Mengenal Profesi Business Intelligence dan Perannya di Dunia Bisnis

Bertambah banyaknya sejumlah bisnis yang menjual produk maupun jasa, menandai perkembangan bisnis yang semakin hari semakin pesat. Sehingga dibutuhkan profesi untuk menyusun strategi demi meningkatkan bisnis. Business intelligence adalah salah satu profesi yang akan membantu perusahaan dalam menentukan strategi pemasaran berdasarkan data pasar. Posisi ini cukup penting bagi perusahaan, mengingat mereka nantinya akan menjadi orang yang menentukan arah dan strategi perusahaan.
business intelligence
Daftar Isi

Perkembangan bisnis  semakin hari semakin pesat. Hal ini dibuktikan dengan bertambah banyaknya sejumlah bisnis yang menjual produk maupun jasa. Business Intelligence merupakan salah satu strategi yang dilakukan demi meningkatkan bisnis, dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi modern.

Business Intelligence merupakan salah satu strategi atau teknik yang digunakan untuk mentransformasi data mentah menjadi sebuah informasi yang berguna dalam pengambilan keputusan bisnis. Mengombinasikan dengan analisis data, Business Intelligence mampu membantu perusahaan untuk membuat lebih banyak keputusan berdasarkan data.

Business intelligence adalah salah satu aspek yang akan membantu perusahaan dalam menentukan strategi pemasaran berdasarkan data pasar. Kumpulan data tersebut kemudian akan diolah oleh seorang BI (Business Intelligence) menggunakan metode, tool dan software yang sesuai

Apa itu Business Intelligence?

Business Intelligence adalah sebuah profesi yang bertugas untuk mengolah data dengan metodologi untuk menganalisis sebuah informasi tentang bisnis. Informasi ini nantinya akan membantu perusahaan untuk mengambil keputusan berdasarkan data yang ada.

Seperti posisi lainnya, BI terbilang penting dalam suatu perusahaan. Pasalnya, mereka nantinya akan menjadi orang yang menentukan arah dan strategi perusahaan.

Dalam mengolah sebuah data, seorang BI menggunakan bahasa pemrogaman khusus, seperti SQL dan R. Kemudian, format hasil akhir pengolahan data menggunakan dashboard, table, report, dan grafik.

Tugas Business Intelligence

Terdapat beberapa jobdesc khusus sebagai seorang BI dalam sebuah perusahaan. Berikut kami jelaskan beberapa jobdesc BI.

1. Membuat Analisa Data

Analisa data diperlukan untuk memajukan dari segi pemanfaatan data. Profesi BI nantinya akan bekerja sama dengan engineer untuk meluncurkan analisis data bisnis. Selain itu, seorang BI juga bertugas untuk membuat kebijakan dan prosedur tersendiri terkait dengan analisis data yang mereka buat.

2. Mengembangkan Analisa Bisnis Intelektual

Seorang BI tentu saja diharuskan bisa menganalisa data dengan cepat dan tepat. Data ini dibutuhkan juga untuk keberlangsungan sistem atau produksi sebuah perusahaan

3. Mengembangkan Bisnis Perusahaan dan Menghasilkan Profil Insight

Data dari seorang BI diharapkan dapat meningkatkan profit perusahaan. Tentu saja dibarengi dengan beberapa strategi  dan keputusan yang tepat.

Baca juga :
Mengulas Marketing Mix 7P, Strategi Bagi Bisnis Anda
Mengulas Riset Pasar, Salah Satu Metode Investasi Bisnis Anda

Skill yang dibutuhkan oleh Seorang Business Intelligence

1. Kemampuan Analisis Data

Hal ini merupakan key skill yang menjadi prioritas dalam BI. Dengan skill ini Anda dapat menemukan korelasi dan makna dari beribu-ribu data mentah yang diberikan.

2. Melakukan Pemrograman SQL

Umumnya pengolahan data dilakukan dengan SQL (Structured Query Language). Pemograman ini dikhususkan untuk analisa data dalam intelegensi bisnis.

3. Pengetahuan di bidang Industri

Skill ini merupakan basic pengetahuan dari BI. Anda harus mempelajari secara spesifik bisnis Anda bergerak di industri apa. Apabila Anda bekerja pada perusahaan yang bergerak di bidang social media, Anda dituntut untuk trendy dan mengetahui strategi apa yang harus Anda lakukan dengan trend tersebut. Dengan demikian, maka otomatis Anda dapat memaksimalkan data yang Anda punya, sehingga dapat tercapai sebuah solusi bisnis yang efektif bagi perusahaan.

Jenjang Karir Menjadi Business Intelligence

Jenjang karir seorang BI bisa dikatakan cemerlang, namun dibutuhkan waktu sekitar 2-3 tahun menjadi seorang BI yang expert dalam bidangnya. Berikut adalah jenjang profesi seorang BI:

1. Master Data Device 

Bertanggung jawab memimpin staff BI dalam mengalisa perusahana demi mencapai profit yang maksimal

2. Administrator

Bertanggung jawab menganalisa keinginan pelanggan, kemampuan kompetitor serta kondisi ekonomi, dengan data yang telah dimiliki

3. Business Intelligence Master

Profesi bagian ini banyak diincar oleh para BI, selain melakukan analisis data, seorang BI Master bertanggung jawab untuk memimpin sebuah proyek bisnis yang nantinya juga akan memberikan impact yang besar pada perusahaan.

Gaji Business Intelligence

Untuk gaji seorang BI beginner dipatok dengan range 4-5 juta perbulan. Namun jika kalian sudah expert dan sudah lama menggeluti bidang ini, gaji seorang BI mampu mencapai 8-10 juta per bulan.

Kesimpulan

Business Intelligence merupakan posisi penting yang membantu perusahaan untuk membuat keputusan manajemen yang lebih baik berdasarkan data  saat ini maupun data periode lalu dalam konteks bisnisnya. Menjadi seorang BI dibutuhkan analisis data yang baik serta mengetahui bahasa pemrograman seperti SQL. Tak lupa, seorang BI juga dituntut untuk dapat mengambil keputusan yang cepat dan tepat agar meningkatkan profit perusahaan.

Sekawan Studio memberikan layanan pembuatan website SEO Friendly. 

Tampilkan lebih Banyak Rekomendasi Topik.

Dapatkan informasi dan notifikasi update artikel terbaru dari kami, untuk menambah pengetahuan seputar dunia teknologi.

Mulai Proyek!

Tentukan paket pilihan sesuai dengan bisnis Anda.

Informasi Personal

Cluster Coding Factory, KEK Singhasari, Jl. Raya Klampok, RT.04/RW.04, Pasrepan, Klampok, Kec. Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65153

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.

Mari wujudkan idemu.

Cluster Coding Factory, KEK Singhasari, Jl. Raya Klampok, RT.04/RW.04, Pasrepan, Klampok, Kec. Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65153

Raih keuntungan bersama kami!

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.