Gunakan Mainframe, Inovasi Teknologi Dengan Multi-User.

Mainframe adalah komputer berperforma tinggi dengan volume memori, kecepatan komputasi, dan kinerja tinggi. Fungsi penggunaannya pada bisnis yaitu dapat memudahkan para pelaku bisnis retail dalam melacak dan mengelola stok. Beberapa contoh komputer mainframe yang dapat digunakan yaitu IBM System z9; z10; z13 dan lain-lain.
komputer mainframe
Table of Contents

Komputer yang digunakan dalam organisasi besar untuk mengelola aplikasi penting seperti pemrosesan data massal, perencanaan sumber daya perusahaan, dan pemrosesan transaksi disebut mainframe. Performanya relatif lebih tinggi daripada sistem lain, dan sejumlah besar memori dan prosesor digunakan dalam sistem.

Merupakan teknologi di mana permintaan yang diterima diproses dengan cepat dan dikirim ke kartu prosesor terkait. Sistem ini digunakan oleh perusahaan IT besar dan Walmart, NASA dll. Mainframe akan digunakan dalam waktu dekat dan tidak akan segera mati. Komputer adalah persediaan sistem yang stabil bagi banyak perusahaan.

Apa Itu Mainframe? 

Dilansir dari IBM, mainframe adalah jenis komputer yang umumnya dikenal karena ukurannya yang besar, volume memori, kecepatan komputasi, dan kinerja tinggi. Perusahaan besar menggunakan ini terutama untuk aplikasi mission-critical yang menuntut penyimpanan data dalam jumlah besar.

Biasanya ada beberapa fitur yang umum untuk semua: kira-kira setiap mainframe mendapat kesempatan untuk mengelola (atau banyak) berbagai sistem operasi. Sistem ini dapat menambah daya atau menukar perangkat dengan cepat tanpa interupsi. Sistem ini diharapkan dapat menangani input dan output ( I/O) dengan kepadatan yang sangat masif dan mengutamakan efisiensi komputasi. Sebuah mainframe tunggal dapat menggantikan ribuan server yang lebih kecil, atau bahkan puluhan.

Mainframe adalah sistem berkinerja tinggi yang digunakan untuk tujuan komputasi secara luas yang membutuhkan fleksibilitas yang lebih besar daripada perlindungan yang akan diberikan oleh mesin yang lebih sederhana. Secara tradisional dikenal dengan jaringan seperti internet alih-alih komputasi terdistribusi, bahwa meskipun diferensiasi mendistorsi karena komputer yang lebih sempit menjadi lebih kuat dan menjadi lebih lintas tujuan.

Bagian utama dipasang di bingkai logam dari rekaman persegi yang mungkin merupakan sumber inspirasi. Mainframe standar mungkin menghabiskan 2000-10.000 meter persegi di latar belakang, sedangkan untuk tipe terbaru memiliki panjang yang hampir sama dengan lemari es besar.

Mengetahui Komponen Utama Mainframe

1. Processing Unit 

CPU memiliki berbagai papan sirkuit tercetak, modul memori, prosesor yang berbeda, dan antarmuka untuk setiap saluran. Semua saluran berfungsi sebagai media komunikasi antara terminal input/output dan modul memori. Tujuan utama menggunakan semua saluran tersebut adalah untuk mentransfer data dan untuk mengelola komponen sistem.

2. Controller Unit 

Unit kontrol disebut juga bus. Dalam sistem komputer ini memiliki beberapa bus untuk perangkat yang berbeda seperti tape, disk dll, dan selanjutnya dihubungkan ke area unit penyimpanannya.

3. Storage Unit 

Unit penyimpanan digunakan untuk melakukan tugas yang berbeda seperti memasukkan data, menyimpan, mengambil, dan mengakses data. Unit penyimpanan berisi beberapa perangkat seperti hard drive; tape drive, kartu punch dll, dan ini dikendalikan oleh CPU. Perangkat ini memiliki kapasitas jutaan kali lebih cepat ke PC.

4. Multiprosesor

Sistem komputer ini terdiri dari unit multiprosesor; itu berarti memiliki banyak prosesor untuk memproses data besar dalam kerangka waktu kecil dengan menggunakan (penanganan kesalahan dan penanganan interupsi).

5. Motherboard

Motherboard Mainframe berisi beberapa prosesor berkecepatan tinggi, memori utama (RAM), dan berbagai bagian perangkat keras yang menjalankan fungsinya melalui arsitektur busnya. Pada motherboard ini digunakan konsep bus 128 bit.

Baca juga :
Mengenal Rack Server, Solusi Efisiensi Peralatan Maintenance Anda
Spesifikasi CPU untuk Developer Website dan Gamers
Kenali Motherboard, Penyedia Konektivitas Elektrik Penghubung Komputer

6. Cluster Controller System 

Ini adalah perangkat khusus yang dirancang untuk menghubungkan terminal saluran ke sistem terminal host. Sistem pengontrol klaster memiliki dua varian yaitu pengontrol klaster yang terhubung dengan saluran dan pengontrol klaster yang terhubung dengan tautan.

7. Input/Output Channels 

Sistem komputer mengarah ke beberapa teknik seperti IOCDS, ESCON, FICON, CHIPD, dan banyak lagi.

  • ICODS – ICODS adalah singkatan dari I/O Control Data Set.
  • ESCON – ESCON adalah singkatan dari Enterprise System Connection.
  • FICON – FICON adalah singkatan dari Fiber Connector.

Bagaimana Cara Kerja Mainframe?

Komputer Mainframe
© Unsplash

Cara kerja komputer mainframe dibagi menjadi beberapa segmen, di bawah ini dijelaskan setiap segmen.

1. Sistem Gudang Data

Setiap komputer berisi hard disk untuk menyimpan data untuk umur panjang, tetapi komputer mainframe ini menyimpan seluruh data dalam dirinya sendiri ke dalam bentuk aplikasi. Ketika semua pengguna mencoba untuk masuk dari jarak jauh dengan terminal yang terhubung, maka komputer dengan sistem ini memungkinkan semua terminal jarak jauh untuk mengakses semua file serta program mereka.

2. Pertahankan Izin Akses Otentikasi

Karena menyimpan semua data dan file program ke dalam satu sistem mainframe, dapat meningkatkan produktivitas serta efisiensinya. Administrator memiliki akses untuk memasukkan semua aplikasi dan data ke dalam sistem, dan mereka dapat memutuskan berapa banyak pengguna yang harus mengaksesnya. Jadi, sistem mainframe memiliki tembok kokoh yang bagus untuk serangan penyusup yang berbahaya.

3. Alokasikan Kerangka Waktu Prosesor

Sistem komputer mainframe berisi jumlah waktu pemrosesan yang terbatas untuk dibagi menjadi semua pengguna, yang saat ini masuk ke sistem. Sistem ini memutuskan jenis prioritas mana yang harus dihubungkan dengan berbagai jenis pengguna. Administrator memiliki kekuatan untuk memilih bagaimana menetapkan waktu prosesor.

Fungsi Mainframe Dalam Sistem Bisnis

Dewasa ini, industri ritel berkembang pesat. Beberapa perusahaan ritel besar memiliki basis pelanggan yang besar, sehingga sistem komputer mainframe adalah pilihan terbaik untuk memantau persediaan mereka dengan tingkat yang akurat, dan mampu melakukan transaksi besar (miliar) dalam waktu singkat. Jika, setiap organisasi besar mendapatkan satu kesalahan perhitungan di seluruh entri maka itu dapat menyebabkan masalah besar karena salah tafsir.

Toko tradisional juga menggunakan komputer mainframe selama beberapa dekade, dan ini paling sering digunakan oleh pengecer besar di seluruh dunia. Ada banyak penjelasan untuk perubahan ini, tetapi penjelasan utamanya adalah bahwa teknologi ini akan mempermudah pelacakan dan pengelolaan stok. Setiap perusahaan ritel besar, apakah itu slab-and-mortar atau seluruhnya online, ingin dapat mengelola inventarisnya secara efisien sebagai bagian dari operasi sehari-hari.

Sebuah kesalahan penilaian atau kesalahpahaman dapat menyebabkan masalah besar yang dapat meliputi seluruh organisasi. Komputer dengan jenis ini mampu membantu bisnis mencegah masalah ini dengan memungkinkan mereka mengelola transaksi besar dan menyimpan data inventaris dengan mudah. Pengecer tidak hanya menggunakan mesin untuk produksi, tetapi itu adalah daya tarik utama mereka untuk bisnis ini.

Contoh Komputer Mainframe

Berikut ini merupakan beberapa contohnya yang dapat Anda gunakan dalam sistem bisnis Anda:

  • IBM System z9
  • IBM System z10
  • IBM System z13
  • Fujitsu ICL VME
  • Hitachi Z800
  • Honeywell Bull DPS 7
  • AS/400 System

Kelebihan Menggunakan Mainframe

1. Kekuatan Komputasi Ultra

Komputer mainframe mampu memproses data yang sangat besar dan menjalankan aplikasi yang rumit dengan kecepatan komputasi yang sangat tinggi.

2. Skala-kemampuan

Komputer mainframe dapat mendukung prosesor daya ekstra besar, dan dapat digunakan dengan menambahkan beberapa prosesor ultra-daya, memori, dan perangkat penyimpanan saat diperlukan untuk memproses data besar secara bersamaan.

3. Sistem Virtualisasi

Dengan menggunakan properti Virtualisasi, sistem komputer Mainframe dapat dibagi menjadi segmen-segmen logis kecil untuk menghilangkan batasan memori, dan kami dapat menghasilkan kinerja komputasi yang hebat.

4. Keandalan

Sistem komputer mainframe mampu mengidentifikasi kesalahan dan bug mereka, dan dapat memulihkannya sendiri tanpa sumber daya tertanam lainnya. Saat ini, sistem komputer dengan sistem ini modern mampu sering berjalan selama 40 hingga 50 tahun tanpa mendapatkan kesalahan.

5. Layanan Mandiri

Jika sistem komputer mainframe mengalami error selama waktu pemrosesan, maka sistem tersebut mampu memperbaikinya tanpa menurunkan kinerjanya dalam waktu singkat.

6. Perlindungan

Sebagian besar komputer mainframe digunakan oleh organisasi skala besar karena mereka perlu mengamankan data rahasia mereka. Jadi, sistem komputer mainframe memungkinkan untuk lebih memperhatikan perlindungan otentikasi untuk menyimpan data.

7. Kustomisasi Fleksibel

Kustomisasi sistem mainframe dilakukan sesuai kebutuhan klien. Komputer dengan jenis ini dapat mendukung beberapa sistem operasi secara bersamaan.

Sistem mainframe semakin populer karena kinerjanya yang tahan lama (hingga 40 tahun). Sistem mainframe adalah pendukung jutaan transaksi per detik. Itu dapat mengontrol jutaan pengguna dan aplikasi secara bersamaan.

Baca juga :
Memahami Data Warehouse, Database Relational untuk Analisis Data
Berkenalan dengan Cloaking, Pengertian Hingga Penalti dari Google
Mengenal Protokol Jaringan Dalam Dunia Digital 

Kesimpulan

Mainframe adalah lemari besar yang menampung unit pemrosesan pusat ( CPU ) dan memori utama komputer awal. Istilah tersebut terus berlanjut untuk menggambarkan dan membedakan komputer yang lebih besar ini, yang dikenal karena ukuran dan jumlah penyimpanannya yang cukup besar, kekuatan pemrosesan, dan keandalannya, dari rekan-rekan yang lebih kecil seperti server, komputer mini, stasiun kerja, dan komputer pribadi (PC). Sementara mainframe adalah istilah umum, kebanyakan orang langsung mengasosiasikan pekerja keras komputasi ini dengan IBM dan System Z , model yang paling populer dan banyak digunakan. Z15 adalah model terbaru.

Sekawan Studio menyediakan paket jasa pembuatan website profesional dan UMKM untuk membantu meningkatkan visibilitas situs di Google

Bagikan:

Tampilkan lebih banyak rekomendasi topik.

Dapatkan informasi dan notifikasi update artikel terbaru dari kami, untuk menambah pengetahuan seputar dunia teknologi.

Anda mungkin juga menyukai.

Mulai Proyek!

Tentukan paket pilihan sesuai dengan bisnis Anda.

Informasi Personal

Jl. Maninjau Raya No. 44, Sawojajar, Kec. Kedungkandang, Kota Malang, Jawa Timur 65139

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.

Hubungi Kami.

Jl. Maninjau Raya No. 44, Sawojajar, Kec. Kedungkandang, Kota Malang, Jawa Timur 65139

Ingin bergabung dengan program kami?

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.