pertimbangkan langkah-langkah penting ini.

1. Define the Problem

Sebelum Anda mulai meneliti pasar Anda, lakukan penyelidikan awal untuk mengetahui jenis informasi apa yang Anda butuhkan dan apa yang tersedia dan dapat dipercaya. Anda perlu memeriksa apakah Anda memiliki sumber yang cukup untuk mendapatkan informasi yang berguna. Jika tidak, Anda mungkin perlu mempertimbangkan kembali tujuan Market Research Anda. Atau, Anda mungkin menemukan banyak informasi yang sudah tersedia untuk Anda, sehingga Anda dapat mengurangi ruang lingkup penelitian Anda untuk menghemat waktu dan uang.

2. Develop the Research Plan

Penyelidikan awal Anda akan membantu Anda menentukan metode dan sumber apa yang perlu Anda gunakan untuk memenuhi tujuan Anda. Anda dapat memilih untuk menggabungkan pendekatan penelitian yang berbeda untuk mengumpulkan informasi yang tepat.

Anda juga harus mempertimbangkan berapa banyak waktu dan uang yang Anda miliki untuk melakukan Market Research dan apakah staf Anda dapat membantu. Ini akan memungkinkan Anda untuk mengetahui seberapa mendalam dan komprehensif penelitian Anda nantinya. Ini juga akan berdampak pada metode yang Anda gunakan.

3. Collect the Information

Setelah Anda memiliki rencana yang jelas untuk penelitian Anda, Anda dapat mulai mengumpulkan data. Pastikan Anda memantau anggaran Anda dengan hati-hati saat Anda melanjutkan – jangan biarkan pencarian informasi Anda melebihi anggaran Anda.

Untuk mendapatkan hasil maksimal dari Market Research Anda, pastikan semua informasi yang Anda kumpulkan sedetail dan selengkap mungkin. Data yang tidak lengkap dapat menghasilkan hasil yang menyesatkan atau tidak relevan.

4. Analyze the Information

Ingatlah tujuan penelitian Anda ketika Anda memproses data Anda. Menemukan beberapa cara praktis untuk memproses informasi dan data yang telah Anda temukan akan memudahkan Anda untuk mencapai kesimpulan di kemudian hari. Ini mungkin termasuk:

  • Menggunakan tabel untuk membuat daftar dan mengelompokkan informasi Anda
  • Mengidentifikasi tren dan tema utama 
  • Menulis kalimat untuk setiap poin utama yang Anda temukan (untuk membantu Anda mendapatkan gambaran akurat tentang apa poin dan opini utama itu), dan mengelompokkan tema inti bersama-sama.     

Baca Juga :
Mengenal Profesi Business Intelligence dan Perannya Di Dunia Bisnis
Strategi Tepat untuk Menjalankan Bisnis dengan Social Media Marketing
Mengenal Apa itu Video Marketing dan Contoh Implementasinya

5. Present the Findings

Menafsirkan atau menganalisis hasil yang Anda peroleh adalah langkah kunci untuk mendapatkan hasil maksimal dari Market Research Anda. Pada titik ini Anda bertujuan untuk mendapatkan pemahaman menyeluruh tentang apa yang dikatakan penelitian Anda – Anda mungkin mendapatkan beberapa hasil yang tidak terduga. Terbukalah dengan interpretasi Anda dan cobalah untuk tidak terpengaruh oleh bias Anda.

Saat Anda meninjau informasi Anda dan mulai menafsirkan apa artinya bagi Anda, pertimbangkan apakah Anda telah mengumpulkan cukup data untuk memberi Anda hasil yang konklusif. Anda mungkin perlu melakukan penelitian lebih lanjut untuk mencapai kesimpulan.

6. Make the Decision

Analisis data Anda memberikan dasar untuk menarik kesimpulan. Pada akhirnya, Market Research memberikan informasi yang mengurangi risiko dan ketidakpastian serta meningkatkan peluang Anda untuk sukses bisnis. Kesimpulan akhir harus memenuhi tujuan awal Anda; pertimbangkan opsi apa yang telah Anda temukan dalam analisis Anda untuk memenuhi tujuan bisnis Anda yang lebih besar.

Untuk mencapai kesimpulan tentang penelitian Anda:

  • Periksa tema dan tren utama
  • Tinjau tabel yang Anda buat saat memproses data Anda dan rujuk ke tujuan Anda untuk memastikan Anda memiliki informasi yang cukup untuk mencapai kesimpulan yang tepat
  • Menilai dan secara terpisah membuat daftar kekuatan, kelemahan, kekurangan  yang telah Anda identifikasi
  • Mencari celah dalam informasi Anda yang membuat sulit untuk menarik kesimpulan yang pasti dari hasil penelitian Anda
  • Tinjau rencana penelitian awal Anda dan pertimbangkan apa yang perlu Anda ubah untuk memberikan hasil yang lebih komprehensif. 

Apa Saja Tugas Market Research?

  • Konsultasikan dengan klien tentang tujuan dan persyaratan proyek
  • Merumuskan rencana dan menyajikannya kepada manajemen senior atau klien
  • Lakukan penelitian kuantitatif atau kualitatif
  • Rancang metode penelitian khusus seperti kuesioner
  • Memanfaatkan perangkat lunak statistik untuk mengelola dan mengatur informasi yang memantau kemajuan proyek penelitian
  • Kelola dan atur informasi dengan perangkat lunak statistik yang melakukan survei kualitatif atau kuantitatif
  • Menganalisis dan menafsirkan data untuk mengidentifikasi pola dan solusi, termasuk survei dan transkrip kelompok fokus
  • Tetap terinformasi sepenuhnya tentang tren pasar, pihak lain meneliti dan menerapkan praktik terbaik

Mengetahui Jenis-Jenis Market Research

Ada berbagai jenis riset pemasaran yang diklasifikasikan berdasarkan tujuan riset yang akan dilakukan studi dan sumber data yang digunakan untuk mengumpulkan informasi. Klasifikasi riset pemasaran yang banyak digunakan didasarkan pada tujuan fungsional riset dan diidentifikasi sebagai:

1. Exploratory Research

Peneliti menggunakan riset eksploratori ketika ia memiliki sedikit informasi tentang masalah penelitian dan perlu mendapatkan wawasan tentangnya sebelum menemukan solusi untuk itu. Hal ini mengharuskan peneliti untuk memperjelas konsepnya, mendapatkan wawasan, merumuskan masalah, menghilangkan ide-ide yang tidak praktis dan merumuskan hipotesis untuk memeriksa relevansi desain penelitian. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan data sekunder, yaitu informasi yang tersedia baik di dalam maupun di luar organisasi , melakukan studi observasional, berkonsultasi dengan pakar, dan memproses umpan balik dari pasar dan survei.

2. Descriptive Research

Penelitian deskriptif berkaitan dengan pengujian hipotesis untuk menemukan jawaban yang akurat dari masalah penelitian. Seperti, siapa calon pembeli produk tersebut?, Bagaimana produk tersebut dikonsumsi?, Berapa bagian dari populasi yang menggunakan produk tersebut?, Berapa perkiraan permintaannya? Dan siapa pesaing potensialnya? Tujuan dari Market Research deskriptif adalah untuk mengukur frekuensi terjadinya hal-hal dan sejauh mana variabel-variabel yang diteliti berkorelasi.

3. Causal Research

Market Research kausal dilakukan untuk menetapkan hubungan sebab akibat antar variabel, misalnya jika kemasan produk diubah lalu apa pengaruhnya terhadap daya tahan produk? Dengan demikian, penelitian ini dilakukan untuk menjelaskan fakta mengapa perubahan tertentu dalam satu variabel diamati karena perubahan yang lain.

4. Predictive Research

Seperti namanya, riset prediktif dilakukan untuk meramalkan atau memprediksi variabel pasar tertentu yang menjadi tujuan riset tersebut. Seperti memprediksi penjualan masa depan, proyeksi pertumbuhan, menguji pasar untuk memprediksi keberhasilan produk baru, menentukan lini produk perusahaan, dll

Contoh Brand Dengan Metode Market Research

Starbucks adalah brand rantai kedai kopi global terbesar dan tersukses yang pernah ada. Namun, bukan rahasia lagi bagaimana mereka menjadi perusahaan kopi nomor satu di dunia. 

Starbucks menjadi rantai kedai kopi terbesar di dunia karena nilainya untuk Market Research. Pendekatan Market Research Starbucks meliputi: 

  • Melacak tren budaya
  • Memantau media sosial 
  • Mengumpulkan umpan balik pelanggan 
  • Pengujian produk di dalam toko

Selama 12 tahun terakhir, Starbucks telah menggunakan Market Research dengan mendapatkan umpan balik dari costumer  melalui platform My Starbucks Idea. Platform ini pada dasarnya memungkinkan pelanggan, calon pelanggan, dan karyawan untuk mengunjungi situs web untuk mengirimkan ide kreatif apa pun yang mereka hasilkan.

Ide-ide ini dapat berkisar dari penawaran baru hingga perubahan kecil pada produk saat ini. Starbucks mempertimbangkan semua umpan balik pelanggan untuk bisnis dan strategi pemasaran mereka. 

Keterkaitan Market Research Dengan Sistem Informasi Pemasaran

Sistem informasi pemasaran adalah cara untuk mengelola sejumlah besar informasi yang dimiliki perusahaan—profesional dan manajer pemasaran informasi perlu membuat keputusan yang baik. Sistem informasi pemasaran berkisar dari sistem berbasis kertas hingga sistem komputer yang sangat canggih. Idealnya, bagaimanapun, sistem informasi pemasaran harus mencakup komponen-komponen berikut:

  • Sebuah sistem untuk merekam data dan laporan yang dihasilkan secara internal
  • Sebuah sistem untuk mengumpulkan intelijen pasar secara berkelanjutan
  • Perangkat lunak analitik pemasaran untuk membantu manajer dalam pengambilan keputusan
  • Sebuah sistem untuk merekam informasi riset pemasaran

Kesimpulan

Market Research dapat menjawab pertanyaan untuk berbagai masalah, mulai dari memahami tren industri, menentukan produk baru untuk dikembangkan dan dikirimkan ke pasar, atau memutuskan lokasi outlet mana yang akan ditempatkan, hingga pemahaman yang lebih baik tentang apa yang diperlukan untuk memuaskan pelanggan. membuat mereka setia pada bisnis Anda.

Sekawan Studio membuka jasa desain website, jasa pembuatan website, dan jasa maintenance website untuk membantu proses optimasi kecepatan situs Anda di search engine Google.

Bagikan:

Tampilkan lebih banyak rekomendasi topik.

Dapatkan informasi dan notifikasi update artikel terbaru dari kami, untuk menambah pengetahuan seputar dunia teknologi.

Anda mungkin juga menyukai.

Mulai Proyek!

Tentukan paket pilihan sesuai dengan bisnis Anda.

Informasi Personal

Jl. Maninjau Raya No. 44, Sawojajar, Kec. Kedungkandang, Kota Malang, Jawa Timur 65139

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.

Hubungi Kami.

Jl. Maninjau Raya No. 44, Sawojajar, Kec. Kedungkandang, Kota Malang, Jawa Timur 65139

Ingin bergabung dengan program kami?

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.