Mengetahui Apa Itu Account Officer, Tugas, dan Tanggug Jawabnya.

account officer
Table of Contents

Account officer ada di beberapa posisi pada perusahaan. Seringkali setiap orang pertama kali mendengar posisi atau jabatan tersebut pasti akan bertanya mengenai tugas dan tanggung jawab bekerja pada posisi tersebut. Terlebih lagi dalam perusahaan yang bergerak di bidang keuangan, BUMN maupun swasta. Posisi ini akan banyak anda temukan di setiap perusahaan. 

Tugas dan tanggung jawabnya dalam perusahaan menjadi hal penting untuk kemajuan dan perkembangan perusahaan. Istilah officer terkadang masih sangat awam di beberapa kalangan, khususnya pada kalangan masyarakat. Pada umumnya, posisi ini menuntut untuk bisa menarik banyak pelanggan maupun nasabah dengan menggunakan layanan keuangan yang tersedia. Semakin banyak produk atau layanan yang menarik masyarakat, maka semakin banyak pula pelanggan yang mencari produk tersebut. Artikel ini akan membahas secara lebih luas mengenai account officer terkait dengan gaji, tugas, dan tanggung jawab pada pekerjaannya. 

Apa Itu Account Officer

Apa itu Account Officer? Account officer adalah salah satu posisi pekerjaan yang erat hubungannya dengan lembaga keuangan seperti bank maupun koperasi, memberikan banyak produk atau layanan yang menggiurkan pada bidang kredit. Seringkali dalam perusahaan sebutannya adalah AO, posisi tersebut penting adanya dalam perusahaan. 

Pada umumnya, AO harus bisa mencari target konsumennya yang tepat dan sesuai dengan ketentuan. Hal tersebut menghindari adanya kerugian pada perusahaan. Sering melakukan pemantauan terkait dengan kelayakan usaha  calon target untuk selanjutnya akan melakukan penyaringan apakah sesuai dengan ketentuan untuk memberikannya pinjaman. Sedikit banyak pekerjaannya akan berhubungan dengan nasabah atau klien perusahaan. 

Tugas Account Officer

Ada banyak tugas yang harus seorang AO kerjakan dalam perusahaan, khususnya pada bidang keuangan, leasing, dan sejenisnya. Beberapa orang berpendapat bahwa tugas account officer adalah sebagai sales atau marketing. Akan tetapi, pekerjaan tersebut berbeda dengan tugas AO karena seorang sales maupun marketing mempunyai posisi sendiri dalam perusahaan. Berikut beberapa tugas account officer, seperti:

1. Melakukan Pengenalan Produk 

Seorang AO harus melakukan pengenalan produknya kepada konsumen atau klien sebagai target pasarnya. Produk berupa jasa, biasanya pada perusahaan bidang keuangan akan lebih menawarkan produk berupa jasa berupa keuangan.

AO harus paham akan semua jasa tersebut, jasa tersebut meliputi jasa peminjaman, kredit, deposito, dan sebagainya yang erat hubungannya dengan keuangan. Tugas account officer adalah memberikan informasi mengenai jasa tersebut kepada klien atau calon nasabah. Biasanya pengenalan produk dilakukan dengan mendatangi usaha klien, pameran, serta sosialisasi atau gathering bersama perusahaan lain yang dihadiri oleh beberapa orang umum. 

2. Koordinasi dengan Pihak Marketing 

Berkoordinasi dengan pihak marketing karena tugas account officer memang saling berhubungan dengan marketing hanya saja keduanya memiliki peran masing-masing. Dalam menjalankan tugas akan lebih baik jika keduanya saling berkolaborasi dalam mencari klien. Hal ini untuk mendukung efektivitas serta efisiensi dan mempermudahkan pekerjaan. 

Marketing dan seorang AO sedikitnya perlu untuk berhubungan langsung dengan klien, mereka bisa saling menciptakan strategi untuk melakukan pendekatan kepada klien. 

3. Memberi Penjelasan Klien

Seorang AO harus mampu memberi penjelasan secara detail kepada klien, tidak hanya melakukan pengenalan produknya saja, tetapi harus mampu membawa klien mengerti mengenai produk tersebut. Oleh karena itu, perlu adanya penjelasan secara mendalam dan memberikan informasi dengan jelas. 

Terlebih klien pada nasabah, sebagian besar usia orang dewasa yang lebih membutuhkan penjelasan maupun penerangan pada produk yang belum mereka mengerti. Sebagai seorang AO harus siap untuk detail informasi mengenai produk apabila seorang klien bertanya jika tidak mereka mengerti. 

4. Memberi Solusi

Dalam melakukan penawaran kepada klien, account officer pasti akan menemui banyak permasalahan dari klien. Disini tugas seorang AO harus mampu memberi solusi kepada klien. Misalnya pada klien terkendala pada proses pelunasannya, maka seorang AO harus mampu memberikan solusi terbaik untuk jalan keluarnya. 

Biasanya masalah klien itu sama, mulai dari segi pengajuan dananya, pembayaran, hingga proses pelunasannya. Hal ini membutuhkan solusi terbaik tanpa membuat kerugian perusahaan dan memberikan keuntungan pada klien sendiri. Oleh karena itu, tawaran persuasif jauh lebih dibutuhkan antara seorang AO dengan klien. 

5. Menjalin Hubungan Klien dengan Baik

Menjalin hubungan baik tanpa terkecuali dan membedakan klien yang pernah menjadi rekan bisnis sebelumnya ataupun klien baru yang baru bergabung dengan perusahaan. Tugas account officer adalah melakukan hubungan baik, dapat melalui cara berkomunikasi dengan menghubungi telepon atau secara langsung dengan menerapkan attitude perusahaan ketika berhubungan dengan klien. 

Pada dasarnya ketika kita mempunyai relasi sebanyak 10, maka dapat dikatakan mempunyai 100 nama untuk kita jadikan sebagai klien. Seseorang akan merekomendasikan kepada sanak saudara dan temannya, ketika mengenali account officer pada perusahaan tersebut. 

6. Melakukan Evaluasi Kelayakan

Setelah melakukan riset dan memberi solusi kepada klien, maka tugas account officer adalah melakukan evaluasi terkait dengan layak atau tidak klien tersebut dalam menerima pinjaman. Berdasarkan pengajuan kepada perusahaan dengan kondisi klien sebenarnya. 

Kegiatan ini bertujuan untuk menghindari permasalahan klien yang menjadi problem account dalam kendala pembayarannya. Jika sebagai account officer melakukan evaluasi kelayakan tidak berdasarkan fakta, nantinya akan berakibat pada posisi dan karirnya sebagai AO di perusahaan bahkan bisa sampai dibebastugaskan dalam kerja.

7. Membuat Laporan  

AO biasanya membuat laporan dalam setiap minggu maupun bulanan yang berisi mengenai laporan pekerjaan yang telah AO lakukan selama seminggu atau sebulan, laporan konsumen dalam pembayaran atau kegiatan lainnya. Biasanya seorang AO dalam menjalankan tugasnya pada perusahaan akan terbagi menjadi beberapa wilayah regional dalam satu kota untuk menangani permasalahan klien. Hal tersebut bertujuan untuk membuat pekerjaan terfokus dengan menangani setiap regional masing-masing. 

Baca juga :
Menyusun Strategi Penyusunan Niche Market yang Tepat untuk Bisnis Anda
Mengenal Tugas dan Tanggung Jawab dari Seorang Account Executive
Cara Promosi Produk yang Tepat dengan Menggunakan Website

Tanggung Jawab AO

Selain mempunyai tugas, account officer juga mempunyai beberapa tanggung jawab yang harus ia pertanggungjawabkan pada pekerjaannya guna mempertahankan karirnya.

Berikut beberapa tanggung jawabnya, antara lain :

  1. Harus menjaga kredibilitas nama perusahaan.
  2. Memberikan solusi terbaik kepada klien, pada setiap permasalahan terkait dengan perusahaan dan memastikannya mendapatkan solusi penyelesaian terbaik.
  3. Memastikan layanan dapat terdistribusi dengan baik serta tepat pada klien sesuai dengan sasaran.
  4. Berhubungan baik dengan klien, baik yang berminat dengan tawaran perusahaan maupun yang belum berminat dengan tawaran.
  5. Memastikan klien dapat memahami tawaran layanan dengan jelas.

Peran AO dalam Perusahaan IT

Ada banyak posisi dalam perusahaan IT pada jajarannya, tetapi dalam perusahaan IT juga terdapat posisi account officer di dalamnya. Berikut adalah peranan seorang AO dalam perusahaan startup, antara lain:

1. Menjalin Hubungan Baik dengan Klien

Setiap klien merupakan raja, yang harus AO layani sesuai dengan aturan perusahaan begitu juga pada hubungan yang berjalan dengan baik. Ketika klien ingin mengajukan kerja sama dan membutuhkan jasa kita, seorang AO harus mampu melakukan hubungan maupun komunikasi yang baik. Melakukan komunikasi terkait dengan kebutuhan yang klien butuhkan dengan baik dan jelas. 

2. Memberikan Solusi Terbaik

Adanya beberapa permasalahan yang klien hadapi terkait dengan bisnisnya, perusahaan harus mampu memberikan solusi untuk permasalahan tersebut. Melalui seorang account officer, perusahaan akan memberikan solusi pada klien. Misalnya, klien mengalami permasalahan pada pengembangannya bisnisnya dan membutuhkan website development sebagai solusi yang terbaik.

3. Mengenalkan Produk atau Layanan

Tugas account officer adalah salah satunya mampu untuk mengenalkan beberapa layanan yang dapat perushaan berikan. Klien membutuhkan pengenalan layanan maupun produk sebagai tawaran mereka. Sebelumnya, seorang AO harus mampu mengetahui detail informasi yang ada pada layanan perusahaan. Seorang AO memberikan pengenalan layanan tersebut dengan memberi informasi yang jelas kepada klien. Seperti halnya sebuah perusahaan yang mempunyai beberapa layanan sebagai tawarannya, website maintenance salah satunya. Tugas AO harus mampu menjelaskan apa itu website maintenance, mekanisme penyelesaian, serta terkait dengan paket yang ditawarkan. 

4. Memeriksa Invoice Pembayaran dan Pengeluaran

Salah satu tugas account officer juga melakukan pemeriksaan ulang mengenai proses invoice yang masuk maupun keluar. Hal ini berfungsi agar proses tersebut lebih akurat. Pemeriksaan terkait dengan tanggal transaksi, apakah tanggal sudah sesuai atau tidak. Jika ada tanggal maupun nominal tidak sesuai, maka seorang AO dalam perusahaan yang bertugas untuk melakukan konfirmasi kembali kepada pihak yang bersangkutan. 

5. Gaji Seorang AO

Gaji account officer pada setiap perusahaan berbeda, karena setiap perusahaan mempunyai kebijakan masing-masing dalam mengambil keputusan. Selain itu, juga ditentukan dengan wilayah perusahaan ataupun UMP (Upah Minimum Provinsi) bahkan bisa melihat UMR (Upah Minimum Regional) masing-masing wilayah. 

Pada umumnya, gaji account officer berkisar antara Rp 3.000.000,- s/d Rp 4.500.000,- pada kota besar. Akan tetapi, semua itu juga kembali pada kebijakan masing-masing perusahaan. 

Keahlian yang Harus Dimiliki

Seorang AO harus memiliki beberapa skill yang harus dimiliki dalam melakukan pekerjaannya. Berikut beberapa keahliannya :

  1. Memiliki keahlian untuk mengoperasikan komputer, dengan mahir dalam mengoperasikan dasar aplikasi yang ada. Seperti seperangkat aplikasi open source pada microsoft office (word, excel, dan sebagainya).
  2. Memiliki kemampuan untuk berorganisasi dan mengorganisir perusahaan secara tepat dan teliti.
  3. Memiliki tingkat efisiensi tinggi dalam menyelesaikan permasalahan.
  4. Memiliki kemampuan komunikasi yang baik, dan mampu untuk berkomunikasi pada semua kalangan khususnya pada lingkungan baru.
  5. Mudah untuk beradaptasi.
  6. Memiliki kemampuan untuk bidang matematika pada tingkat tinggi, guna menjaga keakuratan data serta pembukuan pada perusahaan. 

Baca juga :
Mengenal Visual Branding dan Strategi Penerapannya
Mengenal Account Executive: Tugas dan Tanggung Jawabnya

Kesimpulan 

Account officer adalah salah satu posisi pekerjaan erat hubungannya dengan lembaga keuangan seperti bank maupun koperasi, memberikan banyak produk atau layanan yang menggiurkan pada bidang kredit. Ada beberapa tugas dan tanggung jawab seorang AO pada masing-masing perusahaan. Biasanya posisi pekerjaan ini saling berkolaborasi dengan pihak marketing pada perusahaan, untuk membuat strategi pendekatan kepada klien karena sebagian besar pada posisi ini akan berhubungan dengan klien atau konsumen. Gaji account officer pada setiap perusahaan berbeda, tergantung pada kebijakan masing-masing. Umumnya gaji account officer berkisar antara Rp 3.000.000,- s/d Rp 4.500.000,- pada kota besar. Anda juga harus memperhatikan keahlian dalam menjadi posisi ini agar bisa mempertahankan karir menjadi seorang AO dalam sebuah perusahaan IT maupun sebagainnya. 

Sekawan Studio membuka jasa pembuatan website dan SEO di Malang. Jika anda tertarik, silakan hubungi kontak kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Bagikan:

Tampilkan lebih banyak rekomendasi topik.

Dapatkan informasi dan notifikasi update artikel terbaru dari kami, untuk menambah pengetahuan seputar dunia teknologi.

Anda mungkin juga menyukai.

Mulai Proyek!

Tentukan paket pilihan sesuai dengan bisnis Anda.

Informasi Personal

Jl. Maninjau Raya No. 44, Sawojajar, Kec. Kedungkandang, Kota Malang, Jawa Timur 65139

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.

Hubungi Kami.

Jl. Maninjau Raya No. 44, Sawojajar, Kec. Kedungkandang, Kota Malang, Jawa Timur 65139

Ingin bergabung dengan program kami?

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.