Memahami Brand Trust dan Cara Menerapkannya.

Brand trust merupakan parameter kepercayaan pelanggan terhadap bisnis Anda. Indikator brand trust dibagi menjadi dua yaitu brand reputability dan brand intention.
brand trust
Table of Contents

Brand Trust lebih penting hari ini daripada sebelumnya. Di tengah pandemi global , resesi, dan kemarahan masyarakat, merek harus mengevaluasi kembali sikap mereka dan bagaimana mereka bereaksi terhadap gejolak tersebut.Tapi ada satu hal yang pasti – merek yang paling dipercaya konsumen adalah merek yang bertahan dari krisis.

Menurut angka terbaru , 70% konsumen setuju bahwa kepercayaan merek lebih penting saat ini daripada di masa lalu.Dalam artikel ini, kita akan melihat apa itu brand trust, mengapa itu lebih penting daripada sebelumnya di tahun 2020, dan bagaimana Anda dapat membangun kepercayaan pada merek Anda dengan cara yang benar

Apa itu Brand Trust?

Brand Trust mengukur seberapa besar kepercayaan pelanggan terhadap bisnis Anda. Ini mencerminkan apakah branding Anda secara konsisten memenuhi janjinya atau tidak dan tetap setia pada nilainya. Brand Trust mencerminkan harapan konsumen bahwa produk, layanan, atau perilaku perusahaan suatu merek, sesuai dengan janji yang telah dibuat perusahaan.

Gagal membangun atau melindungi Brand Trust merusak loyalitas pelanggan, dan dapat merusak reputasi dan pendapatan perusahaan.

Brand Trust adalah kualitas terpenting yang perlu Anda kembangkan sebagai bagian dari strategi merek Anda . Konsumen perlu percaya bahwa merek Anda akan memenuhi janjinya dalam setiap interaksi, atau mereka akan mencari merek lain yang memenuhi harapan mereka.

Selanjutnya, Brand Trust berubah menjadi loyalitas merek ketika konsumen begitu yakin dengan produk atau layanan Anda sehingga mereka tidak ragu untuk merekomendasikan Anda kepada keluarga, teman, dan kolega mengetahui bahwa tidak ada pihak yang akan kecewa.

Indikator Brand Trust

Menurut Delgado (2004), dalam Ferrinadewi, (2008:150) indikator kepercayaan merek dibagi menjadi dua elemen yaitu: 

1. Brand Reliability

Brand reliability adalah keandalan merek yang didasarkan pada keyakinan konsumen bahwa produk tersebut dapat memberikan nilai yang dijanjikan, atau dengan kata lain, persepsi bahwa merek tersebut mampu memenuhi kebutuhan dan memberikan kepuasan. Keandalan merek sangat penting untuk membangun kepercayaan merek karena kemampuan merek untuk memberikan nilai yang dijanjikan akan terus memberikan kepercayaan kepada konsumen pada tingkat kepuasan yang sama di masa depan. 

2. Brand Intention

Brand intention didasarkan pada keyakinan konsumen bahwa merek dapat mengutamakan kepentingan konsumen ketika muncul masalah konsumsi produk yang tidak terduga.

Pengaruh Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian

Di tengah pandemi global dan protes masyarakat, mengungkapkan bahwa kepercayaan merek tidak pernah lebih penting bagi konsumen:

  • 53% mengatakan kepercayaan merek adalah yang kedua setelah harga.
  • 70% mengatakan mempercayai merek lebih penting hari ini daripada di masa lalu.
  • 81% mengatakan kerentanan pribadi (sekitar kesehatan, stabilitas keuangan, dan privasi) adalah alasan mengapa kepercayaan merek menjadi lebih penting.
  • 74% mengatakan dampak merek pada masyarakat adalah alasan mengapa kepercayaan merek menjadi lebih penting.
  • 46% mengatakan mereka mempercayai sebagian besar merek yang mereka beli dan gunakan – itu meningkat 12% dari tahun lalu.

Sebagai akibat dari krisis global, orang sekarang mengharapkan merek untuk mengambil sikap dan mengadvokasi perubahan, menginspirasi harapan, dan menggunakan merek mereka untuk meningkatkan masyarakat.

Manfaat Brand Trust

1. Loyalitas

75% orang dengan kepercayaan merek tinggi mengatakan :

  • Mereka akan membeli produk merek, meskipun itu bukan yang termurah.
  • Ini satu-satunya merek (dari produk ini) yang akan mereka beli.
  • Mereka akan sangat tertarik untuk memeriksa dan membeli produk baru dari merek tersebut. 

2. Keterkaitan

60% orang dengan kepercayaan merek tinggi mengatakan :

  • Mereka merasa nyaman berbagi informasi pribadi dengan merek.
  • Mereka memperhatikan iklan merek dan komunikasi pemasaran.

3. Pembelaan

78% orang dengan kepercayaan merek yang tinggi mengatakan:

  • Mereka kemungkinan akan membagikan atau memposting ulang konten tentang merek tersebut, atau berbagi pengalaman mereka dengan merek tersebut,
  • Mereka akan merekomendasikan merek tersebut kepada orang lain,
  • Mereka akan mempertahankan merek dari kritik.

Cara Membangun Kepercayaan Merek

1. Lacak Sasaran Kepercayaan Merek

Untuk memulainya, Anda harus memutuskan apa sasaran kepercayaan merek Anda dan bagaimana Anda akan mengukurnya. Anda dapat menggunakan sesuatu yang sederhana seperti Google Alerts untuk memantau kata kunci merek Anda atau menggunakan Interaksi Loomly untuk menanggapi @sebutan merek Anda di media sosial .

Anda juga dapat memantau kepercayaan merek dengan memeriksa situs ulasan yang relevan seperti Google Bisnisku , Yelp, dan Trustpilot. Atau, Anda dapat menjalankan survei kepuasan pelanggan , seperti Net Promoter atau Survey Monkey.

2. Tunjuk Pemimpin Kepercayaan Merek

Bergantung pada ukuran organisasi Anda, mungkin masuk akal untuk menunjuk pemimpin kepercayaan merek, atau mungkin penginjil merek. Peran ini melibatkan pendokumentasian visi dan tujuan merek Anda, dan bagaimana Anda berencana untuk membangun kepercayaan dan loyalitas.

3. Memiliki Produk/Jasa yang Dapat Diandalkan

Menjual produk berkualitas rendah atau menawarkan layanan berkualitas buruk dijamin lebih banyak merugikan daripada menguntungkan. Itulah mengapa penting untuk memastikan Anda memiliki produk atau layanan andal yang dapat diandalkan dan dipercaya konsumen.

Salah satu cara untuk mencapainya adalah melalui program pengujian ketat yang melibatkan pelanggan atau prospek dari audiens target Anda. Mendapatkan umpan balik konstruktif dalam pengujian beta Anda menghindari banyak sakit hati saat Anda meluncurkan produk Anda

4. Pertahankan Konsistensi Merek

Sangat penting untuk konsisten dalam segala hal yang Anda lakukan dan katakan tentang merek Anda, termasuk warna merek, logo, nada, dan kepribadian Anda.

Konsistensi merek membangun kepercayaan dengan audiens Anda, serta meningkatkan kesadaran merek . Misalnya, Anda dapat memasuki toko Apple di seluruh dunia dan berharap melihat furnitur, pajangan, produk, dan harga yang sama. Satu-satunya perbedaan adalah bahasa dan mata uang lokal.

5. Otentik Melalui Brand Storytelling

Penceritaan merek adalah proses menciptakan narasi yang menarik seputar merek Anda yang terhubung dengan audiens target Anda. Konsumen ingin tahu siapa merek Anda dan apa yang Anda perjuangkan – nilai-nilai Anda, tujuan Anda, dan budaya Anda. Jadi, Anda perlu memupuk tampilan, nuansa, dan suara otentik untuk merek Anda. Berikut caranya:

a. Konten Otentik

  • Jaga agar konten Anda tetap percakapan sehingga pesan Anda mencerminkan orang-orang nyata di balik merek Anda.
  • Buat konten yang mendalam, menarik, dan berharga untuk memelihara kepercayaan pada merek Anda.
  • Selenggarakan acara video langsung sehingga orang-orang dapat mengalami tim Anda secara langsung dan mengajukan pertanyaan.

b. Sumber yang Relevan

  • Tautkan ke sumber berdasarkan data yang relevan dan dihormati di konten Anda
  • Lihat pemimpin pemikiran industri dalam konten pilihan anda
  • Gunakan tautan bermerek di media sosial.

c. Konten Pelanggan

  • Dorong pelanggan Anda untuk menceritakan kisah mereka dan berbagi pengalaman pribadi mereka sehingga Anda dapat menggunakannya dalam pemasaran Anda.
  • 92% konsumen mempercayai rekomendasi orang lain daripada konten bermerek.
  • 83% konsumen lebih mempercayai rekomendasi teman dan keluarga daripada iklan produk.

d. Konten Influencer

  • Hampir 70% konsumen mengatakan mereka menggunakan satu atau lebih strategi penghindaran iklan, seperti pemblokiran iklan, jadi fokuslah pada media yang diperoleh daripada iklan produk.
  • Konsumen mempercayai konten kepemimpinan pemikiran dari karyawan ahli di seluruh bisnis.
  • Konsumen mempercayai influencer lebih dari konten bermerek, jadi pertimbangkan untuk mempekerjakan mikro dan makro-influencer untuk mempromosikan merek Anda dan membangun kepercayaan.

6. Tawarkan Pengalaman Pelanggan yang Konsisten

Konsumen menginginkan pengalaman yang baik dalam menggunakan produk atau layanan Anda. Mereka menginginkan hubungan dengan merek Anda dan orang-orang di belakangnya. Mereka ingin merasakan sentuhan manusia, bukan organisasi yang dingin dan tak berwajah.

Jika Anda dapat membuat pengalaman mereka berinteraksi dengan bisnis Anda lancar dan mulus, menanggapi pertanyaan mereka dengan cepat, dan melakukan apa yang Anda katakan akan Anda lakukan, maka Anda akan membangun kepercayaan merek.

Menurut survei PwC , orang semakin setia pada merek yang secara konsisten memberikan nilai luar biasa dengan gesekan atau tekanan minimum. Dan 73% mengatakan pengalaman pelanggan merupakan faktor penting dalam keputusan pembelian mereka.

7. Dapatkan Masukan Pelanggan

Sangat penting untuk melanjutkan dialog dengan pelanggan Anda setelah mereka membeli produk atau layanan Anda. Mengenal pelanggan Anda membantu Anda mendukung mereka dan membangun tingkat kepercayaan yang lebih mendalam pada merek Anda.

Pelanggan akan merasa lebih dihargai dan lebih setia pada merek Anda jika Anda meluangkan waktu untuk mendengarkan apa yang mereka katakan.

8. Fokus Pada Hubungan Pelanggan daripada Pendapatan

Apa yang lebih penting – hubungan pelanggan atau pendapatan?

Jika satu-satunya fokus Anda adalah menghasilkan pendapatan dengan segala cara, maka kemungkinan besar Anda tidak berfokus pada hubungan pelanggan. Tapi, pada intinya, keduanya berjalan beriringan.

Jika Anda membangun hubungan berkelanjutan dengan pelanggan Anda, maka mereka akan berubah menjadi penggemar terbesar Anda dan merekomendasikan Anda kepada teman dan kolega mereka, yang pada gilirannya membawa lebih banyak pendapatan, dan siklus dimulai lagi.

9. Merangkul Kejujuran dan Transparansi

Orang ingin perusahaan jujur ​​dan transparan.

Anda dapat menunjukkan kejujuran Anda dengan menolak prospek yang tidak cocok dengan produk atau layanan Anda, daripada hanya mengambil uang mereka.

Lebih baik untuk berterus terang dan mengatakan sesuatu seperti: “Maaf, kami tidak cocok untuk Anda saat ini. Sudahkah Anda mempertimbangkan untuk mencoba merek atau produk ini?”

Kejujuran semacam itu akan menciptakan kesan abadi.Dalam sebuah studi tahun 2016 , 94% konsumen menyatakan bahwa transparansi dalam bisnis sangat penting untuk mendapatkan loyalitas mereka.

Salah satu cara Anda dapat menunjukkan transparansi Anda adalah dengan menawarkan “pass backstage” kepada karyawan Anda. Bawa pelanggan ke belakang layar sehingga mereka dapat merasakan budaya Anda. Misalnya, Anda dapat menampilkan “karyawan bintang” atau menyelenggarakan AMA di media sosial.

10. Bangun Bukti Sosial

Bukti sosial dalam bentuk ulasan pelanggan yang positif dan testimonial adalah cara terbaik untuk menarik bisnis baru. Seperti disebutkan sebelumnya, pelanggan lebih mempercayai pendapat dan ulasan pelanggan lain daripada konten Anda sendiri. Menurut BrightLocal , konsumen membaca rata-rata 10 ulasan sebelum mempercayai bisnis

Kesimpulan

Kepercayaan merek lebih penting dari sebelumnya bagi konsumen. Sebagai akibat dari krisis global, orang sekarang mengharapkan merek untuk mengambil sikap dan mengadvokasi perubahan, menginspirasi harapan, dan menggunakan merek mereka untuk meningkatkan masyarakat.

Membangun kepercayaan merek tidak terjadi dalam semalam – dibutuhkan rencana jangka panjang yang dijalankan secara konsisten, terbuka, dan jujur. Namun dalam jangka panjang, konsumen yang memercayai merek tempat mereka membeli akan menghadiahi mereka dengan loyalitas, keterlibatan, dan advokasi.

Sekawan Studio menyediakan jasa desain website, jasa pembuatan website, dan jasa maintenance website profesional untuk mengoptimalkan situs anda. Jika anda tertarik, silakan hubungi kontak kami.

Bagikan:

Tampilkan lebih banyak rekomendasi topik.

Dapatkan informasi dan notifikasi update artikel terbaru dari kami, untuk menambah pengetahuan seputar dunia teknologi.

Anda mungkin juga menyukai.

Mulai Proyek!

Tentukan paket pilihan sesuai dengan bisnis Anda.

Informasi Personal

Jl. Maninjau Raya No. 44, Sawojajar, Kec. Kedungkandang, Kota Malang, Jawa Timur 65139

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.

Hubungi Kami.

Jl. Maninjau Raya No. 44, Sawojajar, Kec. Kedungkandang, Kota Malang, Jawa Timur 65139

Ingin bergabung dengan program kami?

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.