Aged Domain: Pengertian, Keuntungan, Kekurangan & Cara Pilih

Aged domain atau domain yang sudah tua dapat diartikan sebagai domain yang masih aktif dan pernah lama digunakan oleh orang lain. Domain jenis ini memiliki banyak keuntungan.
searching for www
Daftar Isi

Aged domain adalah salah satu faktor yang bisa memengaruhi peringkat website Anda di Search Engine Result Pages (SERP).

Aged domain juga memberikan banyak keuntungan bagi pemiliknya, lho. Namun faktanya, masih banyak yang belum tahu jenis domain satu ini.

Nah, agar Anda paham apa itu aged domain, artikel ini telah merangkum semua informasinya mulai dari pengertian hingga kekurangannya. Jadi, simak sampai habis! 

Apa itu Aged Domain?

Aged domain adalah domain aktif yang telah digunakan oleh orang lain dalam jangka waktu yang cukup lama. Itulah kenapa domain yang satu ini juga kerap disebut dengan domain yang sudah tua.

Domain tua ini biasanya tidak lagi digunakan oleh pemiliknya karena beberapa alasan tertentu, salah satunya yaitu pergantian nama bisnis.

Perlu diketahui, aged domain ini berbeda dengan expired domain. Pertanyaannya, apa beda aged domain dengan expired domain?

Secara singkat, domain tua adalah domain yang sudah digunakan dalam jangka waktu beberapa tahun, tapi tidak dipakai lagi dan belum kadaluwarsa.

Sementara itu, expired domain adalah domain yang sudah kadaluwarsa dan telah melewati domain life cycle. Jika masa aktifnya tidak diperbarui, maka domain tersebut akan rilis ulang dan dijual ke publik.

Keuntungan Aged Domain

Seperti yang sudah disebutkan di awal, aged domain memiliki banyak keuntungan untuk para penggunanya.

Selengkapnya, berikut beberapa keuntungan jika Anda menggunakan domain dengan usia yang sudah tua:

1. Meningkatkan Peringkat di SERP

Aged Domain Make Top Rank On Serp
Contoh SERP | sumber: WordBot

Pertama, penggunaan domain tua bisa meningkatkan peringkat website Anda. Pasalnya, domain semacam ini biasanya sudah terindeks oleh Google dalam jangka waktu yang lama.

Selain itu, domain yang sudah tua juga memiliki domain authority tinggi, sehingga website lebih mudah muncul di peringkat atas SERP.

Lebih lanjut, aged domain juga membuat aktivitas menambah halaman ke direktori jadi lebih natural dan tidak spamming.

Nah, hal semacam ini tidak akan Anda dapatkan jika menggunakan domain baru. Sebab, untuk mendapatkan domain authority tinggi Anda perlu membangunnya dari nol.

Selain itu, penambahan halaman ke direktori pun harus dilakukan secara bertahap agar tidak dianggap spam oleh Google.

Hal ini tentu akan memakan banyak waktu, sehingga penggunaan aged domain akan lebih menguntungkan untuk bisnis Anda.

2. Meningkatkan Traffic

Memiliki traffic yang tinggi merupakan salah satu wishlist bagi para pemilik website. Nah, salah satu cara mewujudkannya adalah dengan menggunakan domain yang sudah tua.

Pasalnya, domain tua akan membantu website Anda agar lebih terlihat di SERP. Jadi, secara tidak langsung, kesempatan Anda untuk menarik pengguna agar mengunjungi website akan semakin meningkat.

Jika demikian, maka traffic atau jumlah kunjungan ke website Anda juga akan semakin banyak dan padat.

3. Memiliki Banyak Backlink

Keuntungan selanjutnya, yaitu aged domain biasanya telah memiliki banyak backlink. Backlink adalah tautan dari website lain menuju situs tertentu.

Di mana backlink ini merupakan salah satu faktor yang digunakan oleh Google untuk memverifikasi otoritas sebuah website. Semakin banyak backlink yang dimiliki, maka otoritas website juga akan menguat.

4. Membantu Branding Bisnis

Setiap bisnis perlu melakukan branding untuk mengenalkan produk atau layanannya kepada para pelanggan potensial.

Branding sendiri bisa dilakukan melalui berbagai cara, seperti promosi di media sosial ataupun dengan menggunakan aged domain. Bagaimana bisa?

Domain tua bisa meningkatkan kepercayaan para pelanggan karena sudah sering muncul di internet dalam waktu yang lama.

Jadi, alih-alih menggunakan website dengan domain baru, Anda bisa memakai domain tua untuk kebutuhan bisnis Anda,

Namun sebagai catatan, Anda perlu memilih nama domain yang sesuai dengan bisnis agar relevan dan lebih meyakinkan.

5. Alamat Domain yang Unik

Keuntungan aged domain selanjutnya, yaitu nama domain yang digunakan cenderung bagus dan unik, sehingga lebih menarik.

Menggunakan nama domain yang unik bisa menarik perhatian pelanggan karena mudah dihafal, sehingga mereka tidak akan kesulitan untuk mencari website Anda.

Dengan begitu, website Anda akan bisa bersaing di tengah kompetisi dengan website kompetitor yang namanya sudah besar.

6. Investasi Digital

Selanjutnya, domain tua bisa Anda jadikan sebagai aset investasi digital. Sebab, potensinya untuk meningkatkan traffic serta peringkat website menjadikannya menarik dan akan selalu diincar oleh banyak perusahaan.

Di sisi lain, harga aged domain juga cenderung lebih mahal, sehingga akan menguntungkan jika dijual nantinya.

7. Memiliki Nilai Historis

Histori website yang bagus dapat dilihat dari domain authority-nya. Jika nilainya tinggi, maka website tersebut memiliki histori yang baik.

Nilai ini tentu akan memberikan keuntungan bagi pemilik website. Sebab DA tinggi bisa mendongkrak peringkat website menjadi lebih baik.

Kekurangan Aged Domain

Sebelum memutuskan untuk menggunakan aged domain, Anda perlu mengetahui beberapa kekurangannya. Dengan begitu, Anda bisa melakukan pertimbangan yang matang.

Adapun beberapa kekurangan dari aged domain adalah sebagai berikut:

1. Tidak Bisa Custom Nama Domain

Kekurangan yang pertama, yaitu Anda tidak bisa custom nama domain. Saat akan membeli domain yang berumur, Anda akan disuguhkan dengan beberapa alamat yang sudah ada,

Dengan demikian, Anda tidak bisa mengubah nama domain sesuai dengan kebutuhan atau bisnis Anda. Itulah kenapa, memilih aged domain bukanlah perkara yang mudah.

2. Harganya Mahal

Telah dijelaskan sebelumnya bahwa, domain tua memiliki peluang yang besar sebagai aset investasi digital karena harganya yang mahal.

Adapun faktor yang membuat domain tua mahal, yaitu namanya yang unik, DA tinggi, dan potensinya dalam menyumbang traffic serta peringkat website.

Namun sayangnya, hal ini juga menjadi kekurangan dari aged domain. Bagi Anda yang hendak membeli aged domain, harga yang mahal tentu harus dipertimbangkan.

Cara Memilih Aged Domain Berkualitas

Bagaimana? Setelah mempertimbangkan kelebihan dan kekurangannya, apakah Anda tertarik untuk membeli domain yang sudah berumur?

Jika iya, Anda perlu tahu cara melihat aged domain berkualitas. Sehubungan dengan itu, berikut hal-hal yang perlu Anda periksa:

  • Usia domain
  • Backlink yang dimiliki
  • Domain Authority (DA)
  • Indeks Google
  • Trust Flow dan Citation Flow (TF/CF)
  • Page Authority (PA)

Untuk memeriksa semua matriks di atas, Anda bisa menggunakan beberapa tools, di antaranya yaitu:

  • Who.is untuk memeriksa waktu expired dan tanggal registrasi
  • Moz.com untuk memeriksa Domain Authority (DA), Page Authority (PA), dan backlink dari domain incaran Anda
  • Archive.org untuk mengetahui riwayat domain
  • Duplichecker.com untuk mengetahui usia domain

Nah, adapun indikator aged domain yang berkualitas, yaitu memiliki nilai PA dan DA tinggi, backlink dari website terpercaya, dan usia domain-nya lebih dari 2 tahun.

Demikian uraian lengkap mengenai aged domain, mulai dari pengertian hingga cara yang bisa Anda lakukan untuk memilih domain berkualitas.

Dari penjelasan di atas, diketahui bahwa aged domain adalah domain aktif yang telah digunakan dalam jangka waktu lama tapi tidak dipakai lagi oleh pemiliknya.

Domain semacam ini memberikan banyak keuntungan, di antaranya yaitu mendongkrak peringkat website dan meningkatkan traffic.

Namun, tahukah Anda, selain domain yang digunakan, website yang responsif dan SEO friendly juga bisa memengaruhi peringkat website di SERP, lho. Oleh karena itu, Anda juga perlu memperhatikan hal-hal teknis yang berkaitan dengan website Anda. 

Nah, sehubungan dengan itu, Sekawan Studio menyediakan Jasa SEO yang responsif dan juga intuitif.

Jasa SEO di Sekawan Studio dikembangakan sesuai dengan panduan Google dan standar SEO, sehingga website akan teroptimasi dengan baik.

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, segera hubungi tim marketing Sekawan Studio untuk konsultasi lebih lanjut!

Bagikan:

Tampilkan lebih Banyak Rekomendasi Topik.

Dapatkan informasi dan notifikasi update artikel terbaru dari kami, untuk menambah pengetahuan seputar dunia teknologi.

Mulai Proyek!

Tentukan paket pilihan sesuai dengan bisnis Anda.

Informasi Personal

Cluster Coding Factory, KEK Singhasari, Jl. Raya Klampok, RT.04/RW.04, Pasrepan, Klampok, Kec. Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65153

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.

Mari wujudkan idemu.

Cluster Coding Factory, KEK Singhasari, Jl. Raya Klampok, RT.04/RW.04, Pasrepan, Klampok, Kec. Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65153

Raih keuntungan bersama kami!

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.