Cara Membuat Company Profile Website yang Menarik.

company profile
Table of Contents

Untuk memperkenalkan produk atau jasa layanan sebuah perusahaan, tentu harus memerlukan suatu pendekatan khusus untuk lebih memaksimalkan kampanye pemasaran. Salah satu hal penting yang harus dilakukan oleh sebuah organisasi maupun startup adalah dengan membuat company profile website. Hal tersebut bertujuan agar pelanggan dapat lebih mengenal produk dan fungsionalitasnya.

Oleh karena itu, sebuah outline yang sesuai perlu untuk membuat dan menuliskan profil perusahaan dengan baik dan dapat membuat user dapat menjadi pelanggan tetap. Dalam artikel kali ini, kami akan membahas lebih dalam mengenai bagaimana cara mengembangkan dan membuat profil pada website perusahaan yang menarik dan dapat mendatangkan klien produk anda.

Pengertian Company Profile

Company Profile
© Unsplash

Sebenarnya, apa itu company profile? Menurut istilah, company profile adalah gambaran atau rancangan umum untuk memperkenalkan kepada audiens mengenai produk atau layanan melalui platform berbasis web maupun mobile. Secara garis besar, isi dari profil tersebut pada umumnya berupa gambaran umum deskripsi perusahaan, visi-misi, serta tujuan dan alasan menjual produk kepada customer.

Dengan pembuatan profil perusahaan ini, dapat berfungsi sebagai media publik relasi yang tepat untuk merepresentasikan company. Selain itu, tujuan utama dari pembuatan profil tersebut adalah untuk meningkatkan brand awareness layanan atau product campaign dari perusahaan tersebut. Selanjutnya, kita akan membahas terkait dengan hal apa saja yang dibutuhkan untuk pembuatan company profile.

Hal-hal yang Terdapat dalam Company Profile

Berikutnya, apa saja yang perlu anda lakukan untuk membuat company profile yang sesuai dan menarik dalam kebutuhan branding? Berikut ini terdapat beberapa langkah yang perlu anda implementasikan untuk merancang konsep dan struktur outline.

1. Deskripsi Perusahaan 

Pertama, yang perlu anda muat pertama kali dalam penulisan profil perusahaan adalah menambahkan daftar deskripsi terkait proses pembentukan perusahaan, layanan, baik secara umum maupun detailnya. 

Detail informasi yang perlu anda cantumkan, khususnya pada saat membuat website untuk kebutuhan pengenalan profil, yaitu menambahkan nama, tanggal, alamat, email, dan nomor perusahaan. Hal tersebut sangatlah penting untuk memberikan informasi detail, mengenai bagaimana cara customer dapat menghubungi perusahaan anda dengan data yang tepat.

Kemudian, untuk pengenalan secara umum, dapat berupa mengenai penjelasan bagaimana proses awal terbentuknya perusahaan atau startup tersebut. Dengan demikian, konsumen dapat lebih memahami dan percaya untuk memakai produk anda.

2. Status Perusahaan

Kedua, yang perlu anda perhatikan adalah mengenai status dari perusahaan tersebut, apakah berupa Perseroan Terbatas (PT), CV, startup, maupun perusahaan. Selain itu, pelanggan perlu untuk mengetahui produk atau layanan secara jelas, padat, dan dapat merepresentasikan dengan sesuai dari bisnis tersebut. Misalnya saja, terdapat startup yang bergerak di bidang pengembangan website ecommerce, software house, jasa desain, dan lain sebagainya.

3. Hasil Pencapaian Perusahaan

Pencapaian Company Profile
© Unsplash

Poin ketiga, prestasi atau hasil pencapaian sebuah instansi merupakan salah satu faktor penting yang biasanya customer jadikan sebagai acuan dalam membeli atau menggunakan jasa produk suatu layanan. Dengan pembuatan profil perusahaan, maka anda dapat memperkenalkan setiap hasil portofolio, produk dan solusi bisnis dari perusahaan anda.

4. Rencana Masa Depan Perusahaan

Rencana Company Profile
© Unsplash

Terakhir, yang perlu anda perhatikan dan jelaskan adalah mengenai rencana jangka panjang dari perusahaan tersebut. Faktor ini menjadi sangat penting untuk dapat mengembangkan serta menciptakan kualitas dan produktivitas kerja dari suatu organisasi atau industri. Kemudian, customer juga lebih percaya dengan kualitas layanan yang anda tawarkan.

Cara Membuat Company Profile

Pembahasan yang selanjutnya, akan mengenalkan terkait dengan bagaimana proses pembuatan company profile pada platform berupa website. Saat ini, penggunaan akses internet mengalami peningkatan yang pesat. Mayoritas user banyak membaca dan memperoleh informasi melalui tampilan website, baik dalam desktop maupun mobile. Berikut ini merupakan contoh dalam pembuatan company profile website, antara lain:

1. Menentukan Jenis dan Tujuan Perusahaan

Di dalam membuat tampilan website perusahaan, saat ini banyak sekali cara yang dapat anda lakukan tanpa harus memiliki kemampuan dalam bidang pemrograman. Anda dapat mencoba dengan memanfaatkan sistem CMS (Content Management System) yang telah tersedia dari WordPress, Drupal, Joomla, dan aplikasi lainnya. 

Tentunya, sebelum melakukan tahapan proses pengembangan, anda perlu untuk menentukan jenis dan tujuan dari layanan produk yang akan perusahaan anda kembangkan. Pastikan juga untuk melakukan riset target pasar dan kompetitor bisnis anda sesuai dengan kebutuhan anda.

2. Menjaga Keorisinalitasan

Kemudian, menjaga struktur keorisinalitasan konten dan strategi pemasaran anda akan menjadi nilai lebih dalam membuat profil perusahaan yang berkualitas. Sebaiknya, anda perlu untuk mempelajari proses optimasi website agar dapat meningkatkan trafik pengunjung pada hasil pencarian di search engine milik Google.

Anda dapat mencoba dengan menerapkan SEO (Search Engine Optimization) untuk mengembangkan strategi bisnis yang dapat bersaing dengan kompetitor, sehingga dapat meningkatkan branding dan keuntungan dalam jangka waktu yang lama. Selanjutnya, anda juga perlu untuk melakukan strategi content marketing untuk meningkatkan brand awareness dari pengunjung website pada mesin pencari.

3. Menyusun Outline dari Company Profile

Langkah yang berikutnya yaitu melakukan proses development dari tampilan website perusahaan dengan konten sesuai dengan layanan produk yang anda tawarkan. Jangan lupa untuk menyusun terlebih dahulu mengenai konsep outlining yang telah kami bahas pada materi sebelumnya. Yang terpenting, anda harus selalu mencantumkan kontak dan layanan jasa yang anda kembangkan agar pelanggan dapat mengetahui kampanye bisnis yang sedang anda jalankan.

Baca juga :
Berkenalan dengan Web Developer Beserta Tugas dan Tanggung Jawabnya
Optimasi Website WordPress dengan SEO
Apa itu Business Development dan Tugas dalam Menjalankannya

4. Melakukan Proofreading

Setelah melakukan tahapan pengembang halaman web beserta konten yang berada di dalamnya, selanjutnya anda perlu untuk melakukan validasi dan pengujian sebelum masuk pada tahap perilisan website. Tujuannya adalah untuk menghindari resiko terjadinya kesalahan penyampaian informasi kepada pelanggan yang tertulis dalam company profile.

Manfaat Pembuatan Company Profile Website

Manfaat Profil Perusahaan
© Unsplash

Terdapat beberapa manfaat yang dapat anda peroleh dengan mengimplementasikan pembuatan company profile website, antara lain:

1. Menciptakan Hubungan yang Baik dengan Pelanggan (Customer)

Manfaat yang pertama, dengan memiliki profil perusahaan yang berkualitas dan memiliki kredibilitas yang baik, maka dapat meningkatkan hubungan atau relasi yang baik dengan customer. Pelanggan akan merasa yakin dan aman untuk mempercayakan proyeknya untuk anda kelola dan kembangkan. 

2. Sebagai Media untuk Menyusun Strategi Pemasaran

Dengan adanya website yang memperkenalkan deskripsi layanan produk, maka sangat memudahkan dalam menyusun strategi pemasaran yang efektif untuk mencapai cakupan target market yang lebih luas dan dengan pemilihan target user yang sesuai dengan bisnis anda. Strategi pemasaran dapat anda jalankan dengan bantuan teknik SEO untuk mendapatkan traffic melalui hasil pencarian secara organik.

3. Untuk Memperkuat Branding Value Perusahaan

Berikutnya, pembuatan website juga dapat memperkuat branding sebuah perusahaan. Semakin bisnis anda dikenal oleh masyarakat luas, maka dapat memperbesar peluang mendapatkan revenue yang maksimal sesuai dengan effort yang anda keluarkan. Branding juga dapat diperoleh dengan menyelesaikan hasil proyek ataupun portofolio untuk menambah nilai jual bisnis anda.

4. Memberikan Gambaran Umum sebuah Perusahaan

Manfaat yang terakhir yaitu dapat memberikan gambaran secara umum mengenai bisnis dan aktivitas internal maupun eksternal dari perusahaan tersebut. Oleh karena itu, anda dapat memperkenalkan informasi penting terkait layanan, produk, solusi, business process dari perusahaan tersebut.

Baca juga :
WordPress Developer: Kenali Pekerjaan, Skill, dan Gaji
SEO dan SEM: Mengenal Perbedaan Beserta Manfaatnya
Pentingnya Brand Identity dan Manfaat dalam Membangun Interaksi Bisnis

Kesimpulan

  • Company profile adalah gambaran proses secara umum yang menjelaskan dan memperkenal kepada audiens mengenai layanan atau produk dari suatu perusahaan.
  • Dalam proses pembuatannya, terdapat hal – hal yang perlu diperhatikan lebih lanjut seperti penyusunan deskripsi, status, hasil pencapaian, hingga perencanaan masa depan perusahaan.
  • Manfaat yang dimiliki apabila mengimplementasikan pengembangan profil perusahaan adalah menciptakan hubungan baik dengan pelanggan, memperkuat branding, serta dapat menyusun strategi pemasaran yang tepat.

Sekawan Studio menawarkan jasa maintenance website murah dan berkualitas di Kota Malang. Jika anda membutuhkan pengoptimalan halaman web anda, jangan ragu untuk menghubungi tim kami melalui form kontak yang tersedia.

Bagikan:

Tampilkan lebih banyak rekomendasi topik.

Dapatkan informasi dan notifikasi update artikel terbaru dari kami, untuk menambah pengetahuan seputar dunia teknologi.

Anda mungkin juga menyukai.

Mulai Proyek!

Tentukan paket pilihan sesuai dengan bisnis Anda.

Informasi Personal

Jl. Maninjau Raya No. 44, Sawojajar, Kec. Kedungkandang, Kota Malang, Jawa Timur 65139

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.

Hubungi Kami.

Jl. Maninjau Raya No. 44, Sawojajar, Kec. Kedungkandang, Kota Malang, Jawa Timur 65139

Ingin bergabung dengan program kami?

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.