Mail Server: Definisi, Fungsi, Contoh, dan Cara Kerjanya

Mail server adalah sistem komputer yang mengirim dan menerima email. Contoh mail server diantaranya adalah Amazon SES, Halon MTA, Microsoft Exchange Server, Open SMTPD, Open-Xchange, dan Oracle Beehive.
mail server
Daftar Isi

Sebuah jarak jauh atau komputer pusat yang memegang surat elektronik ( e-mail ) pesan untuk klien pada jaringan disebut mail server. Mail Server mirip dengan kantor pos, tempat surat disimpan dan disortir sebelum dikirim ke tujuan akhirnya. Ketika pengguna meminta emailnya, kontak dibuat dengan server ini, yang kemudian mengirimkan semua yang disimpan ke komputer klien. 

Pengertian Mail Server

Mail server, pada dasarnya adalah sistem komputer yang mengirim dan menerima email. Saat Anda mengirim email, email tersebut melewati serangkaian server untuk mencapai tujuan akhirnya. Meskipun proses ini sangat cepat dan efisien, ada banyak kerumitan dibalik pengiriman dan penerimaan email.

Komunikasi email melibatkan protokol dan proses yang kompleks. Biasanya mail server adalah komputer atau mesin yang memiliki sistem yang lengkap dengan aplikasi atau layanan yang berbeda. Berdasarkan jenis tindakan yang mereka lakukan, mail server dapat dikategorikan menjadi mail server masuk dan keluar.

Mail Server atau juga dikenal sebagai agen transfer surat, atau MTA; agen transportasi surat ; perute surat ; atau internet mailer — adalah aplikasi yang menerima email masuk dari pengguna lokal dan pengirim jarak jauh dan meneruskan pesan keluar untuk dikirim. Microsoft Exchange, Exim dan Sendmail adalah contoh umum dari program yang ditangani server ini. 

Mail server bekerja dengan program lain untuk membuat sistem pesan. Sistem perpesanan mencakup semua aplikasi yang diperlukan untuk menjaga email tetap lancar. Saat email dikirim, program, seperti Microsoft Outlook, meneruskan pesan ke mail server. Setelah itu, kemudian meneruskan pesan ke mail server lain atau ke area penyimpanan di server yang sama untuk diteruskan nanti.

Hubungan antara Mail Server dengan SMTP

Protokol pada mail server yang digunakan untuk mengirimkan email adalah STMP. Simple Mail Transfer Protocol (SMTP) adalah teknologi yang memungkinkan email dikirim dari satu server ke server lain hingga terkirim ke kotak surat Anda.

Dengan kata lain, SMTP adalah protokol internet yang menghubungkan mesin dan membantu mengirimkan email Anda. Ini tukang pos virtual Anda. Tetapi penting untuk dijelaskan bahwa SMTP eksklusif untuk mengirim email. Tugas menerima dan mengirim pesan terserah pada server email yang masuk, yang disebut POP3 (Post Office Protocol) dan IMAP (Internet Message Access Protocol).

Cara Kerja Mail Server

Untuk memudahkan pemahaman, kami telah membuat proses langkah demi langkah dasar untuk mengirim email. Ini adalah versi yang sangat disederhanakan, tetapi memungkinkan Anda untuk memahami bagaimana email dikirim.

1. Menghubungkan ke Server SMTP

Saat Anda mengirim email, layanan atau penyedia email Anda, seperti Gmail, Exchange, Office 365, dan Zimbra, akan terhubung ke server SMTP. Server SMTP tersebut terhubung ke domain Anda dan memiliki alamat tertentu, seperti smtp.gatefy.com. atau smtp.contoh.com. Pada tahap ini, layanan email Anda akan memberikan beberapa informasi penting kepada server SMTP, seperti alamat email Anda, isi pesan, dan alamat email penerima.

2. Memproses Domain Email Penerima

Server SMTP sekarang akan mengidentifikasi dan memproses alamat email penerima. Jika Anda mengirim email ke orang lain di perusahaan Anda, yaitu ke domain yang sama, pesan akan diarahkan langsung ke server IMAP atau POP3. Jika tidak, jika Anda mengirim pesan ke perusahaan lain, misalnya, server STMP perlu berkomunikasi dengan server email perusahaan tersebut.

3. Mengidentifikasi IP Penerima

Pada tahap ini, server SMTP Anda harus terhubung dengan DNS (Domain Name System) untuk menemukan server penerima. DNS bekerja seperti sistem terjemahan. Ini akan membantu untuk mengubah domain penerima menjadi alamat IP. Omong-omong, IP adalah nomor unik yang mengidentifikasi mesin atau server yang terhubung ke internet. SMTP membutuhkan IP untuk menjalankan fungsinya dengan benar, sehingga dapat mengarahkan pesan ke server penerima.

4. Mengirimkan Email

Tapi tidak semuanya sesederhana kelihatannya. Umumnya, email Anda akan melalui server SMTP berbeda yang tidak terkait hingga mencapai server SMTP penerima. Ketika penerima menerima email, SMTP memeriksa pesan dan kemudian mengarahkannya ke server IMAP atau POP3. Email kemudian masuk ke antrian dan diproses hingga tersedia untuk diakses oleh penerima.

Nah, sekarang email sudah bisa dibaca. Dan Anda tahu dasar-dasar tentang mail server masuk dan keluar. Tetapi untuk menyimpulkan, kita masih perlu berbicara tentang perlindungan keamanan email. 

Salah satu cara mendasar dalam mendapatkan Backlink dengan organik, dapat kita lakukan dengan membuat konten berkualitas. Seorang penulis konten dalam sebuah website diharuskan mempunyai kemampuan dan kredibilitas yang baik untuk menciptakan konten. Tidak hanya baik, sebuah konten berkualitas juga harus unik dan dapat memecahkan berbagai masalah pengguna.

Ketika berbagai masalah pengguna dapat dipecahkan dengan baik melalui konten solusi nan informatif yang kita berikan, maka rasa terbantu dari pengguna akan secara otomatis dapat mentrigger bawah sadar pengguna untuk membagikan konten yang ia telah baca kepada khalayak di sekitarnya. Hal seperti berhubungan dengan erat dengan yang sering kita kenal dengan testimoni pengguna atau testimoni konsumen. 

Baca Juga :
Mengenal Rack Server, Solusi Efisiensi Peralatan Maintenance Anda 
Protokol POP3 Untuk Mengelola Program Email Perusahaan Anda

Fungsi Mail Server

Paling sederhana, protokol ini mampu mengumpulkan dan mendistribusikan email ke tujuan yang diinginkan. Anda dapat menganggapnya sebagai komputer yang bertindak sebagai kantor pos elektronik untuk email, yang memungkinkan Anda untuk mengontrol transfer email dalam jaringan melalui protokol yang berbeda. 

Mail server juga dapat mengenkripsi transfer email, sehingga orang lain tidak dapat mengakses informasi email pribadi Anda. Beberapa juga dapat menyediakan fitur keamanan tambahan terhadap serangan keamanan siber.

Baik Anda memeriksa email dari ponsel, di kantor, di web, atau dengan menggunakan solusi perangkat lunak, email Anda ditangani oleh server email masuk dan keluar. Tanpa mesin protokol dan perangkat lunak server yang diminyaki dengan baik ini, Anda tidak akan menerima semua pesan penting atau email sensitif waktu Anda. Selain itu, masalah dengan inbox mail dalam server Anda dapat menimbulkan tantangan bagi email Anda yang masuk tepat waktu atau tidak sama sekali.

Manfaat Mail Server

1. Keamanan

Layanan email harus menggunakan alat canggih untuk melindungi informasi. Fitur lain yang mungkin disediakan oleh penyedia email termasuk enkripsi, antimalware, pemfilteran spam, dan alat pencegahan kehilangan data. 

2. Biaya

Mail server lokal lebih mahal di muka tetapi juga memberikan kontrol yang lebih baik atas sistem dan keamanan. Layanan email berbasis cloud biasanya memiliki lebih sedikit biaya di muka dan membutuhkan lebih sedikit perawatan.

3. Pengarsipan dan Penyimpanan

Pastikan vendor menawarkan penyimpanan yang cukup untuk pengarsipan email. Beberapa layanan mungkin juga menawarkan opsi untuk memindahkan pesan lama ke arsip secara otomatis.

4. Kesesuaian

Layanan email juga dapat menawarkan opsi untuk menyinkronkan dengan aplikasi berbasis web dan seluler, seperti email, kalender, dan aplikasi kontak.

Contoh Mail Server

  • Amazon SES adalah platform berbasis cloud dengan antarmuka SMTP
  • Halon MTA adalah operasi email dan platform keamanan yang menggunakan SMTP 
  • Microsoft Exchange Server adalah platform email, kalender, kontak, penjadwalan, kolaborasi berbayar yang digunakan pada sistem operasi windows server
  • Open SMTPD adalah MTS gratis yang dikembangkan sebagai bagian dari OpenBSD
  • Open-Xchange adalah perangkat lunak kolaborasi dan produktivitas kantor berbasis web gratis dengan kemampuan email dan penjadwalan
  • Oracle Beehive adalah platform kolaborasi berbayar yang menggabungkan email, pesan instan, dan konferensi. 

Kesimpulan

Mail server adalah komputer dengan fungsi mail transfer agent (MTA). Surat dipertukarkan antara server yang menjalankan perangkat lunak khusus, yang dibangun di sekitar protokol standar untuk menangani pesan dan kontennya yang bervariasi (multimedia).

Mail Server menerima email dari MTA lain, agen pengguna email (MUA) atau agen pengiriman email (MSA) dengan detail transmisi yang ditentukan oleh SMTP. Ketika MTA menerima email dan penerima email tidak dihosting secara lokal, email akan diteruskan ke MTA lain.

Setiap kali ini terjadi, MTA menambahkan tajuk jejak “diterima” di tajuk atas pesan. Ini menunjukkan semua MTA yang telah menangani pesan sebelum tiba di kotak masuk penerima. Fitur yang berguna ini memungkinkan administrator untuk melihat apakah jalur yang optimal telah diambil.

Sekawan Studio menawarkan paket jasa maintenance website untuk membantu proses audit situs Anda secara maksimal. Sehingga, keamanan, kecepatan, dan efisiensi website tetap terjaga untuk memaksimalkan produktivitas bisnis Anda.

Bagikan:

Tampilkan lebih Banyak Rekomendasi Topik.

Dapatkan informasi dan notifikasi update artikel terbaru dari kami, untuk menambah pengetahuan seputar dunia teknologi.

Mulai Proyek!

Tentukan paket pilihan sesuai dengan bisnis Anda.

Informasi Personal

Cluster Coding Factory, KEK Singhasari, Jl. Raya Klampok, RT.04/RW.04, Pasrepan, Klampok, Kec. Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65153

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.

Mari wujudkan idemu.

Cluster Coding Factory, KEK Singhasari, Jl. Raya Klampok, RT.04/RW.04, Pasrepan, Klampok, Kec. Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65153

Raih keuntungan bersama kami!

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.